Stories - 21 February 2024

Sir Jim Ratcliffe, Miliarder Pemilik Baru Manchester United

Sir Jim Ratcliffe merupakan pemilik perusahaan kimia INEOS dan sudah menjadi fans Manchester United sejak kecil. r n


Ilustrasi Sir Jim - Puspa Larasati

Context.id, JAKARTA - Manchester United plc telah mengkonfirmasi bahwa Sir Jim Ratcliffe telah menyelesaikan akuisisi 25% saham Kelas B klub dan 25% saham Kelas A klub atau setara dengan 13 juta lembar saham.

Sir Jim Ratcliffe merupakan pemilik INEOS yang merupakan perusahaan di bidang kimia dan sudah menjadi fans Manchester United sejak kecil.

Selain Manchester United, Ratcliffe memiliki sejumlah klub olahraga, seperti tim F1 AMG-Mercedes, klub Liga Prancis Nice, dan klub Liga Swiss Lausanne Sport.

Dilansir dari laman Manchester United, Ratcliffe telah menginvestasikan sebesar US$200 juta atau 1,3 miliar poundsterling untuk membeli saham itu. Angka itu jika dikurs ke rupiah senilai Rp25,7 triliun.

Tidak berhenti di situ saja, ke depannya Ratcliffe berencana menambahkan lagi porsi sahamnya secara bertahap. Pertama dengan menyuntikkan dana sekitar 158,47 juta poundsterling untuk menaikan sahamnya dari 25% menjadi 27,7%.

Setelah itu, pada akhir tahun Ratcliffe menargetkan bisa menguasai 28,9% saham MU dengan tambahan investasi sekitar 79,2 juta poundsterling.

Nantinya juga ada dana segar sebesar Rp1,5 triliun atau US$100 juta yang dikucurkan Ratcliffe juga digunakan untuk merevitalisasi infrastruktur Old Trafford yang dianggap sudah memasuki masa uzur.

Ratcliffe mengungkapkan tanggung jawabnya sebagai salah satu pemilik Manchester United dan menekankan pentingnya bekerja sama dengannya dan INEOS Sport untuk memberikan masa depan yang cerah bagi klub.

"Ini menandai selesainya transaksi, tetapi hanyalah awal dari perjalanan kami untuk membawa Manchester United kembali ke puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia, dengan fasilitas kelas dunia untuk para penggemar kami. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut akan dipercepat mulai hari ini," tutur Ratcliffe seperti dikutip dari Bisnis, Rabu (21/2/2024)

Joel Glazer, salah satu ketua eksekutif Manchester United, menyambut kedatangan Ratcliffe sebagai salah satu pemilik klub Setan Merah.

"Saya ingin menyambut Sir Jim sebagai salah satu pemilik dan berharap dapat bekerja sama dengannya serta INEOS Sport untuk mewujudkan masa depan cerah bagi Manchester United," ujar Joel.

Ratcliffe dan Sir Dave Brailsford, direktur divisi olahraga INEOS telah berupaya merombak operasional sepak bola United.

Mereka telah mendatangkan Omar Berrada dari Manchester City sebagai kepala eksekutif dan dilaporkan akan mempekerjakan Dan Ashworth sebagai direktur olahraga yang digaet dari Newcastle United.

Manajer Manchester United Erik ten Hag mengaku bahwa dia “sangat selaras” dengan Ratcliffe, tetapi nasibnya belum aman mengingat posisi Manchester United saat ini di Liga Inggris masih di luar 4 besar.

Setan Merah saat ini berada di urutan keenam, tertinggal 5 poin dari Aston Villa yang berada di posisi keempat. Pertandingan pertama United di bawah kepemilikan baru Sir Jim Ratcliffe adalah melawan Fulham di Stadion Old Trafford pada Sabtu (24/2/2024).

Manchester United adalah salah satu tim olahraga paling populer dan sukses di dunia. Pendukung atau fans klub ini sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia.

Penulis: Diandra Zahra


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Lepas Tanggung Jawab Iklim, Perusahaan Energi Fosil Jadi Sponsor Olahraga

Lembaga penelitian iklim menemukan aliran dana besar perusahaan migas ke acara olahraga untuk mengelabui masyarakat soal krisis iklim\r\n

Context.id | 18-09-2024

Ini Rahasia Sukses Norwegia Mengganti Mobil Bensin dengan Listrik!

Norwegia, salah satu negara Nordik yang juga penghasil minyak dan gas terbesar di Eropa justru memimpin penggunaan mobil listrik

Context.id | 18-09-2024

Riset IDEA Temukan Kemunduran Demokrasi Dunia Selama 8 Tahun Beruntun

Kredibilitas pemilu dunia terancam oleh menurunnya jumlah pemilih dan hasil pemilu yang digugat serta diragukan.

Fahri N. Muharom | 18-09-2024

Warga Amerika Sebut Kuliah Tidak Lagi Bermanfaat, Kenapa?

Biaya yang semakin tinggi sehingga membuat mahasiswa terjerat utang pinjaman kuliah membuat warga AS banyak yang tidak ingin kuliah

Naufal Jauhar Nazhif | 17-09-2024