Stories - 28 November 2022

Rekomendasi Film Sepak Bola yang Wajib Kamu Tonton!

Selain pertandingannya, ternyata ada film bertemakan sepak bola yang dapat dijadikan hiburan bagi para penggemar olahraga sejuta umat tersebut.


Salah satu adegan dalam film The Damned United. -IMDb-

Context, JAKARTA - Sepak bola menjadi cabang olahraga dengan penonton terbanyak di seluruh dunia. Selain pertandingannya, ternyata ada film bertemakan sepak bola yang dapat dijadikan hiburan bagi para penggemar olahraga sejuta umat tersebut.

Sebagai salah satu industri besar, ternyata tema sepak bola kerap membawa dampak positif bagi dunia perfilman. Sebaliknya, dari film-film yang bertemakan sepak bola, para penggemar sepak bola menjadi tahu lebih banyak sisi lain dari para pemain, pelatih, suporter, atau bahkan tim yang biasa hanya bisa disaksikan di lapangan.

Jika kamu belum menonton satu pun film bertemakan sepak bola, simak beberapa rekomendasi film bertemakan sepak bola yang telah dirangkum Context berikut ini.


Goal! (2005-2007-2008)

Mengutip Bleacher Report, trilogi “Goal!” adalah “Lord of the Rings”-nya film bertemakan sepak bola. Selain itu, pasti sebagian besar penggemar sepak bola setuju jika film ini adalah film bertemakan sepak bola yang terbaik. 

Pasalnya, selain aktor utamanya diperankan oleh Kuno Becker (Santiago Munez), para penonton juga dikejutkan dengan hadirnya beberapa bintang sepak bola, seperti David Beckham dan Zinedine Zidane.

Film ini menceritakan kisah dari Santiago Munez, yaitu seorang imigran Meksiko yang tinggal dan bekerja di Los Angeles. Singkat cerita, mimpinya menjadi pemain sepak bola dapat terwujud setelah ia berhasil melewati uji coba di klub asal Inggris, Newcastle United. Ia bahkan berhasil pindah ke raksasa Eropa, Real Madrid di serial film keduanya.


Fever Pitch (1997)

Rekomendasi kedua adalah film yang diadaptasi dari buku yang ditulis Nick Hornby. Film ini menceritakan seorang penggemar klub sepak bola Arsenal, sekaligus menggambarkan kehidupan fanatisme suporter kelas menengah.  

Tokoh utamanya, Paul, akan merasakan momen dimana ia harus menjaga keseimbangan dari dua hal yang dicintainya, yaitu sepak bola dan wanita. Dalam film tersebut, penonton yang juga penggemar sepak bola juga akan dihibur oleh jalan cerita yang menarik. Sebab, film ini juga akan mengambil latar belakang pertandingan Arsenal menghadapi Liverpool pada final tahun 1989.


The Damned United (2009)

Film ini bercerita tentang 44 hari yang dihabiskan oleh manajer legendaris Inggris, Brian Clough sebagai manajer Leeds United pada 1974. Brian Clough sendiri adalah manajer yang dikenal memiliki temperamen yang mudah berubah, namun sekaligus manajer yang cemerlang.

Namun, penonton akan dibuat takjub oleh film ini, karena akan memperlihatkan seorang manajer dengan metodenya yang keras, serta kepribadiannya yang kasar, bahkan sempat menyebabkan kericuhan di ruang ganti pemain. 


Diego Maradona (2009)

Film yang satu ini tentunya wajib ditonton oleh seluruh penggemar sepak bola. Pasalnya, film ini menceritakan salah satu pemain terbaik dalam sejarah sepak bola, yaitu pemain asal Argentina, Diego Armando Maradona.

Film ini akan secara detail menceritakan pemain yang paling dicintai dan juga dicintai oleh dunia sepak bola. Melansir Hollywood Reporter, sebagian film ini akan memperlihatkan kisah Maradona saat membela SSC Napoli pada 1980-an, tempat di mana karirnya sedang memuncak, dan tempat di mana karirnya berubah menjadi berantakan.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024