Stories - 26 April 2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya


orang kaya dan orang miskin/Kuy

Context.id, JAKARTA - Menurut sebuah penelitian status kelas sosial seseorang dapat dilihat dari wajahnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Toronto pada 2017 lalu menjelaskan bahwa dengan fitur wajah unik dapat menjadi penilaian kelas sosial. 

Melalui artikel yang dipublikasikan Journal of Personality and Social Psychology, akurasi dari penelitian itu mencapai 53%. Riset itu dilakukan melalui survei kepada orang-orang yang diminta untuk menebak status kelas sosial orang lain melalui sebuah foto. 

Nicholas Rule, penulis dari studi tersebut menyampaikan bahwa wajah seseorang dapat menggambarkan kondisinya. “Seiring waktu, wajah Anda secara permanen mencerminkan dan mengungkapkan pengalaman Anda,” ucapnya 

Rachael E. Jack, Professor Computational Social Cognition mengatakan bahwa pada bagian tertentu dalam wajah memiliki pengaruh yang tinggi terhadap persepsi orang lain. 

“Bagaimana atribut wajah tertentu memainkan peran penting dalam menghubungkan persepsi kelas sosial dengan stereotip terkait” katanya 

Sementara itu, menurut jurnal dari APA Journal of Experimental Psychology mengatakan bahwa seseorang dengan status kelas ekonomi menengah ke atas yaitu kaya memiliki ciri-ciri wajah yang lebih sempit, bibir yang tersenyum dan terangkat, alis yang terangkat, jarak antara mata yang lebih dekat, serta kulit yang cerah dan hangat. 

Penulis studi R. Thora Bjornsdottir mengatakan bahwa manusia seringkali dinilai berdasarkan status sosial mereka, baik tinggi maupun rendah, dan penilaian tersebut dapat dipengaruhi oleh penampilan wajah. 

Penulis: Diandra Zahra


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Catat Sejarah! Indonesia Berlaga di Final Thomas dan Uber Cup 2024

Tim nasional bulu tangkis Indonesia mencatat momen bersejarah karena berhasil menembus final Piala Thomas dan Piala Uber 2024 secara bersamaan

Context.id | 06-05-2024

Visa Umrah dan Haji Arab Saudi Semakin Ketat, Bagaimana Prosedurnya?

Kerajaan Arab Saudi hanya mengizinkan tiga jenis visa yang bisa digunakan untuk melakukan ibadah haji dan memperketat visa umrah.

Context.id | 06-05-2024

Lingkungan Rusak, Jumlah Pendaki Anapurna dan Everest Akan Dibatasi!

Mahkamah Agung Nepal memerintahkan pemerintahnya membatasi jumlah pendaki di pegunungan mereka

Context.id | 06-05-2024

Subsidi Transportasi Jabodetabek Tak Tepat Sasaran?

Tarif KRL Jabodetabek tidak mengalami penyesuaian atau kenaikan sejak 2016.

Noviarizal Fernandez | 06-05-2024