Stories - 21 February 2024

Amunisi Baru Industri Gim Indonesia

Pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) No.19/2024 yang mengatur tentang percepatan perkembangan industri gim lokal.

Context.id, JAKARTA - Indonesia selama ini dikenal sebagai salah satu pasar gim yang paling menjanjikan di dunia. Jumlah peminat yang tinggi, talenta muda yang potensial, hingga prestasi di kancah dunia menjadi tandanya.

Data dari We Are Social mengungkapkan jumlah pengguna internet yang aktif bermain gim di Indonesia mencapai 94,9%. Angka ini membuat Indonesia duduk di peringkat kedua dunia setelah Filipina dengan jumlah 96,6%.

Sayangnya, selama ini industri gim di Indonesia didominasi oleh produk studio luar negeri. Industri gim lokal Indonesia masih sangat sulit untuk berkembang dan mendunia, salah satu alasannya adalah minimnya dukungan pemerintah atas ekosistem industri gim.

Menjawab masalah yang ada, pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) No.19/2024 mengeluarkan regulasi yang mengatur tentang percepatan perkembangan industri gim lokal.

Hal-hal utama yang dimuat di dalamnya ialah sumber pembiayaan, permodalan, dan penyediaan infrastruktur.



Proyek percepatan pengembangan industri gim lokal ini dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Pengarah.

Sementara, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengisi posisi sebagai Ketua Pelaksana Harian.

Melansir Hypeabis.id, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya dalam acara Weekly Brief with Sandi Uno mengungkapkan Perpres ini diharap bisa meningkatkan kualitas industri gim.

Mengingat sudah banyaknya prestasi yang dicapai pemain-pemain Indonesia di kancah dunia.

“Perlu regulasi yang clear, supaya bisa lebih cepat lagi menguasai pangsa pasar domestik dan bermain ke luar, jangan sampai industri gim nasional hanya didominasi produk luar," ucap Nia secara virtual, Senin (19/2/2024).

Pada tahun 2022, total unduhan gim mobile dari Google Play di Indonesia telah mencapai angka 3,45 miliar unduhan dalam setahun.

Sementara, pengeluaran yang dihabiskan oleh pengguna gim mobile di tahun tersebut mencapai nilai 370 juta USD atau setara Rp5,55 triliun.

Mengutip Perpres No.19/2024, pasar gim Indonesia diperkirakan memiliki nilai pasar hingga Rp36 triliun. Namun, kontribusi industri gim lokal dalam angka tersebut hanyalah sebesar 0,49% dan sisanya adalah produk industri gim asing.

Beberapa gim besutan studio lokal Indonesia sebenarnya telah berhasil menemui jalannya menuju pasar dunia, seperti DreadOut, gim horor dengan cerita, latar, hingga hantu yang khas dari Indonesia.

Gim ini berhasil menembus pasar dunia sejak tahun 2015 silam hingga merilis sekuelnya yang kedua, DreadOut II.

Hadir juga gim Coral Island, sebuah permainan simulator untuk bercocok tanam serupa gim legendaris yaitu Harvest Moon. Game besutan studio Stairway Games asal Jogja ini berhasil memasuki nominasi “Best Sit and Relax Game” dalam Steam Awards 2023.

Terbaru, ada gim bertajuk ‘A Space for the Unbound’ yang diproduksi oleh Mojiken Studio asal Surabaya dan Toge Productions asal Tangerang.

Gim pixel bertema petualangan dengan latar Indonesia di tahun 90-an ini berhasil mencetak tonggak sejarah baru sebagai gim Indonesia pertama yang masuk ke nominasi di ajang penghargaan gim paling bergengsi di dunia, The Game Awards 2023.

Melihat rekam jejak prestasi industri gim lokal yang cemerlang dan diakui di mata dunia, bukan tidak mungkin industri gim lokal dapat bertumbuh semakin subur.

Percepatan yang dilakukan melalui Perpres ini dapat menjadi langkah awal yang memercik kemajuan industri gim lokal agar semakin dikenal dan mendunia.

Penulis: Ridho Danu Prasetyo


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Pengguna Mobil Apa yang Paling Pintar di Jalanan?

Pernah kesal dengan perilaku berkendara sebagian pengemudi mobil dengan brand tertentu? Ini riset yang mengkorelasikan brand mobil yang dikendarai ...

Fahri N. Muharom | 07-09-2024

Bagaimana Sepak Bola Tunanetra Dimainkan?

Atlet sepak bola tunanetra sangat hebat dalam menggunakan kesadaran ruang dan mampu memadukan kecepatan serta teknik bermain

Context.id | 06-09-2024

Nyetir Lebih dari Dua Jam Bisa Bikin Makin Bodoh?

Sebuah studi di Inggris menemukan bahwa mengemudi lebih dari dua jam sehari bisa menurunkan daya otak seseorang.

Naufal Jauhar Nazhif | 06-09-2024

Saat Hewan Ditugaskan Menjadi James Bond

Penggunaan hewan dalam kegiatan militer telah berlangsung selama bertahun-tahun baik itu untuk kegiatan mata-mata atau untuk penyerangan.

Context.id | 05-09-2024