Stories - 22 April 2024

NASA Curigai Program Antariksa China Bonceng Kepentingan Militer

Program antariksa China dicurigai sebagai salah satu bagian dari operasi kepentingan militer Negeri Tirai Bambu tersebut.


Satelit China di angkasa/ Asia Times

Context.id, JAKARTA - Program antariksa China dicurigai sebagai salah satu bagian dari operasi kepentingan militer Negeri Tirai Bambu dan semua negara harus mewaspadainya. 

Hal itu dikatakan oleh mantan Senator Florida Bill Nelson di depan sidang DPR AS yang membahas mengenai anggaran Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA), pekan lalu. 

Menurut Nelson, dirinya mengamati jika China dalam kurun waktu 10 tahun terakhir telah sangat Rahasia melakukan pengembangan teknologi luar angkasanya.

“Kami percaya bahwa banyak dari program luar angkasa sipil mereka sebenarnya adalah program militer,” kata Bill Nelson, seperti dilansir dari The Guardian, Senin (22/4).

Tak hanya itu, Nelson juga berharap jika Beijing dapat menggunakan ruang publik di luar angkasanya untuk penggunaan yang damai, walaupun dia sendiri belum bisa membuktikan kecurigannya tersebut.



Lebih lanjut, dia juga menambahkan bahwa Amerika Serikat harus segera melakukan pendaratan kembalinya di bulan sebelum didahului oleh China pada 2030 mendatang.

Pasalnya, Nelson khawatir jika China akan mengklaim wilayah yang kaya akan sumber daya di bulan, mereka akan mencegah negara-negara lainnya untuk melakukan eksplorasi serupa di bulan.

Adapun pada 2022 silam, Negeri Tirai Bambu tersebut telah menjalankan program luar angkasa mereka dengan membangun stasiun luar angkasa dan membawa banyak misi untuk mengorbit bumi dan membawa sampel materi dari luar angkasa.

Sejak saat itu, Amerika Serikat kembali merencanakan pengiriman astronotnya ke bulan pada tahun 2026 dengan misi Artemis III, untuk tandingi eksplorasi yang dilakukan China.

“Tapi kita harus realistis, China benar-benar telah membuang banyak uang untuk itu dan mereka memiliki banyak ruang dalam anggaran mereka untuk tumbuh dan saya pikir kita lebih baik tidak lengah.” tutur Nelson.

Dengan demikian, Nelson yakin jika Amerika Serikat tidak akan kehilangan keuntungan globalnya dalam eksplorasi ruang angkasa

Penulis: Candra Soemirat


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Peran Penting Internet untuk Pendidikan di Sudut Lain Indonesia

Kehadiran internet di kota-kota besar mungkin sudah menjadi kebutuhan primer. Tapi, bagaimana di desa atau daerah terpencil yang belum terjamah?

Context.id | 19-09-2024

Industri Antariksa Asia Mulai Menyaingi AS dan Eropa

China, India dan Jepang membuka pintu bagi negara-negara Asia ikut dalam persaingan antariksa

Context.id | 19-09-2024

Lepas Tanggung Jawab Iklim, Perusahaan Energi Fosil Jadi Sponsor Olahraga

Lembaga penelitian iklim menemukan aliran dana besar perusahaan migas ke acara olahraga untuk mengelabui masyarakat soal krisis iklim\r\n

Context.id | 18-09-2024

Ini Rahasia Sukses Norwegia Mengganti Mobil Bensin dengan Listrik!

Norwegia, salah satu negara Nordik yang juga penghasil minyak dan gas terbesar di Eropa justru memimpin penggunaan mobil listrik

Context.id | 18-09-2024