Stories - 26 February 2024

Beberapa Alasan Orang Lebih Nyaman Tinggal di Karavan

Bagaimana mereka bisa hidup dengan berpindah-pindah atau nomaden?

Context.id, JAKARTA - Kenapa penduduk Amerika Serikat gemar tinggal di karavan ketimbang di rumah tapak? Pernah melihat film-film produksi Hollywood yang menggambarkan keluarga Amerika yang tinggal di karavan atau mobil berbentuk rumah? 

Pastinya terbersit dalam pikiran kita, bagaimana mereka bisa hidup dengan berpindah-pindah atau nomaden dan apakah mereka hanya sebatas mencari kebebasan dalam hidup?  Mengingat pindah dari satu tempat ke tempat lainnya mampu memberikan pengalaman baru.

Melansir The Conversation, seorang peneliti bernama Scott Rankin melakukan penelitian terhadap orang-orang yang hidup dengan tempat tinggal beroda, pada tahun 2020.

Menurutnya terdapat beberapa tempat yang selalu jadi titik berkumpulnya para rombongan campervan, salah satunya di wilayah Arizona.

Dalam penelitian itu, 22% dari total responden ternyata mempunyai rumah atau menyewanya. Sedangkan 78% responden lainnya memilih tinggal permanen di kendaraan tersebut.

Scoot mengungkapkan ada beberapa alasan yang mendorong mereka untuk bertahan hidup di campervan, yaitu:

1. Kebebasan

2. Biaya hidup rendah

3. Petualangan

4. Minimalis

5. Menghindari cuaca yang tidak diinginkan

6. Memulai hidup baru

7. Lebih dekat dengan alam

8. Menekuni pekerjaan di tempat berbeda

9. Bekerja jarak jauh

10. Mandiri

11. Bergabung dengan pasangan atau meninggalkan pasangan.

Di Indonesia, hidup di karavan dalam untuk waktu tertentu mulai menjadi tren, umumnya untuk kebutuhan berwisata.

Asnawi Bahar, pengamat pariwisata mengatakan bahwa tren baru yang mungkin berawal dari sekadar hobi [dari segelintir kalangan].

Ini merupakan sebuah sensasi baru, yang mulai dipopulerkan oleh Taman Safari Indonesia sebagai gimik wisata pengalaman atau experience tourism.

Wisata karavan, tuturnya, dikembangkan supaya masyarakat memiliki pilihan atraksi di destinasi-destinasi wisata. Jadi, untuk memberikan variasi pengalaman baru.

Namun, segmen pasarnya masih sangat terbatas volumenya karena ini termasuk ke dalam wisata minat khusus.

“Biasanya peminat wisata ini adalah kelompok masyarakat yang ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Kalaupun berkembang, saya rasa [wisata karavan] ini tidak akan menjadi sebuah tren yang besar,” pungkasnya.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Pengguna Mobil Apa yang Paling Pintar di Jalanan?

Pernah kesal dengan perilaku berkendara sebagian pengemudi mobil dengan brand tertentu? Ini riset yang mengkorelasikan brand mobil yang dikendarai ...

Fahri N. Muharom | 07-09-2024

Bagaimana Sepak Bola Tunanetra Dimainkan?

Atlet sepak bola tunanetra sangat hebat dalam menggunakan kesadaran ruang dan mampu memadukan kecepatan serta teknik bermain

Context.id | 06-09-2024

Nyetir Lebih dari Dua Jam Bisa Bikin Makin Bodoh?

Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mengemudi lebih dari dua jam sehari bisa menurunkan daya otak seseorang.

Naufal Jauhar Nazhif | 06-09-2024

Saat Hewan Ditugaskan Menjadi James Bond

Penggunaan hewan dalam kegiatan militer telah berlangsung selama bertahun-tahun baik itu untuk kegiatan mata-mata atau untuk penyerangan.

Context.id | 05-09-2024