Share

Home Stories

Stories 25 Juli 2024

Kecerdasan Buatan Tunjang Kinerja Perbankan

Penggunaan AI meningkatkan efisiensi kinerja korporasi, terutama dalam hal pengelolaan Sumber Daya Manusia

Bank Danamon

Context.id, JAKARTA - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja korporasi, termasuk juga di dunia perbankan.

Hal itulah yang mendorong PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengintegrasikan solusi SAP Business AI, termasuk kopilot AI generatif Joule, ke dalam proses pengelolaan SDM perseroan.

Pengintegrasian ini membantu meningkatkan efisiensi tugas-tugas yang berhubungan dengan karyawan, mulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan.

Handri Yustanto, Business Process and Digitalization Head - Corporate Human Resources Bank Danamon, mengatakan, bank ini memiliki 856 kantor cabang, 60.000 ATM, dan layanan perbankan online.

Memiliki lebih dari 8.000 karyawan, Danamon menyadari pentingnya pengelolaan SDM yang efektif dan scalable. Untuk itu, Danamon memilih bermitra dengan SAP.



SAP Business AI menggabungkan berbagai inovasi AI yang dikembangkan berdasarkan data industri dan pengetahuan proses yang mendalam, dengan tetap mengedepankan praktik AI yang bertanggung jawab.

“Sejak 2017, kami telah memanfaatkan teknologi cloud SAP melalui SAP Success Factors. Pengintegrasian SAP Business AI ke dalam SAP SucessFactors mampu menyelaraskan kandidat yang dipersonalisasi dalam proses perekrutan, dan mengakses semua informasi melalui satu platform SDM yang terpusat," jelas Handri. 

Sentralisasi data ini juga membantu mengurangi risiko keamanan data, dengan memanfaatkan sistem keamanan dan manajemen basis data SAP.

Bank Danamon telah merasakan keberhasilan dari pemanfaatan otomatisasi dalam kegiatan operasional sumbeer daya manusia, sehingga mendukung keputusannya untuk mengintegrasikan solusi SAP Business AI.

“Implementasi SAP SuccessFactors dan kemudian SAP SuccessFactors WorkZone pada November 2022 berkontribusi signifikan, termasuk peningkatan operasional tanpa kertas, pengurangan tiket dukungan SDM, peningkatan pemberdayaan manajer, serta penyederhanaan proses-proses SDM,” ujarnya. 

Juli ini, Danamon menerima penghargaan 21st Infobank Banking Service Excellence 2024 untuk kategori Bank Konvensional dari Marketing Research Indonesia (MRI).

Untuk kategori Bank Konvensional, Danamon menerima 4 penghargaan yaitu Diamond Trophy - 20 Consecutive Years in Service Excellence, Golden Trophy – 5 Consecutive Years In Digital Channel, peringkat 1 The Best Teller dan peringkat 2 The Best Opening Account Via Mobile Application/Mobile Browser.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

Stories 25 Juli 2024

Kecerdasan Buatan Tunjang Kinerja Perbankan

Penggunaan AI meningkatkan efisiensi kinerja korporasi, terutama dalam hal pengelolaan Sumber Daya Manusia

Bank Danamon

Context.id, JAKARTA - Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) sangat dibutuhkan dalam menunjang kinerja korporasi, termasuk juga di dunia perbankan.

Hal itulah yang mendorong PT Bank Danamon Indonesia Tbk mengintegrasikan solusi SAP Business AI, termasuk kopilot AI generatif Joule, ke dalam proses pengelolaan SDM perseroan.

Pengintegrasian ini membantu meningkatkan efisiensi tugas-tugas yang berhubungan dengan karyawan, mulai dari perencanaan hingga pengambilan keputusan.

Handri Yustanto, Business Process and Digitalization Head - Corporate Human Resources Bank Danamon, mengatakan, bank ini memiliki 856 kantor cabang, 60.000 ATM, dan layanan perbankan online.

Memiliki lebih dari 8.000 karyawan, Danamon menyadari pentingnya pengelolaan SDM yang efektif dan scalable. Untuk itu, Danamon memilih bermitra dengan SAP.



SAP Business AI menggabungkan berbagai inovasi AI yang dikembangkan berdasarkan data industri dan pengetahuan proses yang mendalam, dengan tetap mengedepankan praktik AI yang bertanggung jawab.

“Sejak 2017, kami telah memanfaatkan teknologi cloud SAP melalui SAP Success Factors. Pengintegrasian SAP Business AI ke dalam SAP SucessFactors mampu menyelaraskan kandidat yang dipersonalisasi dalam proses perekrutan, dan mengakses semua informasi melalui satu platform SDM yang terpusat," jelas Handri. 

Sentralisasi data ini juga membantu mengurangi risiko keamanan data, dengan memanfaatkan sistem keamanan dan manajemen basis data SAP.

Bank Danamon telah merasakan keberhasilan dari pemanfaatan otomatisasi dalam kegiatan operasional sumbeer daya manusia, sehingga mendukung keputusannya untuk mengintegrasikan solusi SAP Business AI.

“Implementasi SAP SuccessFactors dan kemudian SAP SuccessFactors WorkZone pada November 2022 berkontribusi signifikan, termasuk peningkatan operasional tanpa kertas, pengurangan tiket dukungan SDM, peningkatan pemberdayaan manajer, serta penyederhanaan proses-proses SDM,” ujarnya. 

Juli ini, Danamon menerima penghargaan 21st Infobank Banking Service Excellence 2024 untuk kategori Bank Konvensional dari Marketing Research Indonesia (MRI).

Untuk kategori Bank Konvensional, Danamon menerima 4 penghargaan yaitu Diamond Trophy - 20 Consecutive Years in Service Excellence, Golden Trophy – 5 Consecutive Years In Digital Channel, peringkat 1 The Best Teller dan peringkat 2 The Best Opening Account Via Mobile Application/Mobile Browser.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin


RELATED ARTICLES

Hitungan Prabowo Soal Uang Kasus CPO Rp13,2 Triliun, Bisa Buat Apa Saja?

Presiden Prabowo Subianto melakukan perhitungan terkait uang kasus korupsi CPO Rp13,2 triliun yang ia sebut bisa digunakan untuk membangun desa ne ...

Renita Sukma . 20 October 2025

Polemik IKN Sebagai Ibu Kota Politik, Ini Kata Kemendagri dan Pengamat

Terminologi ibu kota politik yang melekat kepada IKN dianggap rancu karena bertentangan dengan UU IKN. r n r n

Renita Sukma . 18 October 2025

Dilema Kebijakan Rokok: Penerimaan Negara Vs Kesehatan Indonesia

Menkeu Purbaya ingin menggairahkan kembali industri rokok dengan mengerem cukai, sementara menteri sebelumnya Sri Mulyani gencar menaikkan cukai d ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 15 October 2025

Di Tengah Ketidakpastian Global, Emas Justru Terus Mengkilap

Meskipun secara historis dianggap sebagai aset lindung nilai paling aman, emas kerap ikut tertekan ketika terjadi aksi jual besar-besaran di pasar ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 13 October 2025