Stories - 09 September 2024

Ilmuwan Tak Sengaja Temukan Hiu Berukuran Raksasa, Mirip di Film Jaws?

Sebuah penelitian menemukan adanya hal janggal, yakni adanya kemungkinan hiu raksasa yang tidak diketahui sebelumnya.

Ilustrasi hiu raksasa - imdb

Context.id, JAKARTA - Semua ini bermula dari sekelompok ilmuwan kelautan yang biasa melacak hiu porbeagle betina yang sedang hamil. Bukan, bukan ini monster yang dimaksud.

Hiu porbeagle memang bukan hiu terbesar di lautan. Berkeliaran di perairan Samudra Atlantik Barat Laut, hiu porbeagle dapat tumbuh hingga 12 kaki, dan beratnya bisa mencapai 500 pon.

Rentang hidupnya pun panjang, yakni sampai 30-40 tahun, bahkan hingga 65 tahun. Tapi sayangnya, tidak dengan hiu porbeagle betina hamil yang sedang diteliti oleh para ilmuwan tersebut.

Secara mendadak, penelitian yang dilakukan tersebut harus berakhir pada 2021. Ini terjadi karena hiu porbeagle tersebut ditemukan mati, tapi penyebabnya masih menjadi misteri.

Kini, studi terbaru dalam jurnal Frontiers In Marine Science, menyebutkan bahwa ada tanda-tanda porbeagle yang muncul ke permukaan laut. Klaim tersebut terjadi setelah sinyal dari porbeagle terdeteksi oleh satelit.

Dari studi tersebut, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, ada sesuatu yang memakan porbeagle. Kedua, kemungkinan besar ‘monster’ tersebut adalah hiu yang lebih besar.

"Ini adalah peristiwa pemangsaan hiu porbeagle pertama yang terdokumentasikan di seluruh dunia," kata Brooke Anderson, seorang ahli biologi kelautan.

Teka-teki Monster Pembunuh

Berdasarkan iklim tempat dan waktu hiu porbeagle tersebut mati, para peneliti mengidentifikasi dua tersangka, yakni hiu mako sirip pendek atau hiu putih raksasa.

Alasannya sederhana, karena ukuran keduanya lebih besar dari hiu porbeagle. Mako sirip pendek bisa tumbuh hingga 13 kaki, sedikit lebih panjang dari porbeagle, dan memiliki beban dua kali lebih berat.

Sedangkan hiu putih raksasa bisa tumbuh hingga 20 kaki, dan beratnya bisa mencapai 4.000 pon. Hiu ini suka berburu hewan-hewan besar, seperti paus, lumba-lumba, dan anjing laut.

Para peneliti menyebutkan bahwa hiu putih raksasa kemungkinan besar dengan mudah mengalahkan hiu porbeagle. Sehingga, hiu ini merupakan kandidat tersangka yang lebih mungkin.

Tapi ini masih sebuah teori, dan jawaban dari semua penelitian yang dilakukan masih ‘mungkin’. Jadi, apakah ada hiu besar lainnya yang hidup di perairan kita?

Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Kenapa Konsumen Asia Suka Belanja Barang Mewah?

Konsumen Asia berkontribusi terhadap pertumbuhan industri barang mewah yang luar biasa di Eropa dan Amerika Serikat

Bumi Bakal Miliki Bulan Mini Selama September-November

Fenoma bulan mini juga ada pada 2006 lalu, sebuah asteroid kecil mengitari Bumi selama sekitar satu tahun dan diikuti asteroid lainnya

Iran Berhasil Luncurkan Satelit ke Luar Angkasa dengan Teknologi Terbaru

Pemerintah Barat menuding Iran bisa menggunakan teknologi terbaru itu untuk memperpendek jangka waktu nuklir antarbenua

Context.id | 17-09-2024

Generasi yang Potensial Berbisnis, Baby Boomers, Milenial atau Gen Z?

Baby Boomers itu memang sukses memindahkan kekayaannya, tapi bagaimana dengan bisnisnya? Siapakah yang cocok jadi penerusnya?