Share

Stories 26 November 2024

Harapan Wicked dan Gladiator II Alias Glicked Menjadi Barbeheimer Gagal

Dalam industri film, Barbenheimer adalah fenomena yang mungkin sulit untuk terulang kembali. Hal itu terbukti tidak terjadi fenomena Glicked

Fenomena Glicked/Mumbrella

Context.id, JAKARTA - Tahun lalu, tepatnya pada Juli banyak yang menyayangkan dua film bagus dan bermutu yakni Barbie dan Oppenheimer diputar secara bersamaan di bioskop. 

Alih-alih hanya memilih salah satu atau yang lain, kedua film tersebut pada akhirnya saling melengkapi dan meningkatkan penjualan di box office.

Dan sejak saat itu, para penonton film, pemasar, dan pembuat meme telah mencoba untuk menciptakan kembali momen itu, mencari jadwal rilis film untuk mencari gabungan yang aneh. 

Akhir pekan ini mungkin merupakan perkiraan yang paling mendekati karena adaptasi musikal Broadway "Wicked" dibuka pada hari Jumat melawan epik pedang dan sandal yang menegangkan "Gladiator II." 

Film ini dirilis dua rilis studio besar (Universal dan Paramount) dan berharap akan mengulang kesuksesan Barbenheimer. 



"'Mungkin menjadi “Glicked' dan itu lebih mudah diucapkan," kata aktor Fred Hechinger saat pemutaran perdana "Gladiator II" di New York minggu ini seperti dikutip dari APNews, Jumat (22/11). 

Seperti halnya "Barbenheimer," meskipun mungkin tampak reduktif, "Glicked" juga memiliki pemisahan antara pria dan wanita yang membuat karya seni penggemarnya menjadi sangat konyol. 

Satunya menggambarkan keanggunan dan lagu-lagu Broadway yang populer serta jenama terkenal, satunya lagi penuh dengan keringat dan pasir, darah, dan otot-otot yang menonjol.

Selama beberapa hari pemutarannya, kedua film tersebut menduduki puncak survei film liburan yang paling dinanti-nantikan oleh Fandango, di mana 65% responden mengatakan mereka tertarik dengan film ganda “Glicked”. 

"Industri ini butuh suntikan semangat. Film-film itu sudah memberikannya tahun lalu. Kami berharap bisa melakukannya tahun ini, jadi lebih baik kolaborasi ketimbang bersaing," kata bintang "Gladiator II" Paul Mescal.

Harapannya, penonton akan berbondong-bondong ke bioskop untuk menjadi bagian dari momen ini. 

Menurut Michael O'Leary, presiden dan CEO National Association of Theatre Owners, seperti dilaporkan APNews, menayangkan dua film hebat di waktu yang sama adalah efek berganda.

"Glicked" saat ini tengah mengincar debut gabungan di Amerika Utara dalam kisaran US$165 juta, dengan "Wicked" diperkirakan akan meraup sekitar US$100 juta (naik dari estimasi US$80 juta beberapa minggu lalu) dan "Gladiator II" dipatok pada kisaran US$65 juta.

"Barbenheimer" melampaui proyeksinya pada Juli lalu. Menjelang akhir pekan itu, "Barbie" dipatok dengan harga US$90 juta dan "Oppenheimer" sekitar US$40 juta. 

Pada akhirnya, mereka memperoleh total US$244 juta pada penayangan perdananya, dan hampir US$2,4 miliar pada akhir penayangannya.

Perkiraan meleset
Namun, meskipun label yang menggemaskan ini dan ratusan juta dolar dalam pemasaran, kedua film ini sejauh ini gagal mencapai ketinggian Barbenheimer. 

Wicked, adaptasi dari musikal Broadway populer, dibuka dengan sekitar US$114 juta domestik, yang menjadikannya pembukaan akhir pekan terbesar untuk adaptasi musikal Broadway dalam sejarah, menurut AP

Sementara itu, Gladiator II sekuel dari Gladiator, film pemenang Oscar yang dirilis pada 2000 menghasilkan sekitar $55,5 juta, sedikit di bawah harapan seperti dilaporkan The Washington Post, Minggu (24/11).

