Stories - 04 March 2024

Sempat Disetop, Uni Eropa Kembali Kucurkan Dana ke UNRWA

Komisi Uni Eropa mengucurkan dana 68 Juta Euro atau sekitar Rp1,16 Triliun kepada UNRWA untuk membantu warga Palestina


Ilustrasi Dana UNRWA - Puspa Larasati

Context.id, JAKARTA - Komisi Uni Eropa akan menambahkan 68 Juta Euro atau sekitar Rp1,16 Triliun sebagai bantuan kepada Palestina yang akan diberikan melalui mitra internasional seperti palang merah dan bulan sabit merah.

"Kami mendukung rakyat Palestina di Gaza dan di tempat lain di wilayah ini. Warga Palestina yang tidak bersalah seharusnya tidak harus membayar harga atas kejahatan kelompok teroris Hamas” ucap Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dalam keterangan resminya, seperti dikutip, Senin (4/3). 

Menurut Ursula, rakyat Palestina di Gaza menghadapi kondisi yang mengerikan dan membahayakan nyawa mereka karena kurangnya akses terhadap makanan dan kebutuhan dasar lainnya. 

"Itulah sebabnya kami Uni Eropa memperkuat dukungan kepada mereka tahun ini dengan tambahan dana sebesar EUR 68 juta." lanjutnya.

Adapun pada sebelumnya, Uni Eropa telah menyumbangkan 82 Juta Euro untuk bantuan kepada rakyat Palestina di Gaza kepada UNRWA untuk jangka 2024 ini.

Namun, pihak komisi menahan pembayaran tersebut dikarenakan adanya indikasi keikutsertaan staf UNRWA dalam serangan ke Israel 7 Oktober 2023 lalu.

Alasannya, Israel menuduh ada 12 staf UNRWA yang  terlibat dalam serangan kelompok Hamas yang menewaskan 1.200 orang dan menahan lebih dari 250 sandera.

Akibat tuduhan itu, UNRWA mengalami krisis operasional karena beberapa negara pendonor utama seperti Amerika Serikat, Inggris dan Uni Eropa menangguhkan pembayaran hingga masalah diselesaikan

Menanggapi tuduhan itu, UNRWA akhirnya memberhentikan semua staf yang dituduh dan segera melakukan investigasi lewat badan peninjau independen serta penguatan departemen investigasi internal dan tata kelola di lingkupnya.

Investigasi langsung yang yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pengawasan Internal PBB untuk menjelaskan tuduhan serius yang menimpa staf UNRWA disambut baik oleh Komisi Uni Eropa

UNRWA siap untuk memastikan tinjauan terhadap stafnya dilakukan untuk memastikan bahwa mereka tidak berpartisipasi dalam serangan tersebut dan kontrol lebih lanjut akan dilakukan untuk mengurangi risiko di masa depan. 

UNRWA juga telah menyetujui melakukan audit terhadap badan tersebut yang akan diljalankan para ahli eksternal yang ditunjuk oleh Uni Eropa. 

Audit ini nantinya akan digunakan untuk meninjau sistem kontrol dan mencegah kemungkinan keterlibatan staf dan aset-asetnya dalam kegiatan teroris lainnya.

Hingga pada Jumat lalu, UNRWA dan Komisi Uni Eropa telah mengkonfirmasi kesepahaman mereka tentang poin-poin yang harus diterima ini. 

Pada akhirnya, Komisi Uni Eropa akan melanjutkan pembayaran 50 Juta Euro minggu ini kepada UNRWA dan mengontrak 16 Juta Euro dengan 2 termin pembayaran, sehingga total keseluruhan bantuan Uni Eropa mencapai 150 Juta Euro.

"Transfer pertama sudah merupakan langkah penting untuk meringankan situasi di Gaza," kata kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Josep Borrell, di platform media sosial X.

"Dengan keputusan hari ini, Komisi mendiversifikasi bantuannya untuk rakyat Palestina yang tak berdosa di Gaza. Pada saat yang sama, komitmen UNRWA untuk memperkenalkan langkah-langkah yang kuat untuk mencegah kemungkinan terjadinya pelanggaran dan meminimalkan risiko tuduhan disambut baik.” ujar Komisar Olivér Várhelyi.

Di luar dukungannya untuk UNRWA, Komisi juga tetap berkomitmen penuh untuk mengatasi penderitaan kemanusiaan rakyat Palestina, terutama di Gaza dan juga secara lebih luas di wilayah tersebut

Penulis: Candra Soemirat


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Peran Penting Internet untuk Pendidikan di Sudut Lain Indonesia

Kehadiran internet di kota-kota besar mungkin sudah menjadi kebutuhan primer. Tapi, bagaimana di desa atau daerah terpencil yang belum terjamah?

Context.id | 19-09-2024

Industri Antariksa Asia Mulai Menyaingi AS dan Eropa

China, India dan Jepang membuka pintu bagi negara-negara Asia ikut dalam persaingan antariksa

Context.id | 19-09-2024

Lepas Tanggung Jawab Iklim, Perusahaan Energi Fosil Jadi Sponsor Olahraga

Lembaga penelitian iklim menemukan aliran dana besar perusahaan migas ke acara olahraga untuk mengelabui masyarakat soal krisis iklim\r\n

Context.id | 18-09-2024

Ini Rahasia Sukses Norwegia Mengganti Mobil Bensin dengan Listrik!

Norwegia, salah satu negara Nordik yang juga penghasil minyak dan gas terbesar di Eropa justru memimpin penggunaan mobil listrik

Context.id | 18-09-2024