Stories - 11 December 2023

Tak Lama Lagi Fasilitas Ini Akan Hadir di IKN

Pemerintah akan memulai lagi pembangunan tahap ketiga Ibu Kota Nusantara.

Context.id, JAKARTA - Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otoritas Ibu Kota Nusantara (OIKN), Agung Wicaksono, menjelaskan pemerintah akan kembali melakukan groundbreaking tahap ketiga. 

Groundbreaking akhir tahun ini akan diramaikan oleh seremoni penanaman investasi dari beberapa perusahaan properti yang akan membangun properti hunian dan hotel.

Adapun proses groundbreaking Desember 2023 akan terdiri atas tiga aspek besar. Salah satunya, yakni mencakup aspek yang menunjang pemeliharaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Selain itu, groundbreaking  gelombang ketiga tersebut juga menyangkut pembangunan infrastruktur yang terkait dengan kebutuhan masyarakat hingga sejumlah kantor lembaga negara.

Di samping itu, pemerintah juga kali ini diketahui bakal menyuntik pembangunan rumah sakit negeri perdana di IKN guna mendukung ekosistem di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

Kemudian, dalam rangkaian groundbreaking tahap 3 juga akan dibangun sebuah green forest city terkait penghijauan, reforestasi di IKN.

"Juga ada kategori ketiga ada lembaga-lembaga pemerintah yang akan mulai membangun, tadi kan sudah ada BI kali ini ada LPS, juga kalau gak salah dari sektor pertahanan TNI polri juga sedang diupayakan untuk memulainya," ujarnya, Senin (11/12/2023).

Akan tetapi, dia memberi sinyal bahwa seremonial di pembangunan IKN bulan ini bakal mundur dari target yang semula bakal dilaksanakan pertengahan Desember 2023.

Tadinya, rencana groundbreaking sejumlah paket investasi di IKN rencananya baru akan terlaksana pada 20 Desember 2023.

Padahal sebelumnya, OIKN menargetkan groundbreaking tahap 3 proyek IKN bakal dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo, pekan ini, tepatnya 13 dan 14 Desember 2023.

Mengacu pada dokumen milik OIKN, berikut daftar 10 proyek yang diperkirakan akan menggelar pembangunan tahap awal pada Desember 2023:

1. Kantor Otoritas Jasa keuangan (OJK)

2. Kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS)

3. Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS Kesehatan)

4. Homebase Nusantara United Football Club (NUFC)

5. Kawasan Olahraga Berkuda (Equestrian Park)

6. Gerakan Sabuk Hijau Nusantara  (Crow-Sourcing untuk reforestasi)

7. Pulau Suaka Orang Utan oleh Yayasan Arsari

 8. Jambuluwuk Hotel dan Resort

9. GrandLucky

10. Indogrosir


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024