Stories - 27 March 2024

Ini Sinopsis Film Kiblat

Acapkali menggunakan promosi sensitif dan kontroversi agar menarik perhatian dan banyak penonton.


Poster FIlm Kiblat

Context.id,JAKARTA- Fil bergenre horor, Kiblat, meramaikan khazanah perfilman tanah air meski menuai protes dari tokoh agama.

Protes keras datang dari Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bidang Dakwah Cholil Nafis. Dia bahkwan meminta dilarang tayang.

Menurutnya, meski dirinya tidak mengetahui isi filmnya, namun poster film yang menampilkan gambar seram padahal berjudul Kiblat yang merupakan arti dari Ka'bah, arah menghadapnya orang salat.

"Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya seram kok, judulnya kiblat ya. Saya buka-buka arti kiblat hanya ka’bah, arah menghadapnya orang-orang salat,” kata Cholil dikutip dari akun Instagramnya @cholilnafis.

Dia menambahkan film itu tidak pantas diedarkan karena termasuk kampanye hitam terhadap islam dan tidak boleh tayang.

“Kalau ini benar sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang," sebut Cholil Nafis.

Dia juga menyayangkan banyak film Indonesia yang menggunakan promosi sensitif dan kontroversi untuk menarik penonton.

"Acapkali menggunakan promosi sensitif dan kontroversi agar menarik perhatian dan banyak penonton. Tapi kalau menyinggung agama biasanya malah tak boleh ditonton," tegas dia.

Sinopsis



Adapun disutradarai oleh Bobby Prasetyo dibintangi sejumlah artis papan atas yakni Arbani Yasiz, Yasmin Napper, Ria ricis, Hana Saraswati, dan Dennis Adhiswara. Film yang akan tayang pada tahun 2024 ini menceritakan tentang seorang perempuan yaitu Ainun yang diperankan oleh Yasmin Napper yang mengagumi sosok Abah Mulya.

Sosok Abah Mulya yang merupakan pemimpin padepokan sakti di sebuah Kampung Bumi Suwung ini mempunyai kelebihan yang jarang dipunyai orang lain, dia bisa menyembuhkan segala jenis penyakit yang diderita seseorang hingga dapat melipatgandakan uang. 

Ainun tinggal disebuah kampung bersama dengan uwa atau kakak dari orang tuanya. Dia tidak tinggal bersama kedua orang tuanya karena Ainun juga tidak mengetahui siapa orang tua kandungnya.

Rini yang diperankan oleh Ria Ricis merupakan sahabat dekat Ainun, mereka sama-sama mengagumi sosok Abah Mulya karena rasa kagum yang dimilikinya menjadikan mereka selalu mengikuti setiap gaya dari idolanya

Namun Ainun harus mendapat kabar bahwa idolanya yakni Abah Mulya meninggal secara misterius, setelah mendapatkan kabar tersebut Ainun bersama dengan sahabatnya Rini dan Bagas segera berangkat menuju tempat Abah Mulya tinggal untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Pada saat mereka tiba di lokasi ada banyak sekali kejanggalan, mulai dari desa yang terlihat cukup seram, tidak adanya adzan dan arah kiblat yang berubah secara tiba-tiba dan Ainun baru mengetahui bahwa Abah Mulya merupakan ayah kandungnya.

Ketika Ainun sedang melaksanakan salat, saat melakukan gerakan rukuk secara tiba-tiba tubuh Ainun dibalikan hingga membuat kepalanya menghadap ke atas. Sejak mengalami kejadian tersebut Ainun menyadari bahwa orang yang selama ini dia kagumi telah mengajarkan kesesatan.

 

 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Penerapan HAM Tingkatkan Reputasi Perusahaan

Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2023 tentang Strategi Nasional Bisnis dan HAM.

Noviarizal Fernandez | 20-05-2024

Pendidikan Tinggi Adalah Barang Publik ?

Meletakkan pendidikan tinggi sebagai kebutuhan tersiar adalah salah besar.

Noviarizal Fernandez | 20-05-2024

Tingkatkan Layanan Kesehatan Tak Cukup Dengan Penambahan SDM

Sub sistem tersebut berupa upaya, fasilitas, logistik dan obat-obatan, pembiayaan, serta SDM

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024