Stories - 25 April 2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar


Ilustrasi Duck Syndrome/Harvard Crimson

Context.id, JAKARTA - Duck Syndrome adalah istilah populer di kalangan mahasiswa Stanford yang bermakna jika seseorang sedang berjuang untuk bertahan diri dari tekanan lingkungan yang kompetitif tetapi tetap memberikan citra yang santai dan positif.

Melansir The Stanford Daily, istilah Duck Syndrome ini berasal dari sebuah citra bebek yang tenang saat mengapung diatas permukaan air, tetapi mendayungkan kakinya dengan kuat di bawah permukaan.

Hal ini sama seperti seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi diam-diam berusaha keras untuk menjaga semuanya tetap terkendali maka kondisi ini disebut sebagai Duck Syndrome.

Kendati demikian, hal ini tentunya membuat beberapa orang menjadi memiliki sifat negatif dan tentunya membahayakan bagi dirinya.

Karena jika seseorang mengalami Duck Syndrome, maka sudah dipastikan jika mereka memiliki perasaan khawatir dan suka membandingkan diri dengan orang lain secara berlebihan.

Padahal perilaku tersebut nantinya dapat memicu penyakit yang lebih serius seperti kecemasan sosial, dan depresi klinis.

Tak hanya itu, penelitian dari Universitas Stanford juga menyatakan jika media sosial seringkali memiliki peran dalam menciptakan kondisi Duck Syndrome pada preferensi seseorang.

Karena dalam media sosial, seseorang seringkali menipu orang lain dengan memposting kehidupan mereka yang sudah difilter, hal semacam ini lah yang terkadang menimbulkan rasa suka membandingkan kehidupan dengan orang lain.

Hasilnya, beberapa orang akhirnya jatuh ke dalam perangkap tersebut dan berpikir bahwa mereka sendirian dalam sebuah perjalanan ini, dan orang lain tidak merasakan tantangan yang sama seperti mereka.

Adapun penelitian lainnya mengungkapkan jika penyebab yang sering dikaitkan dengan Duck Syndrome adalah faktor keluarga. 

Seringkali para orang tua banyak menuntut anak mereka, mulai dari mendapatkan nilai tinggi dalam pelajaran, juara di bidang olahraga dan terlalu protektif terhadap anak-anak mereka.

Hal ini menyebabkan menjadi bersifat perfeksionis, terlalu kritis terhadap diri sendiri dan takut jika harga dirinya dipandang rendah oleh orang lain sejak dini.

Meskipun demikian, Duck Syndrome belum termasuk sebagai sebuah penyakit mental, namun ada beberapa gejala yang dapat dirasakan bagi mereka yang mengidap sindrom ini.

Melansir Medicine News, seseorang yang mengidap Duck Syndrome biasanya memiliki perasaan yang buruk tentang diri sendiri, merasa orang lain lebih baik dari dirinya, sering merasa kewalahan dan selalu merasa jika orang lain sedang menguji kemampuan kita.

Kendati demikian, saat ini sudah terdapat beberapa pengobatan yang berbasiskan terapi untuk mengurangi kondisi medis sindrom ini, seperti Psikoterapi, Terapi Interpersonal (ITP) dan Terapi Perilaku Kognitif (CBT).

Penulis: Candra Sumirat


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Mengintip Kiprah Kaum Muda Selamatkan Lingkungan Laut

DAC merupakan sebuah organisasi nirlaba pemuda yang bergerak dalam bidang lingkungan dengan fokus permasalahan sampah plastik di laut.

Noviarizal Fernandez | 03-05-2024

Daftar Negara yang Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Israel

Beberapa negara telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Israel karena tidak setuju tindakan genosida di Gaza

Context.id | 03-05-2024

Menlu Inggris: Pembentukan Negara Palestina Kunci Perdamaian Timur Tengah

Pembangunan permukiman ilegal Israel jadi hambatan utama kedaulatan Palestina.

Context.id | 02-05-2024

Ki Hadjar Dewantara: Bangsawan, Politikus dan Pendidik

Dia bergerak melalui idealisme pendidikan dan nilai-nilai intelektual untuk ikut berjuang membebaskan Indonesia dari penjajahan.

Context.id | 02-05-2024