Stories - 11 September 2024

Google Kehilangan Marwahnya Sebagai Mesin Pencari

Apa benar Google mulai ditinggalkan GenZ?


Ilustrasi \\\\\\\\\\\\\\\'googling\\\\\\\\\\\\\\\' - Unsplash

Context.id, JAKARTA - Semenjak Google hadir dan mengenalkan diri sebagai mesin pencari, kata ‘Google’ bertransformasi dari yang hanya sebuah nama menjadi sebuah kata kerja.

Kalau kamu termasuk generasi Baby Boomers atau Milenial, pasti beberapa kali, atau mungkin sering menggunakan kata ‘googling’ sebagai kata ganti ‘searching’. Hal ini tak lepas dari kebiasaan banyak orang untuk melakukan pencarian dengan Google.

Telah lama Google menjadi top of mind bagi mesin pencarian di internet. Tapi, marwah Google tersebut sepertinya telah menurun. Terutama ketika GenZ mulai mengambil alih internet dari generasi-generasi sebelumnya.

Munculnya teknologi baru dan preferensi yang terus berkembang, studi dari Business Insider menunjukkan bahwa GenZ lebih suka menggunakan kata ‘mencari’ atau ‘searching’ dibandingkan dengan ‘googling’.

Hal ini bisa terjadi karena GenZ tumbuh di era pasca-Google, Orkut, ataupun Facebook. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton video pendek, terutama di Instagram dan juga TikTok.



Medsos Mesin Pencari

Mengutip dari Bernstein Research, saat ini generasi muda lebih suka menggunakan aplikasi media sosial untuk melakukan pencarian dan mendapatkan rekomendasi terkait informasi baru. 

Saat ini, hampir semua media sosial telah menyematkan fitur ‘search’ yang memudahkan pengguna untuk melakukan pencarian terkait sebuah informasi.

Tapi, beda dengan Google, di platform medsos, biasanya informasi yang didapatkan berasal dari sebuah konten, baik itu foto ataupun video.

Selain itu, kerja mesin pencari juga mulai digantikan oleh kecerdasan buatan, salah satunya adalah ChatGPT.

Terkait AI, Google dan Microsoft pun tidak mau kalah. Mereka juga telah mengembangkan AI-nya sendiri melalui Gemini dan CoPilots.

Google Bakal Ditinggalkan?

Bagi sejumlah generasi digital GenZ yang lahir pada 1997 hingga 2014, mungkin Google sudah menjadi ‘masa lalu’. Kemudian, muncul ketakutan bahwa Google akan benar-benar ditinggalkan.

Tapi, nampaknya Sundar Pichai masih bisa bernafas lega. Sebab menurut sebuah jurnal, meskipun banyak yang meninggalkan, Google masih tetap mendominasi sebagai mesin pencari bagi para Gen Z.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Jam Kerja Rendah Tapi Produktivitas Tinggi, Berkaca dari Jerman

Data OECD menunjukkan bmeskipun orang Jerman hanya bekerja rata-rata 1.340 jam per tahun, partisipasi perempuan yang tinggi dan regulasi bagus mem ...

Context.id | 29-10-2024

Konsep Adrenal Fatigue Hanyalah Mitos dan Bukan Diagnosis yang Sahih

Konsep adrenal fatigue adalah mitos tanpa dasar ilmiah dan bukan diagnosis medis sah yang hanyalah trik marketing dari pendengung

Context.id | 29-10-2024

Dari Pengusaha Menjadi Sosok Dermawan; Tren Filantropis Pendiri Big Tech

Banyak yang meragukan mengapa para taipan Big Tech menjadi filantropi, salah satunya tudingan menghindari pajak

Context.id | 28-10-2024

Dari Barak ke Ruang Rapat: Sepak Terjang Lulusan Akmil dan Akpol

Para perwira lulusan Akmil dan Akpol memiliki keterampilan kepemimpinan yang berharga untuk dunia bisnis dan pemerintahan.

Context.id | 28-10-2024