Stories - 19 January 2024

Ini Pokok Utama dari Forum Ekonomi Dunia 2024

Acara ini berlangsung pada saat polikrisis , sebuah istilah yang menggambarkan datangnya berbagai krisis

Context.id, JAKARTA- Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF)  2024 mengusung beberapa poin penting yang harus dilakukan demi mencapai stabilitas global.

Menteri Keuangan Sri Mulyani turut hadir dalam kegiatan yang digelar di Davos, Swiss tersebut. Sebagai informasi, WEF dibentuk sejak 1971 di Jenewa, Swiss dan tahun ini akan melangsungkan annual meeting ke-54 di Davos-Klosters.

Melansir dari laman resmi WEF 2024, pertemuan tahunan kali ini akan mempertemukan para pemimpin dari pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil untuk membahas kondisi dunia dan mendiskusikan prioritas di tahun mendatang. 

Acara ini berlangsung pada saat 'polikrisis', sebuah istilah yang menggambarkan datangnya berbagai krisis, seperti krisis iklim dan keanekaragaman hayati, pandemi Covid-19, perang di Ukraina, dan kekhawatiran akan biaya hidup.

Pertemuan tahunan ini juga akan menjadi wadah untuk terlibat dalam dialog yang konstruktif dan berwawasan ke depan serta membantu menemukan solusi melalui kerja sama pemerintah-swasta..



Tahun ini ada beberapa yang pokok penting yang akan dibahas di Davos. Berikut ini empat fokus utama di WEF Davos 2024:

1. Mencapai keamanan dan kerja sama di tengah meningkatnya ketegangan geopolitik dunia.

WEF Davos 2024 akan menemukan pendekatan untuk mengatasi krisis keamanan secara efektif, seperti perang Israel-Hamas di Gaza dan ketegangan di Timur Tengah, sambil secara bersamaan mengatasi kekuatan yang mendasari fragmentasi.

Selain itu, forum akan menyusun strategi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi area-area penting untuk kerja sama, guna memastikan hasil yang saling menguntungkan bagi semua pemangku kepentingan.

2. Menciptakan pertumbuhan dan lapangan kerja untuk era baru

Agenda ini akan berfokus pada diskusi tentang bagaimana pemerintah, bisnis, dan masyarakat sipil dapat berkolaborasi dalam kerangka kerja ekonomi baru untuk mencegah satu dekade pertumbuhan yang rendah dan memprioritaskan kesejahteraan individu.

Selain itu, menemukan cara untuk meminimalkan trade-off dan memaksimalkan sinergi, ketika langkah-langkah tradisional tampaknya tidak memadai.

3. Kecerdasan Buatan sebagai kekuatan pendorong ekonomi dan masyarakat

WEF Davos 2024 akan membahas cara untuk memanfaatkan AI untuk kepentingan semua orang dan mendiskusikan bagaimana AI dapat berinteraksi dengan teknologi transformatif lainnya, termasuk 5/6G, komputasi kuantum, dan bioteknologi.

 4. Strategi jangka panjang untuk iklim, alam, dan energi

Mendiskusikan pendekatan untuk mengembangkan pendekatan jangka panjang yang komprehensif untuk mencapai netralitas karbon dan mempromosikan dunia yang positif terhadap alam pada tahun 2050.

Bertujuan untuk mengembangkan strategi yang dapat diimplementasikan untuk memastikan akses yang terjangkau, aman, dan inklusif terhadap energi, makanan, dan air.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024