Stories - 02 August 2024

Daftar Pemimpin Palestina yang Dibunuh Israel 20 Tahun Terakhir

Eksekusi terhadap Haniyeh menambah daftar panjang pemimpin Palestina yang dikirim ke alam baka oleh Israel.


Solidaritas atas perjuangan Palestina menghadapi Israel

Context.id,JAKARTA- Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh dibunuh di Teheran, Iran setelah gedung tempat ia menginap disikat melalui serangan udara dan Israel menjadi tertuduhnya.

Dilansir dari Aljazeera, Jumat (2/8/2024), Hamas menyatakan Haniyeh terbunuh dalam serangan udara Zionis di kediamannya di Teheran setelah ia berpartisipasi dalam pelantikan presiden baru Iran, Masoud Pezeshkian. Kematiannya terjadi sehari setelah Israel menargetkan komandan Hizbullah Fuad Shukr di Beirut, Lebanon.

Eksekusi terhadap Haniyeh menambah daftar panjang pemimpin Palestina yang dikirim ke alam baka oleh Israel. Berikut adalah daftar pembunuhan terhadap pemimpin negara itu yang dilakukan oleh Israel selama 20 tahun terakhir, dilansir dari berbagai sumber.

 

Saleh al-Arouri.



Dia tewas pada Januari 2024,di  Beirut, Lebanon. Al-Arouri, yang kala itu berusia 57 tahun, adalah wakil kepala biro politik Hamas dan salah satu pendiri sayap bersenjata kelompok tersebut, Brigade Qassam. Ia dibunuh dalam serangan pesawat nirawak di pinggiran kota Beirut.

Ia telah tinggal di pengasingan di Lebanon setelah menghabiskan 15 tahun di penjara Israel. Sebelum perang dimulai pada 7 Oktober, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu telah mengancam akan membunuhnya.

Israel tidak bertanggung jawab atas kematiannya. Namun, Danny Danon, mantan utusan Israel untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, memuji serangan itu dan memberi selamat kepada tentara Israel, Shin Bet, dan Mossad, badan intelijen Israel, atas pembunuhan al-Arouri.

 

Mahmoud al-Mabhouh.

 Meninggal pada Januari 2010, Dubai, Uni Emirat Arab. Al-Mabhouh merupakan komandan militer di Brigade Qassam, yang bertanggung jawab atas logistik dan pengadaan senjata.

Ia mendirikan Unit 101, yang didedikasikan untuk menculik para pejuang Israel. Al-Mabhouh dibunuh di Hotel Al Bustan Rotana bintang lima di Dubai, serangan tersebut secara luas diyakini dilakukan oleh Mossad. Menurut polisi, al-Mabhouh dibius, disetrum, dan kemudian dicekik dengan bantal.

 

Mahmoud al-Majzoub.

Meninggal pada Mei 2006, di Sidon, Lebanon

Al-Majzoub adalah seorang pemimpin senior kelompok Jihad Islam Palestina (PIJ) dan sekutu dekat kelompok Hizbullah Lebanon. Ia dibunuh di kota Sidon, Lebanon, ketika sebuah bom mobil yang dipasang di pintu mobilnya meledak saat ia membukanya. Israel menyangkal bertanggung jawab atas serangan itu, tetapi baik PIJ maupun Hizbullah menyalahkan Israel atas pembunuhan itu.

 

Adnan al-Ghul.

Tewas pada Oktober 2004, Kota Gaza, Jalur Gaza. Dia adalah anggota berpangkat tinggi Brigade Qassam, yang dikenal sebagai "Bapak Qassam" atas karyanya dalam membangun sistem pengiriman roket Hamas yang ekstensif.

Pria ini diidentifikasi oleh militer Israel sebagai pembuat bom utama, ia dibunuh dalam pembunuhan yang ditargetkan, helikopter Angkatan Udara Israel AH-64 menembakkan rudal ke mobilnya di Gaza.

 

Abdel Aziz al-Rantisi.

Pria ini meniggal  pada April 2004, Kota Gaza, Jalur Gaza. Al-Rantisi adalah salah satu dari tujuh pendiri gerakan Hamas, termasuk Sheikh Ahmed Yassin, pada hari-hari awal Intifada pertama. Ia telah ditunjuk sebagai pemimpin baru Hamas setelah pembunuhan Yassin pada Maret 2004.

Ia tewas akibat serangan rudal helikopter Israel di Kota Gaza, kurang dari sebulan setelah pembunuhan Yassin. Angkatan Udara Israel telah menembakkan rudal Hellfire dari helikopter Apache AH-64 ke mobilnya.

 

Sheikh Ahmed Yassin.

Tewas pada Maret 2004, Kota Gaza, Jalur Gaza. Dia dianggap sebagai pemimpin spiritual Hamas. Yassin, seorang lumpuh yang hampir buta, telah bergantung pada kursi roda karena kecelakaan olahraga saat ia berusia 16 tahun. Ia tewas dalam serangan rudal helikopter Israel saat ia didorong keluar dari salat subuh di luar masjid Kota Gaza.

Sumber keamanan Israel mengatakan pada saat itu bahwa Perdana Menteri Ariel Sharon secara pribadi telah memerintahkan dan memantau serangan helikopter terhadap ulama yang lumpuh itu.

 

 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Peran Penting Internet untuk Pendidikan di Sudut Lain Indonesia

Kehadiran internet di kota-kota besar mungkin sudah menjadi kebutuhan primer. Tapi, bagaimana di desa atau daerah terpencil yang belum terjamah?

Context.id | 19-09-2024

Industri Antariksa Asia Mulai Menyaingi AS dan Eropa

China, India dan Jepang membuka pintu bagi negara-negara Asia ikut dalam persaingan antariksa

Context.id | 19-09-2024

Lepas Tanggung Jawab Iklim, Perusahaan Energi Fosil Jadi Sponsor Olahraga

Lembaga penelitian iklim menemukan aliran dana besar perusahaan migas ke acara olahraga untuk mengelabui masyarakat soal krisis iklim\r\n

Context.id | 18-09-2024

Ini Rahasia Sukses Norwegia Mengganti Mobil Bensin dengan Listrik!

Norwegia, salah satu negara Nordik yang juga penghasil minyak dan gas terbesar di Eropa justru memimpin penggunaan mobil listrik

Context.id | 18-09-2024