Stories - 11 June 2023

Waspada Penyakit Asam Lambung, Ini Tips Mengatasinya

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan penyakit yang cukup berbahaya jika diabaikan. Gaya hidup tidak sehat penyebabnya.


Dokter Avena Athalia Alim memberikan penjelasan tentang penyakit asam lambung

Context.id, BEKASI - Kaum muda seringkali tidak menyadari gaya hidupnya seringkali kurang memperhatikan kesehatan sehingga berujung pada terjadinya penyakit berbahaya, termasuk asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Avena Athalia Alim, dokter Rumah Sakit (RS) Mitra Keluarga Pratama Jatiasih, Bekasi mengatakan agar masyarakat, khususnya anak muda mewaspadai serangan penyakit asam asam lambung atau GERD.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan, terangnya, adalah dengan memperbaiki pola hidup, terutama tidak telat makan dan hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung asam dan pedas ketika perut dalam keadaan kosong.

“Yang tidak kalah penting lagi adalah mengelola stres dengan baik karena ada korelasi stres dengan peningkatan jumlah asam lambung,” ujarnya di acara seminar kesehatan yang digelar Wanita Katolik RI Cabang Servatius Kampung Sawah, Bekasi, Sabtu (10/6/2023).

Selain stres, lanjutnya, penyakit asam lambung dapat dipicu akibat mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, tinggi lemak, mengandung gas seperti kol dan melon sehingga meningkatkan tekanan pada lambung, alkohol dan kafein.

Sri Hartati, ketua panitia seminar kesehatan ini mengatakan kegiatan ini sangat penting bagi masyarakat karena penyakit asam lambung merupakan salah satu penyakit yang umum diidap oleh banyak orang.

“Kami merasa perlu adakan acara ini sehingga peserta bisa mengetahui gejala, akibat. Banyak yang merasa sepele padahal berbahaya. Setelah mendengar penjelasan dari dokter, kami bisa memahami dengan lebih baik perihal gejala, bahaya dan pecegahannya,” pungkasnya.

Tips Mengatasi Asam Lambung

Berikut beberapa tips atau langkah kedaruratan jika terserang asam lambung:

1. Tetap tentang dan tidak panik, kemudian berusaha untuk duduk dengan kemiringan punggung 30-40 derajat.

2. Makan perlahan dan sedikit demi sedikit. Makan makanan yang lembut dan minumnya juga air putih hangat.

3. Sesudah makan, istirahat beberapa menit lalu minum obat yang sudah berdasarkan resep dokter. 

  • Evaluasi klinis, bertujuan membedakan pasien yang memerlukan tindakan segera atau yang memerlukan terapi semata.
  • Obat asam lambung yang paling jamak berjenis antasida yang mudah didapat dan murah. Ada juga jenis antagonis reseptor H2, sitoprotektif, serta golongan prokinetik, dan antibiotik.

Menurut dokter Avena, para penderita asam lambung atau GERD yang sudah sangat akut, dengan catatan bantuan obat-obatan dan gaya hidup tidak dapat membantu menangani gejala, maka dapat dilakukan operasi.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024