Stories - 08 January 2024

Akankah Jokowi Hadiri HUT PDIP?

Kunjungan kepala negara ke tiga negara di Asean tersebut bukan dilakukan untuk menghindari perayaan HUT PDI Perjuangan.


Presiden Jokowi pada Peringatan HUT Ke-50 PDI Perjuangan, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/01/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Context.id, JAKARTA- Hubungan mesra antara Presiden Joko Widodo dan PDI Perjuangan dikabarkan makin renggang sehubungan rencana absennya mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat pelaksanaan ulang tahun partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Jokowi dikabarkan akan melangsungkan kunjungan kerja ke luar negeri. Presiden Ke-7 RI itu disebutkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke tiga negara di Asia Tenggara, yakni Vietnam, Filipina, dan Brunei Darusalam pada Selasa (9/1/2024) menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memastikan bahwa  kunjungan ke negara-negara Asean itu dikonfirmasi akan dilakukan selama satu pekan penuh. "Ada rencana ke beberapa negara di Asean," katanya, akhir pekan lalu.

Dia mengamini lantaran Jokowi akan berkunjung ke tiga negara tersebut selama sekitar sepekan, maka kemungkinan besar orang nomor satu di Indonesia itu pun tidak akan hadir dalam HUT PDIP yang akan digelar pada Rabu (10/1/2024).

Meski begitu, Ari memastikan bahwa kunjungan Kepala Negara ke tiga negara di Asean tersebut bukan dilakukan untuk menghindari HUT PDIP.

Menurutnya, hingga saat ini hubungan Jokowi dan PDIP tak merenggang meskipun diterpa dengan isu majunya Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo Subianto.

"Enggak lah. Pasti sudah ada rencana yang sudah diatur. Kami [Istana Kepresidenan] mengucapkan selamat ulang tahun, ya," pungkas Ari.

Jokowi memang membantah kabar tentang dirinya menghindari acara puncak perayaan ulang tahun partai berlogo banteng tersebut. Ia berdalih belum mendapatkan undangan perayaan HUT PDIP pada Rabu (10/1/2024) mendatang.

“[Saya] belum mendapatkan undangan,” ujar Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Kota Depok, Senin (8/1/2024).

Kerenggangan hubungan Jokowi dan PDIP terangkat ke publik setelah putranya, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Keduanya akan berhadapan dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dijagokan oleh PDI Perjuangan.
 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024