Stories - 22 May 2024

Mengapa Presiden Iran Menggunakan Heli Usang Peninggalan Rezim Shah?

Raisi pada saat kejadian menaiki helikopter lawas buatan AS Bell Textron dengan jenis Bell 212 yang sudah beroperasi sejak 1960an


Helikopter Bell 212/Istimewa

Context.id, JAKARTA - Kematian Presiden Iran Ebrahim Raisi, Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian dan pejabat lain akibat kecelakaan helikopter pada hari Minggu (19/5) di wilayah perbatasan Iran-Azerbaijan menimbulkan duka yang mendalam.

Saat itu Raisi dan beberapa pejabat Iran sedang melakukan perjalanan kembali ke Teheran setelah bertemu dengan presiden Azerbaijan untuk meresmikan bendungan baru di tengah cuaca mendung dan berkabut tebal.

Melansir Forbes, selain visibilitas dan cuaca yang kurang mendukung juga terdapat masalah lain yang diduga menyebabkan kejadian tersebut, yaitu permasalahan suku cadang helikopter yang digunakan Raisi.

Sebagai informasi, Raisi pada saat kejadian disebut-sebut menaiki helikopter lawas buatan perusahaan Amerika Serikat Bell Textron dengan jenis Bell 212 yang diperkirakan telah beroperasi sejak 1960 an.

Adapun jenis Helikopter tersebut memiliki spesialisasi di bidang militer dan juga dapat digunakan untuk keadaan darurat. 

Namun, model helikopter yang dinaiki Ebrahim Raisi merupakan model usang alias sudah beroperasi lebih dari setengah abad sehingga sudah tidak prima untuk dikendarai di medan yang sulit. 

Terlebih lagi, Iran telah menerima sanksi dari Amerika dan negara barat lainnya sejak perang Iran-Irak 1980-1988 sehingga membuat Negeri Para Mullah ini kesulitan untuk mendapatkan suku cadang helikopter dan peralatan militer lainnya. 

Alhasil banyak armada militer yang digunakan rezim Teheran saat ini berusia lebih dari 40 hingga 50 tahun peninggalan Rezim Shah dan sulit untuk diperbaharui. 

Teheran hingga saat ini dikabarkan masih terus mengoperasikan sejumlah pesawat peninggalan Shah itu dengan mengkanibalkan armada yang ada untuk merekayasa balik bagian-bagian yang sangat dibutuhkan.

Sementara sekutu terdekatnya Rusia yang sedang menginvasi Ukraina tidak begitu efektif untuk memasok suku cadang dan dukungan teknis kepada Iran.

China juga yang sudah  menandatangani perjanjian strategis 25 tahun sejak 2021 lalu masih belum memasok perangkat militer berteknologi tinggi ke Teheran. 

Penulis: Candra Soemirat


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Pengguna Mobil Apa yang Paling Pintar di Jalanan?

Pernah kesal dengan perilaku berkendara sebagian pengemudi mobil dengan brand tertentu? Ini riset yang mengkorelasikan brand mobil yang dikendarai ...

Fahri N. Muharom | 07-09-2024

Bagaimana Sepak Bola Tunanetra Dimainkan?

Atlet sepak bola tunanetra sangat hebat dalam menggunakan kesadaran ruang dan mampu memadukan kecepatan serta teknik bermain

Context.id | 06-09-2024

Nyetir Lebih dari Dua Jam Bisa Bikin Makin Bodoh?

Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mengemudi lebih dari dua jam sehari bisa menurunkan daya otak seseorang.

Naufal Jauhar Nazhif | 06-09-2024

Saat Hewan Ditugaskan Menjadi James Bond

Penggunaan hewan dalam kegiatan militer telah berlangsung selama bertahun-tahun baik itu untuk kegiatan mata-mata atau untuk penyerangan.

Context.id | 05-09-2024