Stories - 16 April 2024

NASA dan Strategi Baru Keberlanjutan Luar Angkasa

NASA ingin mengurangi puing-puing yang diakibatkan oleh aktivitas manusia di orbit bumi.


Astronot di luar angkasa/NASA

Context.id, JAKARTA - Badan Penerbangan dan Antariksa AS (NASA) secara resmi telah merilis pendekatan baru mengenai permasalahan lingkungan di orbit bumi. 

Pendekatan itu melalui strategi keberlanjutan ruang angkasa yang terintegrasi.

Melansir Space News, volume pertama dari strategi ini menetapkan enam tujuan NASA yang akan bekerja sama dengan lembaga luar angkasa lainnya untuk lebih memahami resiko dan mengurangi puing-puing yang diakibatkan oleh aktivitas manusia di orbit bumi.

“Dengan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan domestik dan internasional, kami bertujuan untuk membangun kerangka kerja bersama dan perspektif bersama.” jelas Wakil Administrator NASA Pam Melroy, seperti dikutip, Selasa, (16/4).

Pam Melroy juga menjelaskan tujuan pertama dari strategi keberlanjutan ruang angkasa adalah untuk lebih memahami kompleksitas masalah secara luas untuk dapat menilai bagaimana keberlanjutan ruang angkasa.



“Kita perlu berkumpul pada kerangka kerja yang diterima secara luas untuk menilai keberlanjutan ruang angkasa,” kata Melroy, seperti dikutip, Selasa, (16/4).

Tujuan kedua dari strategi keberlanjutan ruang angkasa adalah untuk mengidentifikasi faktor ketidakpastian yang mempengaruhi keamanan ruang angkasa.

“Kami ingin mencari peningkatan terobosan untuk merasakan dan memprediksi lingkungan luar angkasa, mengeksplorasi pendekatan operasional baru dan mengidentifikasi metode hemat biaya untuk membatasi pembuatan puing-puing,” ucap Melroy,  seperti dikutip, Selasa, (16/4).

Adapun tujuan ketiga yang diutarakan NASA menjelaskan bahwa mereka siap untuk berinvestasi dalam teknologi untuk permasalahan keberlanjutan ruang angkasa.

“Teknologi tersebut akan mencakup manajemen puing-puing orbital, peningkatan kesadaran situasional ruang angkasa, koordinasi lalu lintas, dan pemahaman lingkungan.” pungkas Melroy,  seperti dikutip, Selasa, (16/4).

Tujuan keempat dan kelima dalam strategi keberlanjutan ruang angkasa NASA berkaitan dengan pembaharuan kebijakan dan koordinasi internalnya. 

Pembaharuan kebijakan ini dinilai akan mengarahkan NASA untuk terus berkoordinasi dengan lembaga lain dalam pemerintah maupun dengan para pengguna ruang angkasa komersial dan internasional. 

“Kami bangga bermitra dengan Kantor Perdagangan Luar Angkasa, apa yang saya harapkan adalah jika kita keluar dengan strategi ini, itu akan memberi investasi teknologi kepada mereka juga.” kata Melroy, seperti dikutip, Selasa, (16/4).

Tujuan terakhir NASA adalah rencana untuk mempekerjakan direktur keberlanjutan ruang angkasa dalam beberapa bulan mendatang untuk memimpin implementasi strategi  keberlanjutan di ruang angkasa.

Kendati demikian, Melroy menyatakan jika NASA dalam proyek strategi keberlanjutan ruang angkasa ini hanya akan memfokuskan pada pengembangan sains dan teknologi dan tidak berminat mengambil peran regulasi atau operasional apapun di luar angkasa.

“Sebagai organisasi sains dan teknologi, kita harus mengembangkan kemampuan itu dan kemudian mentransfernya ke pengguna.” jelasnya.

Penulis: Candra Soemirat


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Indonesia Usung Hydro-Diplomacy di World Water Forum ke-10, Apa Poinnya?

Hydro-diplomacy merespon masalah manajemen sumber daya air, pemerataan distribusi air, dan mitigasi bencana terkait air termasuk soal pembiayaan.

Ririn oktaviani | 29-04-2024

BI Naikkan Suku Bunga Acuan, Apa Dampaknya Bagi Konsumen?

Dampaknya, masyarakat akan semakin tercekik karena kesulitan untuk membayar transaksi kredit yang bunganya semakin meroket.

Context.id | 29-04-2024

Dipaksa Jual Saham, TikTok Pilih Opsi Tutup Aplikasinya di AS

Para senior eksekutif ByteDance memilih aplikasi dimatikan di AS ketimbang menjualnya kepada calon pembeli

Context.id | 29-04-2024

Cara elegan Shin Tae Yong Membalas Penghinaan

Tangan dingin Shin Tae Yong berhasil mempecundangi negara asalnya sendiri dan membawa Indonesia melaju ke semifinal AFC Cup U-23.

Noviarizal Fernandez | 29-04-2024