Itu jelas merupakan penurunan dari gabungan pembukaan akhir pekan Barbenheimer yang mencapai US$244 juta. 

Pada akhir pekan pembukaan film-film tersebut pada Juli 2023, Barbie meraup US$162 juta domestik, sementara Oppenheimer memperoleh US$82,4 juta. 

Namun, itu tidak berarti para analis box office sedang meratapi Glicked dan kesuksesannya. 

Barbenheimer adalah gerakan akar rumput yang organik dan digerakkan oleh audiens. Sementara Glicked adalah upaya top-down yang didorong-dorong oleh korporat agar bisa seperti Barbenheimer. 

Film blockbuster lainnya yang dirilis selama akhir pekan Thanksgiving seperti Frozen (2013), Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001) dan Twilight (2008) semuanya gagal mencapai $100 juta, meskipun mereka adalah film pertama dalam waralaba besar.

“Label Glicked dan Barbenheimer adalah meme yang menyenangkan dan menarik yang berubah menjadi fenomena pemasaran. 

Sebagai informasi, film “Glicked” menghabiskan biaya lebih besar daripada "Barbie" (US$145 juta) dan "Oppenheimer" (US$100 juta), yakni US$250 juta untuk "Gladiator II" dan US$150 juta untuk Wicked.



Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

Stories 26 November 2024

Harapan Wicked dan Gladiator II Alias Glicked Menjadi Barbeheimer Gagal

Dalam industri film, Barbenheimer adalah fenomena yang mungkin sulit untuk terulang kembali. Hal itu terbukti tidak terjadi fenomena Glicked

Fenomena Glicked/Mumbrella

Context.id, JAKARTA - Tahun lalu, tepatnya pada Juli banyak yang menyayangkan dua film bagus dan bermutu yakni Barbie dan Oppenheimer diputar secara bersamaan di bioskop. 

Alih-alih hanya memilih salah satu atau yang lain, kedua film tersebut pada akhirnya saling melengkapi dan meningkatkan penjualan di box office.

Dan sejak saat itu, para penonton film, pemasar, dan pembuat meme telah mencoba untuk menciptakan kembali momen itu, mencari jadwal rilis film untuk mencari gabungan yang aneh. 

Akhir pekan ini mungkin merupakan perkiraan yang paling mendekati karena adaptasi musikal Broadway "Wicked" dibuka pada hari Jumat melawan epik pedang dan sandal yang menegangkan "Gladiator II." 

Film ini dirilis dua rilis studio besar (Universal dan Paramount) dan berharap akan mengulang kesuksesan Barbenheimer. 



"'Mungkin menjadi “Glicked' dan itu lebih mudah diucapkan," kata aktor Fred Hechinger saat pemutaran perdana "Gladiator II" di New York minggu ini seperti dikutip dari APNews, Jumat (22/11). 

Seperti halnya "Barbenheimer," meskipun mungkin tampak reduktif, "Glicked" juga memiliki pemisahan antara pria dan wanita yang membuat karya seni penggemarnya menjadi sangat konyol. 

Satunya menggambarkan keanggunan dan lagu-lagu Broadway yang populer serta jenama terkenal, satunya lagi penuh dengan keringat dan pasir, darah, dan otot-otot yang menonjol.

Selama beberapa hari pemutarannya, kedua film tersebut menduduki puncak survei film liburan yang paling dinanti-nantikan oleh Fandango, di mana 65% responden mengatakan mereka tertarik dengan film ganda “Glicked”. 

"Industri ini butuh suntikan semangat. Film-film itu sudah memberikannya tahun lalu. Kami berharap bisa melakukannya tahun ini, jadi lebih baik kolaborasi ketimbang bersaing," kata bintang "Gladiator II" Paul Mescal.

Harapannya, penonton akan berbondong-bondong ke bioskop untuk menjadi bagian dari momen ini. 

