Stories - 13 May 2024

Ini Sederet Artis yang Mengidap Penyakit Lupus

Banyak pesohor yang berjuang melawan penyakit Lupus


Ilustrasi lupus/Istimewa

Context.id, JAKARTA - Belum lama ini, kita memperingati hari Lupus Sedunia yang jatuh tepat pada 10 Mei. Lupus merupakan penyakit autoimun yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia pada jaringan dan organ tubuh seseorang

Penyakit ini dapat menyerang persendian, kulit, ginjal, sel darah, otak, jantung, hingga paru-paru. Adapun gejalanya ditandai dengan kelelahan, kebingungan, sakit pada bagian kepala dan mulut, nyeri sendi, ruam, demam, pembengkakan kelenjar, pembekuan darah, dan lainnya. 

Penyakit ini juga dapat membuat pelemahan pada tulang, penyakit osteoporosis hingga mempengaruhi jantung yang dapat memicu risiko kardiovaskular pada tubuh akibat penyakit ini. 

Berbagai faktor dapat memicu penyakit lupus, mulai dari faktor genetik, faktor hormon, faktor lingkungan, dan faktor kebiasaan seperti merokok dan stres dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit ini. 

Penyakit ini menyerang manusia lintas usia, mulai dari kisaran usia antara 15 hingga 44 tahun dan sekitar 90% diidapwanita sementara 10% nya menyerang pria. 



Seperti penyakit pada umumnya, penyakit ini menyerang semua orang dengan berbagai latar belakang, tak terkecuali pesohor. 

Isyana Sarasvati adalah salah satu nama beken yang didiagnosis penyakit lupus jenis Systemic Lupus Erythematosus (SLE) pada April 2023 lalu. 

Melalui akun instagramnya, Isyana mengatakan dirinya kerap kali ke rumah sakit karena mengidap autoimun, termasuk SLE. 

"Story time!! Mungkin byk yg bertanya2 aku kenapa, kaya bolak balik RS mulu beberapa waktu ke belakang. Intinya nya akhir taun lalu aku terdiagnosis autoimun, salah satunya SLE. Nah skrg Ig flare. Begitu. Hehe. Sudah ditangani dengan sangat baik disini, feeling so so much better nowww," tulisnya

Sementara dari dunia hiburan luar negeri, ada nama Selena Gomez yang diketahui mengidap penyakit ini sejak 2014 silam. 

Sebelumnya, ia dihujat oleh netizen akibat perubahan berat badannya yang signifikan. Padahal itu merupakan salah satu dampak dari pengobatan penyakit yang dideritanya. 

Penyanyi papan atas Lady Gaga juga mengidap penyakit ini, yang dikatakannya berasal dari faktor keturunan. Lady Gaga telah mengidap penyakit ini sejak 2010. 

Hingga saat ini, sebanyak 5 juta orang menderita penyakit ini dan sekitar 1,5 juta di antaranya merupakan warga Amerika Serikat. 

Peningkatan pelayanan kesehatan pasien, peningkatan penelitian mengenai sebab dan pengobatannya, serta diagnosis dini dan pengobatannya menjadi fokus utama pada peringatan hari lupus sedunia tahun ini. 

Penulis: Diandra Zahra


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Nikmatnya Berlibur Saat Shoulder Season

Bepergian saat shoulder season bikin vakansi jadi makin menyenangkan

Noviarizal Fernandez | 15-07-2024

Jangan Asal Konsumsi Kecubung

Makin berbahaya jika dikonsumsi dengan minuman keras dan obat terlarang

Noviarizal Fernandez | 15-07-2024

Bayar Utang Miliaran Rupiah Lewat Terumbu Karang, Emang Bisa?

Utang Indonesia kepada Amerika Serikat akan dikonversi dengan perawatan atau konservasi terumbu karang

Context.id | 15-07-2024

Sejarah Kenaikan Harga BBM di Era Orde Lama dan Baru

Kenaikan harga BBM memicu kenaikan harga bahan pokok yang memantik protes kalangan mahasiswa

Noviarizal Fernandez | 15-07-2024