Stories - 30 June 2022

Pertemuan Menlu G20 Utamakan Jalin Hubungan Bilateral

Pertemuan para menlu ini akan lebih membahas isu internasional serta menjalin kerjasama bilateral.


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menutup pertemuan pertama Health Ministerial Meeting (HMM) G20 Indonesia, Senin (20/6/2022). -Antara-

Context.id, JAKARTA - Setelah diadakannya pertemuan para Menteri Kesehatan G20, acara pertemuan menteri selanjutnya adalah pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) pada 7-8 Juli 2022 mendatang.

Uniknya pertemuan ini, tidak seperti pertemuan menteri kebanyakan yang menghasilkan sebuah kebijakan. Pertemuan para menlu ini justru lebih membahas isu internasional serta menjalin kerjasama bilateral.

Adapun topik yang akan dibahas adalah dinamika perkembangan global, masalah ketahanan pangan, dan krisis energi. Pasalnya, seperti yang diketahui, dunia sedang dilanda krisis makanan dan energi akibat inflasi dan perang Ukraina-Rusia. 

Nantinya, para delegasi akan berasal dari 20 negara anggota G20, 10 negara undangan, serta lebih dari 10 organisasi internasional. Adapun, para delegasi akan hadir secara daring dan luring.

Untuk nama-nama delegasi yang akan hadir dalam perhelatan ini masih belum diketahui. Pasalnya, menurut Stafsus G20, Triansyah Djani, nama-nama tersebut akan dirahasiakan dengan alasan keamanan. 

Namun, sebelumnya sempat beredar bahwa salah satu menteri yang datang adalah Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh juru bicara kedutaan besar Rusia di Jakarta, Denis Tetiushin. 

Diketahui, acara pertemuan negara-negara G20 ini menjadi perhatian karena diselenggarakan di tengah konflik Rusia-Ukraina. Apalagi Presiden Jokowi juga berencana mengajak kedua pihak negara untuk turut datang ke perhelatan ini.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

KPPU Mulai Sidangkan Perkara Tender di BRIN

Perkara ini melibatkan 4 perusahaan yang menjadi terlapor

Noviarizal Fernandez | 20-05-2024

D’Festa 2024, Pameran K-Pop Terbesar di Indonesia

D\'Festa digadang-gadang dapat memberikan pengalaman impresif yang tak terlupakan bagi para penggemar K-Pop di Indonesia

Context.id | 20-05-2024

Mengenal HIFI, Orang Kaya tapi Kekurangan

Generasi milenial di kota-kota AS yang berpenghasilan $200.000 atau lebih per tahun hidup dari gaji ke gaji

Context.id | 20-05-2024

Salah Kaprah Bisnis Franchise atau Waralaba

waralaba ini memberikan hak penggunaan merek dagang, sistem operasi, dan dukungan kepada pihak lain untuk menjalankan bisnis yang sudah berjalan.

Context.id | 20-05-2024