Stories - 17 May 2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam


Manager Coffee & Partner Engagement, PT Sari Coffee Indonesia (Starbucks), Mirza Luqman Effendy bersama petani kopi perempuan/Ririn-Context

Context.id, JAKARTA - Indonesia menjadi negara penting bagi Starbucks, perusahaan kedai kopi dan roastery dunia. Tidak hanya menjadikan negara ini pasar yang empuk, Starbucks juga memenuhi kebutuhan kopinya dari perkebunan Indonesia. 

Berdasarkan data Starbucks 2021, setidaknya 40% biji kopi mereka disuplai dari petani kopi Indonesia dari berbagai daerah, mulai dari Sumatra, Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Jawa Timur hingga Flores.  

Mengingat pentingnya Indonesia, PT Sari Coffee Indonesia yang memegang lisensi Starbucks memiliki tanggung jawab untuk memastikan keberlanjutan pasokan kopi dengan menggandeng para petani lokal. 

Pemberdayaan petani kopi lokal ini dinaungi program yang dinamai Starbucks Farmer Support Center (FSC). Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam. 

Manager Coffee & Partner Engagement PT Sari Coffee Indonesia, Mirza Luqman Effendy, menyatakan program ini tidak hanya memberikan edukasi kepada petani, tetapi juga melakukan riset terbaru mengenai varietas dan perkembangan penanaman kopi, memantau produktivitas kopi, hingga menjaga agar regenerasi petani kopi tetap berlanjut. 

“Kita punya tim agronomis. Kita punya manajemen untuk bisa membuat para petani bisa meningkatkan kualitasnya, volume produksinya sehingga bisa mendapat income yang lebih banyak,” ujar Mirza Luqman, Kamis (17/5) di Ciwidey, Kabupaten Bandung.   

Mirza menambahkan dengan kualitas kopi yang unggul maka dapat sejalan dengan peningkatan kualitas keluarga petani baik misalnya dari sisi kesehatan hingga pendidikan buat anak-anaknya. 

Dana, salah satu petani kopi di Ciwidey yang mengikuti program Farmer Support Center menceritakan semakin memahami cara menanam kopi yang baik untuk dapat menghasilkan kopi yang berkualitas. 

Melalui program ini pula, Dana merasakan dampak kehidupan yang baik karena omset dari penjualan biji kopi lebih meningkat. 

“Sebelum ikut FSC kami tanam kopi asal-asalan aja, maksudnya tidak terencana. Sekarang sudah dikasih tahu cara tanam yang baik, cara beri pupuknya juga bagaimana dapat bibit yang bagus,” ungkap Dana. 

Pemberdayaan Perempuan 
Tak hanya memastikan petani dapat menghasilkan biji kopi berkualitas, Starbucks Indonesia juga menunjukkan komitmennya dalam pemberdayaan perempuan dan istri petani kopi. 

Starbucks menggandeng Mercy Corps Indonesia (MCI), melaksanakan program Bentani atau  “Brewing Change: Women’s Empowerment in Coffee Origin Communities in Indonesia.”

Melalui Bentani, istri-istri petani diharapkan mendapatkan literasi keuangan, pengembangan bisnis dan peningkatan kualitas kesehatan.
 
Intan seorang peserta dari Cimaung daerah penghasil kopi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat mengatakan termotivasi mengembangkan bisnis tanpa meninggalkan pertanian kopi setelah mengikuti Bentani. 

Melalui program tersebut, Intan mendapatkan pelatihan bisnis online dan pemasaran digital. Rencananya Intan bukan hanya menjual kopi tapi juga produk turunan kopi seperti teh dari kulit kopi sehingga menghasilkan pendapatan tambahan. 

“Saya mendapatkan ilmu banyak. Dari awalnya mengelola keuangan hasil jualan itu acak-acakan karena tidak ada catatan modal dan untungnya, sekarang Alhamdulillah sekarang sudah bisa mengelolanya,” jelas Intan.

Fitrah, wirausaha yang menggeluti bisnis donat ubi yang diberi nama “Fit Ah”, juga merasa semakin kaya wawasan setelah mendapat pembekalan packaging produk, branding, pemberian label usaha, serta perhitungan modal yang benar untuk mendapat untung dari program Bentani. 

Produk donat ubi Fitrah pun kian mendapat respon positif dari penjualan di sosial media. “Kita dibantu untuk membuat brandnya lebih menarik. Dibikinin labelnya dari hasil pelatihan juga terus dari kemasan- kemasan kita didukung oleh fasilitator pembinaan,” pungkas Fitrah.


Penulis : Ririn oktaviani

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024