Stories - 25 July 2024

Kecerdasan Buatan Tunjang Kinerja Perbankan

Penggunaan AI meningkatkan efisiensi kinerja korporasi, terutama dalam hal pengelolaan Sumber Daya Manusia


Bank Danamon

Context.id, JAKARTA - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja korporasi, termasuk juga di dunia perbankan.

Hal itulah yang mendorong PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengintegrasikan solusi SAP Business AI, termasuk kopilot AI generatif Joule, ke dalam proses pengelolaan SDM perseroan.

Pengintegrasian ini membantu meningkatkan efisiensi tugas-tugas yang berhubungan dengan karyawan, mulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan.

Handri Yustanto, Business Process and Digitalization Head - Corporate Human Resources Bank Danamon, mengatakan, bank ini memiliki 856 kantor cabang, 60.000 ATM, dan layanan perbankan online.

Memiliki lebih dari 8.000 karyawan, Danamon menyadari pentingnya pengelolaan SDM yang efektif dan scalable. Untuk itu, Danamon memilih bermitra dengan SAP.



SAP Business AI menggabungkan berbagai inovasi AI yang dikembangkan berdasarkan data industri dan pengetahuan proses yang mendalam, dengan tetap mengedepankan praktik AI yang bertanggung jawab.

“Sejak 2017, kami telah memanfaatkan teknologi cloud SAP melalui SAP Success Factors. Pengintegrasian SAP Business AI ke dalam SAP SucessFactors mampu menyelaraskan kandidat yang dipersonalisasi dalam proses perekrutan, dan mengakses semua informasi melalui satu platform SDM yang terpusat," jelas Handri. 

Sentralisasi data ini juga membantu mengurangi risiko keamanan data, dengan memanfaatkan sistem keamanan dan manajemen basis data SAP.

Bank Danamon telah merasakan keberhasilan dari pemanfaatan otomatisasi dalam kegiatan operasional sumbeer daya manusia, sehingga mendukung keputusannya untuk mengintegrasikan solusi SAP Business AI.

“Implementasi SAP SuccessFactors dan kemudian SAP SuccessFactors WorkZone pada November 2022 berkontribusi signifikan, termasuk peningkatan operasional tanpa kertas, pengurangan tiket dukungan SDM, peningkatan pemberdayaan manajer, serta penyederhanaan proses-proses SDM,” ujarnya. 

Juli ini, Danamon menerima penghargaan 21st Infobank Banking Service Excellence 2024 untuk kategori Bank Konvensional dari Marketing Research Indonesia (MRI).

Untuk kategori Bank Konvensional, Danamon menerima 4 penghargaan yaitu Diamond Trophy - 20 Consecutive Years in Service Excellence, Golden Trophy – 5 Consecutive Years In Digital Channel, peringkat 1 The Best Teller dan peringkat 2 The Best Opening Account Via Mobile Application/Mobile Browser.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Inovasi Kesehatan Mental: Mengobati Depresi Melalui Aplikasi Digital

Aplikasi Rejoyn menawarkan solusi inovatif untuk mengobati depresi dengan latihan emosional yang \"mereset\" sirkuit otak

Context.id | 30-10-2024

Lewat Pertukaran Pelajar, Hubungan Indonesia-Kazakhstan Makin Erat

Hubungan Indonesia-Kazakhstan semakin erat melalui acara \"Kazakhstan-Indonesia Friendship Society\" dan program pertukaran pelajar untuk generasi ...

Helen Angelia | 30-10-2024

Jam Kerja Rendah Tapi Produktivitas Tinggi, Berkaca dari Jerman

Data OECD menunjukkan bmeskipun orang Jerman hanya bekerja rata-rata 1.340 jam per tahun, partisipasi perempuan yang tinggi dan regulasi bagus mem ...

Context.id | 29-10-2024

Konsep Adrenal Fatigue Hanyalah Mitos dan Bukan Diagnosis yang Sahih

Konsep adrenal fatigue adalah mitos tanpa dasar ilmiah dan bukan diagnosis medis sah yang hanyalah trik marketing dari pendengung

Context.id | 29-10-2024