Stories - 18 June 2024

Kontribusi Turnamen Euro 2024 Bagi Perekonomian Jerman

Kehadiran para pendukung setiap kontestan, diperkirakan akan memberi Jerman tambahan 1 miliar euro.


Pendukung Jerman dan Skotlandia berpose di depan trofi buatan sebelum pertandingan kedua negara/ Reuters

Context.id, JAKARTA - Turnamen speakbola Piala Eropa 2024 berkontribusi terhadap perekonomian Jerman selaku tuan rumah.

Sebuah studi menyebutkan, salah satu kontribusi dari kejuaraan itu adalah peningkatan perekonomian dari sektor pariwsiata. Kehadiran para pendukung setiap kontestan, diperkirakan akan memberi Jerman tambahan 1 miliar euro.

Hal ini akan meningkatkan output perekonomian negara tersebut sekitar 0,1 persen pada kuartal kedua, menurut studi yang dilakukan oleh Ifo Institute di Munich, sebagaimana dilansir dari politico.eu, Selasa (18/6/2024).

Menurut Gerome Wolf, peneliti dari Ifo Institute, pada awal Piala Dunia 2006 di Jerman, kedatangan dan penginapan tamu asing masing-masing meningkat sebesar 25 persen.

"Jika kita menjadikannya sebagai dasar untuk Kejuaraan Eropa 2024, kita dapat mengharapkan lebih dari 600.000 wisatawan asing tambahan dan 1,5 juta tambahan penginapan selama kejuaraan,” katanya.



Namun, dampaknya hanya bersifat jangka pendek, artinya ekspor jasa akibat banyaknya wisatawan yang kembali ke negaranya setelah berakhirnya Euro 2024 kemungkinan akan turun lagi pada kuartal ketiga dan secara seimbang akan tetap sama.

Reuters menyatakan, kehadiran wisatawan sangat disambut baik oleh Jerman karena 2023 merupakan tahun yang sulit bagi industri bir, dengan penjualan di negara tersebut yang turun sebesar 4,5% menjadi 8,4 miliar liter, melanjutkan tren penurunan jangka panjang, menurut data pemerintah.

Selain sektor pariwisata, termasuk industri makanan dan minuman, sektor lain yang akan terdampak adalah properti yakni penyewaan apartemen yang diperkirakan akan melonjak berkat kedatangan para pendukung tim sepakbola di negeri itu.

Adapuin kejuaraan sepak bola Eropa, yang sejauh ini telah dimenangkan Jerman tiga kali akan berlangsung di 10 stadion di negara itu mulai dari Olympiastadion Berlin hingga Volksparkstadion di Hamburg.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Hasil Investigasi: Roblox Dianggap Abaikan Keselamatan Anak

Roblox mengabaikan keselamatan anak, membiarkan konten berbahaya dan pelecehan seksual daring merajalela

Context.id | 18-10-2024

Diawali dari Karya Seni, Robot akan Bisa Bikin Apa Lagi?

Teknologi robot mencatat sejarah dengan keberhasilan membuat lukisan yang bahkan dijual di rumah lelang bergengsi. Tanda robot semakin humanis?

Context.id | 17-10-2024

Posisi Pusat Keuangan Global Swiss Diincar Hong Kong dan Singapura

Jaminan keamanan dan kerahasiaan perbankan Swiss mulai diragukan. Hong Kong dan Singapura ingin merebut posisi pusat keuangan global dari Swiss

Context.id | 17-10-2024

Kolaborasi Prada dan Axiom Space untuk Pakaian Astronaut di Bulan

Prada, jenama fesyen dunia ikut berkontribusi dalam membuat pakaian astronaut yang tahan cuaca ekstrem untuk misi di bulan

Context.id | 17-10-2024