Stories - 27 February 2024

Ini 10 Bahan Alami Untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin dalam sel darah merah sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia.

Context.id, JAKARTA- Hemoglobin dalam darah berperan penting bagi kehidupan manusia dan asupan buah-buah tertentu bisa meningkatkan kandungannya.

Hemoglobin dalam sel darah merah sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia. Jika kekurangan hemoglobin akan membuat tubuh menjadi lebih lemas karena tidak mendapatkan okigen. 

Sedangkan jika terdapat kelebihan hemoglobin akan membuat penyumbatan pada pembuluh darah sehingga bisa menyebabkan penyakit stroke.

Terkadang orang tertentu mengalami kekurangan hemoglobin. Nah, ada cara alamiah dengan asupan jenism akanan tertentu yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin, termasuk buah-buahan.

Melansir dari Times of India, ada 10 jenis buah yang mampu meningkatkan kadar hemoglobin (Hb) dalam darah:



Apel

Buah apel memiliki kandungan yang kaya akan zat besi dan vitamin C. Khasiat yang dimiliki buah apel mampu meningkatkan penyerapan Hb secara sintesis di dalam darah.

Delima

Buah delima dipenuhi dengan kandungan zat besi, vitamin C, dan antioksidan. Khasiatnya adalah untuk menstimulasi sel darah yang berjalan di dalam tubuh manusia.

Pisang

Sama seperti buah yang lainnya, pisang memiliki kandungan zat besi dan vitamin C di dalamnya. Sehingga khasiat ini mampu membantu penyerapan Hb secara sintesis dan mengoptimalkan sistem kerja pada darah.

Jeruk

Buah jeruk mengandung kadar vitamin C yang sangat tinggi. Selain vitamin C, kandungan zat besi yang terdapat dalam buah jeruk akan mengkontribusikan produksi Hb dalam darah yang akan mengalir ke dalam tubuh manusia.

Jambu

Buah jambu juga dipenuhi dengan kandungan vitamin C serta zat besi. Selain itu, kandungan vitamin dan zat besi di dalamnya mampu meningkatkan sel darah merah dan kadar Hb dalam darah.

Stroberi

Buah yang satu ini memiliki rasa yang unik dan warna yang menawan. Memiliki kandungan vitamin C dan zat besi yang baik untuk meningkatkan kadar Hb dalam darah

Semangka

Buah semangka memiliki kandungan air yang sangat banyak daripada buah lainnya. Khasiat akan adanya kandungan air ini mampu menjaga dan meningkatkan volume darah di dalam tubuh.

Kiwi

Buah yang identik dengan bentuk yang mungil dan berwarna hijau ini memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang cukup tinggi. Khasiatnya adalah meningkatkan produksi dan kadar Hb di dalam darah.

 Anggur

Buah anggur dipenuhi dengan kandungan zat besi yang dapat membantu penyerapan, serta mampu mengkontribusikan kadar Hb dalam darah.

Aprikot

Buah aprikot ini sering diolah menjadi selai. Kandungan yang terdapat di dalamnya adalah zat besi dan vitamin C yang cukup tinggi. Lantas apa khasiatnya? Khasiat buah aprikot adalah untuk membantu meningkatkan kadar Hb di dalam darah manusia.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024