Stories - 27 September 2024

Gen Z Harus Menjadi Pionir Inovasi Keuangan

rnGen Z merupakan generasi pertama yang sepenuhnya tumbuh di tengah lingkungan teknologi yang terus berkembang pesat


GEN Z/ RRI

Context.id, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyoroti Generasi Z atau Gen Z dalam mendorong inovasi di sektor jasa keuangan Indonesia. Gen Z yang dikenal sebagai generasi tech-savvy dan inovatif dalam teknologi digital memiliki potensi besar untuk membawa perubahan signifikan dalam layanan keuangan. 

Merujuk data yang dimiliki OJK, Gen Z merupakan kelompok yang signifikan dengan jumlah sekitar 75 juta jiwa atau 27% dari total penduduk Indonesia. Kelompok ini juga mendominasi dalam hal adaptasi internet yaitu sebanyak 34,4%.

Melansir Bisnis, Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto OJK Hasan Fawzi mengatakan Gen Z merupakan generasi pertama yang sepenuhnya tumbuh di tengah lingkungan teknologi yang terus berkembang pesat sehingga sangat mahir dalam memanfaatkan teknologi dan sulit hidup tanpa teknologi. 

"Sebagai pengguna teknologi yang aktif dengan tingkat adaptasi yang tinggi, tentu mahasiswa-mahasiswi memiliki peran penting dalam mendorong inovasi di sektor jasa keuangan," ujarnya dalam Festival Literasi Finansial 2024 "Kami Generasi Siap Finansial" Jumat, (27/9/2024) 

OJK menekankan pentingnya mahasiswa-mahasiswi yang masuk dalam kelompok Gen Z, untuk menguasai teknologi-teknologi terbaru, seperti blockchain, keceradsan artificial intelligence (AI), dan big data dalam upaya merancang produk dan layanan keuangan berbasis digital untuk dapat memberikan solusi atas permasalahan di sektor keuangan. 



Adapun, dalam meningkatkan inovasi dan literasi keuangan digital, kata Hasan, OJK mengembangkan beberapa inisiatif untuk meningkatkan keterampilan digital bagi seluruh lini masyarakat. Pertama menyusun dan mensosialisasikan modul terkait inisiatif literasi keuangan digital bagi masyarakat. 

Kedua, mengembangkan fintech center di OJK dalam upaya untuk meningkatkan jumlah inovasi di sektor keuangan.  Ketiga, mengembangkan regulatory sandbox, sebuah live test environment ruang uji coba dan pengembangan di OJK untuk mengundang inovasi-inovasi baru di sektor keuangan. 

“Inovasi dan startup di sektor keuangan, mungkin ini sebagai tawaran juga berpotensi untuk dikembangkan oleh adik-adik semua,” ujarnya.  Lebih lanjut, potensi inovasi ini dapat berupa seperti gamification pengembangan aplikasi, dapat meningkatkan literasi keuangan dengan memberikan pembelajaran tentang konsep dasar keuangan.  

Lalu, blockchain based yang bisa mengembangkan platform keuangan digital tentu dengan memanfaatkan teknologi-teknologi blockchain untuk memfasilitasi transaksi yang aman, cepat dan hemat biaya serta articial intelligence dengan mengembangkan aplikasi simpanan menabung yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan. 

“Tentu potensi inovasi ini, ke depan tidak akan ada habisnya, mengingat adik-adik sekalian mahasiswa sebagai Gen Z memiliki pola pikir yang terbuka dan kreatif, memiliki kesadaran sosial yang tinggi dan semangat kewirausahaan yang besar,” ungkapnya. 

Jangan FOMO, YOLO dan FOPO

Menurutnya, tingginya adaptasi internet di Indonesia ini turut mendorong terus inovasi di sektor keuangan, termasuk digitalisasi perbankan hingga sektor pembiayaan seperti P2P lending alias pinjaman online (pinjol). 

Bahkan, kini pengguna dan jumlah investor yang meminati instrumen aset kripto sebagai alternatif sarana investasinya tercatat makin meningkat.  OJK menyebut, dengan beragam inovasi di sektor keuangan, diharapkan terus terobosan ini dapat menghadirkan solusi yang better, faster, and cheaper, yang memberikan kemudahan lebih baik, lebih cepat dalam layanannya, dan juga lebih efisien, lebih murah. 

