Stories - 27 March 2024

AS Serukan Tingkatkan Bantuan Kemanusiaan Ke Gaza

Situasi di Gaza menderita bencana kemanusiaan yang semakin buruk dari sebelumnya karena terus bertambahnya korban jiwa dan minimnya bantuan yang datang.


Aksi solidaritas membela Palestina

Context.id, JAKARTA - Bencana kemanusiaan akibat Perang antara Israel-Hamas di Jalur Gaza semakin memburuk, Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin menyerukan untuk melindungi warga dan masyarakat sipil adalah hak moral dan strategis.

Melansir Reuters,  Austin mengatakan langsung pada pertemuannya dengan mitra strategis Timur Tengahnya yaitu Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant di Pentagon pada Selasa (26/3/2024).

Adapun pertemuan ini dilakukan ketika hubungan antara Washington dan Knesset berada pada titik terendah dalam sejarah hubungan bilateral mereka.

Pasalnya pada Senin (25/3/2024) Netanyahu menolak untuk hadir dalam undangan Amerika Serikat untuk membahas opsi alternatif lain dalam operasi militer Israel di Rafah.

Selain itu, penolakan tersebut juga berhubungan dengan keputusan Washington untuk tidak memveto resolusi Dewan Keamanan PBB dalam upaya menghasilkan gencatan senjata di Gaza. 



Kendati demikian, Austin tetap menyatakan jika dirinya siap untuk mendiskusikan pendekatan alternatif dalam menargetkan militan Hamas di Rafah bersama dengan Menteri Pertahanan Israel Yoav Galant.

Tak hanya itu, Austin juga menegaskan jika situasi di Gaza menderita bencana kemanusiaan yang semakin buruk dari sebelumnya karena terus bertambahnya korban jiwa dan minimnya bantuan yang datang.

“Di Gaza saat ini, jumlah korban sipil terlalu tinggi dan jumlah bantuan kemanusiaan terlalu sedikit,” kata Austin, seperti dikutip, Rabu, (27/3/2024).

Selain itu, Austin mengungkapkan jika wilayah tersebut juga mengalami kekurangan makanan ekstrim yang dapat memicu ketakutan warga sipil akan kelaparan di wilayah itu.

Dia juga menekankan untuk meningkatkan pemberian bantuan segera dalam mencegah bencana kelaparan yang lebih meluas di wilayah kantong Hamas tersebut. (Candra Soemirat)

 


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024