Stories - 10 June 2024

Gema Persaudaraan dari Tepi Jakarta

Peringatan 150 Tahun Gereja Kristen Pasundan Kampung Sawah


Jalan santai lintas iman yang diselenggarakan oleh Gereja Kristen Pasundan (GKP) Kampung Sawah, Sabtu (8/6/2024).

Context.id, JAKARTA - Kampung Sawah di Kecamatan Pondok Melati, Kota Bekasi terkenal sebagai daerah majemuk yang warganya hidup berdampingan secara damai.

Semangat itu pula turut yang turut mewarnai rangkaian peringatan ke 150 tahun berdirinya Gereja Kristen Pasundan (GKP) Jemaat Kampung Sawah. Kali ini, umat di sana mengusung tema Sinergi Kuat, Persaudaraan Erat.

Pendeta Yoga Willy Pratama, pimpinan jemaat setempat menjelaskan bahwa pemilihan tema itu berangkat dari situasi Kampung Sawah yang mendapat warisan dari leluhur yaitu hidup berdampingan, besaudara, rukun dan guyub.

“Tapi untuk generasi muda nilai-nilai kearifan lokal itu sudah mulai dilupakan. Jadi kami sepakat bagaimana caranya yang sudah diwariskan bagi generasi saat ini bisa berlanjut ke generasi seterusnya. Dengan tema sinergi kuat diingatkan bahwa kita beragam, punya banyak potensi tapi kalau tidak bersinergi, tidak ada kerja sama, gotong royong itu, akan sia-sia. Jadi perlu bersinergi kerja sama gotong royong, karena yang besar akan menjadi ringan kalau kita tanggung bersama-sama.,” ujarnya saat ditemui Context, Sabtu (8/5/2024).

Dia melanjutkan, di tempat lain, mungkin masih bicara tentang toleransi, berangkat dari keadaan di mana orang mengedepankan perbedaan sehingga harus toleran. Tapi, katanya, di Kampung Sawah justru warga setempat menghayati kesamaan.



“Kita sama-sama orang Kampung Sawah mau asli mau pendatang, sudah sampai di sini harus jadi orang Kampung Sawah. Minum air, hirup udara dan tinggal di tanah Kampung Sawah harus hidup bersaudara rukun. Itu sudah jadi ciri khas Kampung Sawah. Jadi itulah latar belakangnya tema yang kami pilih ini,” ucapnya.

Menurutnya, momentum peringatan 150 tahun GKP Kampung Sawah, juga memberikan pesan bahwa Indonesia, termasuk di Kampung Sawah, dianugerahi dengan berbagai kebeeragaman yang tidak semua negara memiliki hal itu.

“Kita dan bersyukur di Kampung Sawah keragaman itu juga hadir. Sudah berabad-abad lamanya bahkan sebelum adanya NKRI dan Pancasila dicetuskan sebagai ideologi negara,” tuturnya.

Generasi pendahulu, tuturnya, sudah mempraktikkan kerukunan dalam seluruh aspek kehidupan. Tugas generasi saat ini, tuturnya, adalah memiliki kepedulian yang sama, empati, untuk melihat sesamanya yang berbeda itu sebagai saudara, bukan sebagai lawan atau musuh.

Persaudaraan itu harus ada keterbukaan, dan keberanian untuk saling mengenal dan memahami. Hanya dengan hal itu, dia yakin potensi konflik horizontal yang ada bisa diredam bahkan bisa dihilangkan sepenuhnya agar Indonesia khususnya Kampung Sawah menjadi tempat yang rukun, kampung yang selalu bertolong dan berbagi.

“Kekuatan yang bisa kita galang untuk menolak paham tertentu yang mudah sekali memecah belah bangsa ini. Dengan gerakan dari bawah kita berharap bahwa semua lapisan elemen masyarakat bisa diingatkan bahwa tidak ada cara lain untuk merawat bangsa kita selain hidup berdampingan, rukun saling menghargai, menghormati dalam persaudaraan,” pungkasnya.

Dalam memeriahkan peringatan itu, jemaat setempat menggelar berbagai kegiatan mulai dari jalan sehat lintas iman, pesta budaya rakyat, ibadat syukur dialog persaudaraan yang menghadirkan Habib Husein bin Ja’far Al Hadar dan malam puji-pujian sepanjaang Juni-Juli 2024.

 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Pengguna Mobil Apa yang Paling Pintar di Jalanan?

Pernah kesal dengan perilaku berkendara sebagian pengemudi mobil dengan brand tertentu? Ini riset yang mengkorelasikan brand mobil yang dikendarai ...

Fahri N. Muharom | 07-09-2024

Bagaimana Sepak Bola Tunanetra Dimainkan?

Atlet sepak bola tunanetra sangat hebat dalam menggunakan kesadaran ruang dan mampu memadukan kecepatan serta teknik bermain

Context.id | 06-09-2024

Nyetir Lebih dari Dua Jam Bisa Bikin Makin Bodoh?

Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mengemudi lebih dari dua jam sehari bisa menurunkan daya otak seseorang.

Naufal Jauhar Nazhif | 06-09-2024

Saat Hewan Ditugaskan Menjadi James Bond

Penggunaan hewan dalam kegiatan militer telah berlangsung selama bertahun-tahun baik itu untuk kegiatan mata-mata atau untuk penyerangan.

Context.id | 05-09-2024