Stories - 30 June 2022

Pertemuan Menlu G20 Utamakan Jalin Hubungan Bilateral

Pertemuan para menlu ini akan lebih membahas isu internasional serta menjalin kerjasama bilateral.


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menutup pertemuan pertama Health Ministerial Meeting (HMM) G20 Indonesia, Senin (20/6/2022). -Antara-

Context.id, JAKARTA - Setelah diadakannya pertemuan para Menteri Kesehatan G20, acara pertemuan menteri selanjutnya adalah pertemuan Menteri Luar Negeri (Menlu) pada 7-8 Juli 2022 mendatang.

Uniknya pertemuan ini, tidak seperti pertemuan menteri kebanyakan yang menghasilkan sebuah kebijakan. Pertemuan para menlu ini justru lebih membahas isu internasional serta menjalin kerjasama bilateral.

Adapun topik yang akan dibahas adalah dinamika perkembangan global, masalah ketahanan pangan, dan krisis energi. Pasalnya, seperti yang diketahui, dunia sedang dilanda krisis makanan dan energi akibat inflasi dan perang Ukraina-Rusia. 

Nantinya, para delegasi akan berasal dari 20 negara anggota G20, 10 negara undangan, serta lebih dari 10 organisasi internasional. Adapun, para delegasi akan hadir secara daring dan luring.

Untuk nama-nama delegasi yang akan hadir dalam perhelatan ini masih belum diketahui. Pasalnya, menurut Stafsus G20, Triansyah Djani, nama-nama tersebut akan dirahasiakan dengan alasan keamanan. 

Namun, sebelumnya sempat beredar bahwa salah satu menteri yang datang adalah Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh juru bicara kedutaan besar Rusia di Jakarta, Denis Tetiushin. 

Diketahui, acara pertemuan negara-negara G20 ini menjadi perhatian karena diselenggarakan di tengah konflik Rusia-Ukraina. Apalagi Presiden Jokowi juga berencana mengajak kedua pihak negara untuk turut datang ke perhelatan ini.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Konflik Iran-Israel Bebani Pemerintahan Prabowo

Bagi presiden baru kondisi global yang penuh ketidakpastian bisa menghambat kebijakan ekonominya

Noviarizal Fernandez | 18-04-2024

Lawan Akun Bot, X Berlakukan Biaya Bagi Pengguna Baru

Seluruh akun baru di X diwajibkan untuk membayar ‘biaya kecil’ yang disebut oleh Elon sebagai bentuk verifikasi

Context.id | 18-04-2024

Tren Properti Indonesia, China dan Hongkong dari Selangit hingga Diobral

Harga properti Indonesia, China, dan Hongkong mengalami berbagai sentimen di tengah gejolak ekonomi global

Ririn oktaviani | 18-04-2024

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Memicu Depresi, Kenapa?

Data Kemenkes RI per Maret 2024 mencatat sebanyak 22,4 % atau sekitar 2.716 calon dokter spesialis mengalami gejala depresi akibat PPDS.

Context.id | 18-04-2024