Stories - 11 September 2024
Google Kehilangan Marwahnya Sebagai Mesin Pencari
Apa benar Google mulai ditinggalkan GenZ?
Context.id, JAKARTA - Semenjak Google hadir dan mengenalkan diri sebagai mesin pencari, kata ‘Google’ bertransformasi dari yang hanya sebuah nama menjadi sebuah kata kerja.
Kalau kamu termasuk generasi Baby Boomers atau Milenial, pasti beberapa kali, atau mungkin sering menggunakan kata ‘googling’ sebagai kata ganti ‘searching’. Hal ini tak lepas dari kebiasaan banyak orang untuk melakukan pencarian dengan Google.
Telah lama Google menjadi top of mind bagi mesin pencarian di internet. Tapi, marwah Google tersebut sepertinya telah menurun. Terutama ketika GenZ mulai mengambil alih internet dari generasi-generasi sebelumnya.
Munculnya teknologi baru dan preferensi yang terus berkembang, studi dari Business Insider menunjukkan bahwa GenZ lebih suka menggunakan kata ‘mencari’ atau ‘searching’ dibandingkan dengan ‘googling’.
Hal ini bisa terjadi karena GenZ tumbuh di era pasca-Google, Orkut, ataupun Facebook. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton video pendek, terutama di Instagram dan juga TikTok.
BACA JUGA
- Pangeran Hisahito, Calon Kaisar Jepang
- BYD, Kekuatan Baru China yang Berhasil Salip Honda dan Ford di 2024
- Tembok Baru Itu Bernama Maarten Paes
Medsos Mesin Pencari
Mengutip dari Bernstein Research, saat ini generasi muda lebih suka menggunakan aplikasi media sosial untuk melakukan pencarian dan mendapatkan rekomendasi terkait informasi baru.
Saat ini, hampir semua media sosial telah menyematkan fitur ‘search’ yang memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian terkait sebuah informasi.
Tapi, beda dengan Google, di platform medsos, biasanya informasi yang didapatkan berasal dari sebuah konten, baik itu foto ataupun video.
Selain itu, kerja mesin pencari juga mulai digantikan oleh kecerdasan buatan, salah satunya adalah ChatGPT.
Terkait AI, Google dan Microsoft pun tidak mau kalah. Mereka juga telah mengembangkan AI-nya sendiri melalui Gemini dan CoPilots.
Google Bakal Ditinggalkan?
Bagi sejumlah generasi digital GenZ yang lahir pada 1997 hingga 2014, mungkin Google sudah menjadi ‘masa lalu’. Kemudian, muncul ketakutan bahwa Google akan benar-benar ditinggalkan.
Tapi, nampaknya Sundar Pichai masih bisa bernafas lega. Sebab menurut sebuah jurnal, meskipun banyak yang meninggalkan, Google masih tetap mendominasi sebagai mesin pencari bagi para Gen Z.
Penulis : Naufal Jauhar Nazhif
Editor : Wahyu Arifin
MORE STORIES
Jam Kerja Rendah Tapi Produktivitas Tinggi, Berkaca dari Jerman
Data OECD menunjukkan bmeskipun orang Jerman hanya bekerja rata-rata 1.340 jam per tahun, partisipasi perempuan yang tinggi dan regulasi bagus mem ...
Context.id | 29-10-2024
Konsep Adrenal Fatigue Hanyalah Mitos dan Bukan Diagnosis yang Sahih
Konsep adrenal fatigue adalah mitos tanpa dasar ilmiah dan bukan diagnosis medis sah yang hanyalah trik marketing dari pendengung
Context.id | 29-10-2024
Dari Pengusaha Menjadi Sosok Dermawan; Tren Filantropis Pendiri Big Tech
Banyak yang meragukan mengapa para taipan Big Tech menjadi filantropi, salah satunya tudingan menghindari pajak
Context.id | 28-10-2024
Dari Barak ke Ruang Rapat: Sepak Terjang Lulusan Akmil dan Akpol
Para perwira lulusan Akmil dan Akpol memiliki keterampilan kepemimpinan yang berharga untuk dunia bisnis dan pemerintahan.
Context.id | 28-10-2024
A modern exploration of business, societies, and ideas.
Powered by Bisnis Indonesia.
Copyright © 2024 - Context
Copyright © 2024 - Context