Stories - 27 March 2024

Beragam Cara Mendukung Single Moms

Sebagai orang terdekat dari seorang single mom, kita patut memberikan berbagai dukungan


Komunitas Ibu Tunggal di Indonesia

Context.id,JAKARTA- Menjadi ibu tunggal atau single mom tidaklah mudah dan membutuhkan dukungan dari orang terdekat.

Karena itu, sebagai orang terdekat dari seorang single mom, kita patut memberikan berbagai dukungan seperti berikut:

1. Membantu menjaga anak mereka. Ibu tunggal selalu mengurus segala keperluan mulai dari keperluan rumah tangga hingga keperluan anak dapat membuat mereka merasa lelah akan aktivitas yang dilakukan.

Tidak sedikit dari ibu tunggal yang memiliki ketidakstabilan pada emosinya, dampak paling buruk yang ditimbulkan yakni apabila mereka melampiaskan kepada anaknya maka dari itu dukungan dari luar sangat berarti bagi mereka. Cara yang dapat dilakukan dalam memberikan dukungan kepada single moms yakni dengan membantu menjaga anak mereka apabila kondisi kesehatan fisik maupun mental mereka sedang dalam keadaan tidak baik.

2. Memperhatikan mereka melalui pertanyaan.  Banyak dari para single moms yang tidak memiliki waktu untuk memperhatikan dirinya sendiri, hal ini dapat terjadi karena mereka tidak mempunyai orang yang dapat membantunya sehingga mereka hanya dapat memikirkan anaknya saja.

Pada dasarnya para single moms sangat membutuhkan perhatian agar mereka mendapatkan semangat dalam menjalani kehidupannya, cara yang dapat dilakukan dalam memberikan dukungan kepada single moms yakni melalui beberapa pertanyaan. Pertanyaan yang diajukan orang lain untuk dirinya dapat membuat mereka merasa bahwa ternyata masih ada orang yang peduli terhadap dirinya dan kehidupannya. Mulai sekarang cobalah menanyakan hal-hal mengenai dirinya sendiri atau anaknya dan tunjukan minat Anda dalam sesi obrolan tersebut.

3. Mengajak mereka berlibur.  Menjadi ibu tunggal tentu mempunyai tanggung jawab dan aktivitas yang cukup berat sehingga dapat membuat mereka jauh lebih mudah merasa lelah untuk itu mereka perlu beristirahat sejenak dari segala aktivitas yang dilakukan. 

Cara yang dapat dilakukan untuk mendukung single moms yakni dengan mengajaknya berlibur. Banyak manfaat yang diberikan melalui liburan yang dijalani yakni dapat membuat mereka lebih memperhatikan dirinya sendiri, menciptakan pikiran yang positif, memiliki semangat dan motivasi yang dalam menghadapi kehidupannya.



4. Membantu dalam mengatasi masalah. Menjadi ibu tunggal mengharuskan mereka menghadapi setiap masalahnya sendiri, hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki sosok untuk bertukar cerita mengenai masalah yang sedang dihadapi, kondisi tersebut dapat mengganggu kesehatan mentalnya yakni mereka akan lebih mudah mengalami stres.

Dukungan orang lain sangat berarti bagi para ibu tunggal, dukungan yang dapat diberikan tidak hanya melalui materi yakni bisa melalui tindakan seperti membantu dalam mengatasi masalah dengan cara memberikan solusi atas masalah yang dihadapi.

5. Menceritakan hal yang positif tentang anak mereka. Bagi para single moms anak menjadi salah satu alasan mereka tetap bertahan hidup, segala hal akan mereka usahakan agar anaknya mendapatkan kenyamanan untuk itu jika ingin memberikan dukungan kepada mereka dapat dilakukan melalui hal-hal yang bersangkutan dengan anaknya. 

Mulai sekarang cobalah untuk menceritakan hal positif mengenai anak mereka yakni seperti tumbuh kembang yang baik, kepribadian anaknya yang baik, atau hobi dari anak mereka.

6. Memberikan kejutan kepada mereka. Menjadi ibu tunggal tentu tidak mudah untuk itu dukungan dari orang lain sangat dibutuhkan, salah satu cara yang dapat dilakukan yakni memberikan kejutan kepada mereka.

Mulai sekarang cobalah untuk membuat kejutan yang sederhana untuk mereka seperti memberikan bunga, coklat, atau barang yang mereka butuhkan. Melalui kejutan yang diberikan orang lain, mereka akan merasa bahwa masih ada orang yang peduli dengan hidupnya.

7.   Memberikan bantuan materi. Tidak sedikit dari para single moms yang mempunyai masalah pada finansial, hal ini dikarenakan mereka harus membiayai sendiri kebutuhan dalam menjalani kehidupan bersama anaknya untuk itu cara yang dapat dilakukan dalam memberikan dukungan kepada para ibu tunggal yakni melalui bantuan materi.

8. Membawakan makan malam .Tidak sedikit dari para single moms yang lupa untuk merawat dirinya sendiri yakni salah satunya terkadang suka melewatkan makan malam karena faktor kelelahan.

Membawakan makan malam dapat menjadi salah satu upaya dalam memberikan dukungan kepada mereka. Melalui makan makan yang diberikan akan menciptakan pemikiran bahwa masih ada yang memikirkan dan peduli terhadap dirinya.

9. Mengundang mereka untuk makan bersama. Banyak dari ibu tunggal yang mengkhawatirkan kehidupan sosial anaknya, mereka takut karena status yang dimilikinya dapat membuat anaknya tidak memiliki teman untuk itu mengundang ibu tunggal makan bersama menjadi salah satu dukungan yang dapat diberikan kepada mereka. 

Saat makan malam bersama bawalah juga anak Anda agar dapat bermain bersama anak para ibu tunggal, melalui tindakan yang dilakukan ini dapat menurunkan rasa kekhawatiran yang dialami para ibu tunggal.

10. Mengajak mereka melakukan perawatan.  Menjadi ibu tunggal mengharuskan mereka merawat dan membesarkan anak sendiri sehingga tidak sedikit dari ibu tunggal yang lupa untuk melakukan perawatan untuk dirinya.

Mengajak para ibu tunggal untuk melakukan perawatan merupakan salah satu bentuk dukungan yang dapat diberikan. Banyak perawatan yang dapat dilakukan yakni seperti perawatan kulit wajah, rambut hingga badan.

 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Hotel Sultan dan Jejak Kontroversi Klan Sutowo

Catatan kiprah kontroversial Ibnu dan Adiguna Sutowo

Noviarizal Fernandez | 08-05-2024

Intip Nilai Pasar Terbaru Pemain U23

Secara keseluruhan, nilai pasar skuad Garuda Muda mencapai Rp83,43 miliar terhitung sejak akhir April 2024

Noviarizal Fernandez | 08-05-2024

Ketika Masyarakat Sipil Gelar Mahkamah Rakyat Luar Biasa

Mahkamah Rakyat menjadi alternatif menyelesaikan masalah hukum saat negara tidak memberikan ruang demokrasi

Noviarizal Fernandez | 08-05-2024

Syahrul Yasin Limpo dan Jejak Politik Keluarga

Langkah politik SYL kemudian diikuti oleh kerabatnya

Noviarizal Fernandez | 08-05-2024