Stories - 25 July 2024
Kecerdasan Buatan Tunjang Kinerja Perbankan
Penggunaan AI meningkatkan efisiensi kinerja korporasi, terutama dalam hal pengelolaan Sumber Daya Manusia
Context.id, JAKARTA - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja korporasi, termasuk juga di dunia perbankan.
Hal itulah yang mendorong PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengintegrasikan solusi SAP Business AI, termasuk kopilot AI generatif Joule, ke dalam proses pengelolaan SDM perseroan.
Pengintegrasian ini membantu meningkatkan efisiensi tugas-tugas yang berhubungan dengan karyawan, mulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan.
Handri Yustanto, Business Process and Digitalization Head - Corporate Human Resources Bank Danamon, mengatakan, bank ini memiliki 856 kantor cabang, 60.000 ATM, dan layanan perbankan online.
Memiliki lebih dari 8.000 karyawan, Danamon menyadari pentingnya pengelolaan SDM yang efektif dan scalable. Untuk itu, Danamon memilih bermitra dengan SAP.
BACA JUGA
- Upaya Reda Gaudiamo Mendorong Akses Literasi Anak
- Roti Berbahan Kosmetik, Bagaimana Aturan BPOM dan Kemenkes Soal Bahan Penga
- Pentingnya Imajinasi Bagi Anak
SAP Business AI menggabungkan berbagai inovasi AI yang dikembangkan berdasarkan data industri dan pengetahuan proses yang mendalam, dengan tetap mengedepankan praktik AI yang bertanggung jawab.
“Sejak 2017, kami telah memanfaatkan teknologi cloud SAP melalui SAP Success Factors. Pengintegrasian SAP Business AI ke dalam SAP SucessFactors mampu menyelaraskan kandidat yang dipersonalisasi dalam proses perekrutan, dan mengakses semua informasi melalui satu platform SDM yang terpusat," jelas Handri.
Sentralisasi data ini juga membantu mengurangi risiko keamanan data, dengan memanfaatkan sistem keamanan dan manajemen basis data SAP.
Bank Danamon telah merasakan keberhasilan dari pemanfaatan otomatisasi dalam kegiatan operasional sumbeer daya manusia, sehingga mendukung keputusannya untuk mengintegrasikan solusi SAP Business AI.
“Implementasi SAP SuccessFactors dan kemudian SAP SuccessFactors WorkZone pada November 2022 berkontribusi signifikan, termasuk peningkatan operasional tanpa kertas, pengurangan tiket dukungan SDM, peningkatan pemberdayaan manajer, serta penyederhanaan proses-proses SDM,” ujarnya.
Juli ini, Danamon menerima penghargaan 21st Infobank Banking Service Excellence 2024 untuk kategori Bank Konvensional dari Marketing Research Indonesia (MRI).
Untuk kategori Bank Konvensional, Danamon menerima 4 penghargaan yaitu Diamond Trophy - 20 Consecutive Years in Service Excellence, Golden Trophy – 5 Consecutive Years In Digital Channel, peringkat 1 The Best Teller dan peringkat 2 The Best Opening Account Via Mobile Application/Mobile Browser.
Penulis : Noviarizal Fernandez
Editor : Wahyu Arifin
MORE STORIES
Inovasi Kesehatan Mental: Mengobati Depresi Melalui Aplikasi Digital
Aplikasi Rejoyn menawarkan solusi inovatif untuk mengobati depresi dengan latihan emosional yang \"mereset\" sirkuit otak
Context.id | 30-10-2024
Lewat Pertukaran Pelajar, Hubungan Indonesia-Kazakhstan Makin Erat
Hubungan Indonesia-Kazakhstan semakin erat melalui acara \"Kazakhstan-Indonesia Friendship Society\" dan program pertukaran pelajar untuk generasi ...
Helen Angelia | 30-10-2024
Jam Kerja Rendah Tapi Produktivitas Tinggi, Berkaca dari Jerman
Data OECD menunjukkan bmeskipun orang Jerman hanya bekerja rata-rata 1.340 jam per tahun, partisipasi perempuan yang tinggi dan regulasi bagus mem ...
Context.id | 29-10-2024
Konsep Adrenal Fatigue Hanyalah Mitos dan Bukan Diagnosis yang Sahih
Konsep adrenal fatigue adalah mitos tanpa dasar ilmiah dan bukan diagnosis medis sah yang hanyalah trik marketing dari pendengung
Context.id | 29-10-2024
A modern exploration of business, societies, and ideas.
Powered by Bisnis Indonesia.
Copyright © 2024 - Context
Copyright © 2024 - Context