Menurut Michael O'Leary, presiden dan CEO National Association of Theatre Owners, seperti dilaporkan APNews, menayangkan dua film hebat di waktu yang sama adalah efek berganda.

"Glicked" saat ini tengah mengincar debut gabungan di Amerika Utara dalam kisaran US$165 juta, dengan "Wicked" diperkirakan akan meraup sekitar US$100 juta (naik dari estimasi US$80 juta beberapa minggu lalu) dan "Gladiator II" dipatok pada kisaran US$65 juta.

"Barbenheimer" melampaui proyeksinya pada Juli lalu. Menjelang akhir pekan itu, "Barbie" dipatok dengan harga US$90 juta dan "Oppenheimer" sekitar US$40 juta. 

Pada akhirnya, mereka memperoleh total US$244 juta pada penayangan perdananya, dan hampir US$2,4 miliar pada akhir penayangannya.

Perkiraan meleset
Namun, meskipun label yang menggemaskan ini dan ratusan juta dolar dalam pemasaran, kedua film ini sejauh ini gagal mencapai ketinggian Barbenheimer. 

Wicked, adaptasi dari musikal Broadway populer, dibuka dengan sekitar US$114 juta domestik, yang menjadikannya pembukaan akhir pekan terbesar untuk adaptasi musikal Broadway dalam sejarah, menurut AP

Sementara itu, Gladiator II sekuel dari Gladiator, film pemenang Oscar yang dirilis pada 2000 menghasilkan sekitar $55,5 juta, sedikit di bawah harapan seperti dilaporkan The Washington Post, Minggu (24/11).

Itu jelas merupakan penurunan dari gabungan pembukaan akhir pekan Barbenheimer yang mencapai US$244 juta. 

Pada akhir pekan pembukaan film-film tersebut pada Juli 2023, Barbie meraup US$162 juta domestik, sementara Oppenheimer memperoleh US$82,4 juta. 

Namun, itu tidak berarti para analis box office sedang meratapi Glicked dan kesuksesannya. 

Barbenheimer adalah gerakan akar rumput yang organik dan digerakkan oleh audiens. Sementara Glicked adalah upaya top-down yang didorong-dorong oleh korporat agar bisa seperti Barbenheimer. 

Film blockbuster lainnya yang dirilis selama akhir pekan Thanksgiving seperti Frozen (2013), Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001) dan Twilight (2008) semuanya gagal mencapai $100 juta, meskipun mereka adalah film pertama dalam waralaba besar.

“Label Glicked dan Barbenheimer adalah meme yang menyenangkan dan menarik yang berubah menjadi fenomena pemasaran. 

Sebagai informasi, film “Glicked” menghabiskan biaya lebih besar daripada "Barbie" (US$145 juta) dan "Oppenheimer" (US$100 juta), yakni US$250 juta untuk "Gladiator II" dan US$150 juta untuk Wicked.



Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin


RELATED ARTICLES

Harapan Wicked dan Gladiator II Alias Glicked Menjadi Barbeheimer Gagal

Dalam industri film, Barbenheimer adalah fenomena yang mungkin sulit untuk terulang kembali. Hal itu terbukti tidak terjadi fenomena Glicked

Context.id . 26 November 2024

Hal yang Paling Ditakutkan Astronaut, Kembali ke Bumi!

Memasuki kembali atmosfer Bumi adalah saat yang menakutkan bagi para astronaut yang bermukim lama di luar angkasa.

Context.id . 26 November 2024

Peringkat Global Negara dan Kota yang Mendorong Perusahaan Rintisan AI

Jerman menunjukkan peningkatan dalam pemeringkatan baru untuk tempat terbaik bagi perusahaan rintisan AI, sementara Prancis menurun dan AS serta I ...

Context.id . 25 November 2024

Apakah Hologram AI Yesus Bisa Menerima Pengakuan Dosa?

\"Tuhan, ampunilah saya karena telah melakukan kesalahan......\"

Context.id . 25 November 2024