Stories - 31 January 2024

MotoGP 2024 Makin Bertabur Sponsor Indonesia

Beragam sponsor asal Tanah Air meramaikan tampilan motor dan perlengkapan balap sebagian tim peserta MotoGP 2024

Context.id, JAKARTA - Beragam sponsor asal Tanah Air meramaikan tampilan motor dan perlengkapan balap sebagian tim peserta MotoGP 2024. Beberapa di antaranya pun telah menggelar acara peluncuran resmi pada awal tahun ini.

Sebagai informasi, tim MotoGP yang telah menggelar launching tim pada Januari 2023, di antaranya Gresini Racing, Ducati Lenovo Team, Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Trackhouse Racing, dan GasGas Factory Racing Tech3.

Sementara pada bulan depan, akan menyusul peluncuran dari tim Monster Energy Yamaha, Red Bull KTM Factory Racing, Repsol Honda Team, LCR Honda, Aprilia Racing, dan Prima Pramac Racing.

Tim perdana yang melakukan peluncuran, Gresini Racing menjadi yang paling ramai bertabur sponsor asal Indonesia. Paling mencolok adalah logo Antangin yang berada di samping kiri-kanan kaca windshield motor Tim Gresini.

Logo Antangin juga secara mencolok berada di lengan dua pembalap Gresini Racing, kakak-beradik Marc Marquez dan Alex Marquez.



Beberapa brand lain yang identik dengan Indonesia adalah Federal Oil, Aspira, MS Glow for Men di sisi kanan-kiri motor, Bold Riders di bagian depan, serta sponsor Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berada di dalam winglet motor.

Sejak beberapa musim belakangan, tim asal Italia ini memang sudah banyak bermitra dengan brand atau jenama asal Indonesia. Bahkan, warganet biasa menyebutnya sebagai 'Ducati Antangin'.

Sementara itu, bergeser ke peluncuran tim juara bertahan, Ducati Lenovo alias Ducati Merah, secara umum memang tidak memiliki sponsor asal Indonesia di tampilan motornya.

Namun, merek helm asal Tanah Air menjadi equipment resmi dari dua pembalap yang akan memperkuat tim pabrikan Ducati ini.

Enea Bastianini resmi memakai helm KYT. Sementara sang juara dunia tahun lalu, Francesco 'Pecco' Bagnaia pun tetap memakai brand Suomy, helm balap asal Italia yang telah menjadi bagian dari KYT sejak diakuisisi pada 2014.

Beralih ke tim besutan legenda balap MotoGP, Valentino Rossi, sponsor asal Indonesia jelas mencolok karena PT Pertamina Lubricants mengambil naming rights tim ini selama tiga tahun, sehingga nama Pertamina Enduro VR46 akan bertahan sampai musim 2026.

Jenama pelumas pelat merah itu menampilkan Pertamina Enduro di spot utama, sisi kanan dan kiri motor. Selain itu, logo Pertamina turut dibawa ke bagian depan motor, beserta salah satu produk bahan bakarnya, Pertamina Turbo yang tertempel di bagian sepatbor depan motor.

Pada peluncuran tim baru-baru ini, Presiden Direktur Pertamina Lubricants Werry Prayogi pun turut hadir menjadi pembicara, menemani Rossi, Direktur VR46 Alessio 'Uccio' Salucci, dan duo pembalap Italia, Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio.

Sebagai sponsor utama, logo Pertamina Enduro juga akan tampil mencolok di bagian dada, lengan, dan paha baju tim kedua pembalap. Sementara itu, logo Pertamina Turbo juga terlihat muncul di bahu pembalap.


Penulis : Aziz Rahardyan

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024