Stories - 27 December 2023

Kereta Woosh Dorong Pariwisata di Jawa Barat

Puluhan ribu penumpang kereta cepat memanfaatkan promo destinasi ke sejumlah tempat wisata yang berada di Jawa Barat.

Context.id, JAKARTA - Kereta Cepat Whoosh turut mendukung sektor pariwisata di Jawa Barat dengan memberikan fasilitas promo destinasi bagi puluhan ribu penumpang kereta tercepat di Asia Tenggara tersebut. 

Manajer Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti mengatakan, sejak Oktober 2023, turutnya, lebih dari 30.000 penumpang telah memanfaatkan program tersebut.

Hadirnya promo ini tidak hanya memberikan nilai tambah bagi penumpang, tapi juga mendorong peningkatan perekonomian melalui sektor pariwisata di berbagai daerah.

Hal ini dapat terlihat melalui meningkatnya okupansi pengunjung pada sejumlah penginapan yang berdekatan dengan jalur Whoosh atau destinasi wisata khusus yang memiliki kerja sama promo menggunakan tiket Whoosh.

Guna mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal, stasiun Kereta Cepat Whoosh juga menghadirkan ruang khusus untuk para pelaku UMKM yang bergerak di bidang kuliner untuk berpartisipasi dalam kegiatan bazar kuliner.



Secara total, terangnya, saat ini terdapat 94 UMKM yang menyewa lapak di area stasiun Kereta Cepat. Masyarakat sudah dapat menikmati beragam kuliner yang disajikan para pelaku UMKM lokal.

Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat mencatat kinerja sektor riil terkait fenomena Kereta Cepat Whoosh telah meningkatkan mobilitas masyarakat sehingga mendorong sektor pariwisata. 

Seperti diketahui, pariwisata memiliki efek bola salju yang menggerakan sektor lain selain akomodasi seperti sektor makanan & minuman.

Sektor-sektor ini menjadi faktor penting yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Bank Indonesia optimis Perekonomian Jawa Barat tahun 2024 dapat tumbuh pada rentang 4,9% - 5,7% (yoy).

KCIC juga telah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyediakan intermoda dan aksesibilitas yang baik ke stasiun kereta cepat dengan LRT Jabodebek, Bus Transjakarta. 

Tersedia juga shuttle Bus Damri menuju Bandara Soekarno Hatta dan area khusus untuk menggunakan taksi baik konvensional maupun daring.

Adapun di Stasiun Padalarang, sebagai moda integrasi lanjutan untuk menuju pusat kota Bandung dan sejumlah area lainnya telah tersedia KA Feeder Kereta Cepat, Commuter Line Bandung Raya, Commuter Line Garut.

Ada juga moda angkutan kendaraan seperti Shuttle Damri ke Kota Baru Parahyangan, shuttle ke Dusun Bambu dan taksi.

Di Stasiun Tegalluar untuk memudahkan akses, KCIC telah berkolaborasi dengan pemda terkait dengan membuat jembatan Cibiru Hilir yang saat ini telah difungsikan.

Selain itu terdapat juga exit tol KM 149 arah Cileunyi untuk menuju Stasiun Tegalluar.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024