Meski demikian, dia menyorot tidak jarang juga muncul berbagai kasus yang berpotensi merugikan masyarakat pengguna, khususnya bagi gen Z, akibat kurangnya pemahaman atau literasi terkait dengan pemanfaatan produk dan layanan keuangan digital. 

Dengan demikian, literasi keuangan merupakan kemampuan penting untuk memahami dan mengelola keuangan pribadi secara efektif. Hal ini mencakup konsep dasar, seperti kebiasaan menabung, berinvestasi, mengelola keuangan dan utang serta merencanakan berbagai rencana keuangan di masa mendatang.  

“Jangan sekarang ikut-ikutan dan terbawa-bawa arus gaya seperti YOLO misalnya. You only live once,” ujarnya.  Di mana, ketika seseorang mendapat kelebihan uang sedikit, langsung menghabiskan uang, tanpa berpikir bagaimana merencanakan pengelolaan uang dan investasi untuk kebutuhan-kebutuhan yang akan datang.  

Kedua, Hasan juga menyinggung soal fenomena FOMO, fear of missing out, kondisi bahwa anak muda kerap memilih produk dan layanan keuangan digital hanya atas dasar takut jika tidak mengikuti tren dan cenderung tidak sesuai dengan apa yang dibutuhkan. 

Ketiga, kata Hasan, anak muda harus menghindari FOPO, fear of public opinion, fenomena yang kini marak terlihat dalam penggunaan media sosial.  

“Di mana teman-teman adik-adik mahasiswa dalam memilih suatu produk dan layanan keuangan digital ini hanya berdasarkan perasaan untuk takut jika mendapatkan kritik dari orang-orang sekitar atau tidak mendapatkan tanda like yang banyak gitu ya. Ini juga tentu harus kita hindari,” ujarnya.  

Lebih lanjut, OJK juga menyebut untuk selalu waspada terhadap modus penawaran layanan keuangan, jangan mudah percaya dengan orang lain dan berhati-hati dalam membagikan informasi dan data pribadi kepada orang lain termasuk media sosial.  

“Jadi ini biasanya ada upaya social engineering di mana teman-teman tanpa sadar membagikan data pribadi rahasia yang tidak seharusnya dibagikan,” ucapnya. Menurutnya, modus yang terjadi biasanya menjadi celah masuk penggunaan data untuk keperluan layanan ilegal atau tindakan yang merugikan kelompok masyarakat. 

Selain itu, dia mengingatkan untuk selalu memeriksa setiap produk dan layanan keuangan yang ditawarkan haruslah memiliki izin yang resmi dari otoritas yang berwenang.  

“Kalau ditawarkan sesuatu yang menggiurkan dan tidak masuk akal misalnya berikan imbal hasil atau tawaran bunga yang sangat tinggi 10%-20% sebulannya gitu. Tentu ini sesuatu yang harus kita periksa lebih lanjut dan kita curigai lebih awal,” tandasnya. 


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Biaya Tinggal yang Tinggi di Kota-Kota Kampus Terbaik Amerika

Kota-kota yang menjadi lokasi kampus terbaik di Amerika mengenakan biaya tinggal yang tinggi bagi mahasiswa dan penghuni

Context.id | 04-10-2024

Soal Keuangan Generasi Z Tidak Jauh Lebih Baik dari Milenial

Generasi Z menghadapi tantangan keuangan yang serupa dengan milenial, menunjukkan kondisi finansial mereka tidak jauh lebih baik.

Context.id | 04-10-2024

NotebookLM, dari Alat Riset ke Platform Podcast AI

NotebookLM kini memungkinkan pengguna mengonversi dokumen menjadi podcast atau siniar AI atau kecerdasan buatan yang menarik

Context.id | 04-10-2024

Masihkah Penting Penghargaan Nobel?

Hadiah Nobel dianggap puncak pencapaian terkait penemuan sains, budaya dan perdamaian. Tapi Apakah penghargaan ini masih relevan?

Context.id | 03-10-2024