Stories - 08 January 2024

Akankah Jokowi Hadiri HUT PDIP?

Kunjungan kepala negara ke tiga negara di Asean tersebut bukan dilakukan untuk menghindari perayaan HUT PDI Perjuangan.


Presiden Jokowi pada Peringatan HUT Ke-50 PDI Perjuangan, di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Selasa (10/01/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Context.id, JAKARTA- Hubungan mesra antara Presiden Joko Widodo dan PDI Perjuangan dikabarkan makin renggang sehubungan rencana absennya mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat pelaksanaan ulang tahun partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Jokowi dikabarkan akan melangsungkan kunjungan kerja ke luar negeri. Presiden Ke-7 RI itu disebutkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke tiga negara di Asia Tenggara, yakni Vietnam, Filipina, dan Brunei Darusalam pada Selasa (9/1/2024) menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana memastikan bahwa  kunjungan ke negara-negara Asean itu dikonfirmasi akan dilakukan selama satu pekan penuh. "Ada rencana ke beberapa negara di Asean," katanya, akhir pekan lalu.

Dia mengamini lantaran Jokowi akan berkunjung ke tiga negara tersebut selama sekitar sepekan, maka kemungkinan besar orang nomor satu di Indonesia itu pun tidak akan hadir dalam HUT PDIP yang akan digelar pada Rabu (10/1/2024).

Meski begitu, Ari memastikan bahwa kunjungan Kepala Negara ke tiga negara di Asean tersebut bukan dilakukan untuk menghindari HUT PDIP.

Menurutnya, hingga saat ini hubungan Jokowi dan PDIP tak merenggang meskipun diterpa dengan isu majunya Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden (cawapres) dari Prabowo Subianto.

"Enggak lah. Pasti sudah ada rencana yang sudah diatur. Kami [Istana Kepresidenan] mengucapkan selamat ulang tahun, ya," pungkas Ari.

Jokowi memang membantah kabar tentang dirinya menghindari acara puncak perayaan ulang tahun partai berlogo banteng tersebut. Ia berdalih belum mendapatkan undangan perayaan HUT PDIP pada Rabu (10/1/2024) mendatang.

“[Saya] belum mendapatkan undangan,” ujar Jokowi usai meresmikan Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor, Kota Depok, Senin (8/1/2024).

Kerenggangan hubungan Jokowi dan PDIP terangkat ke publik setelah putranya, Gibran Rakabuming Raka maju sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto. Keduanya akan berhadapan dengan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dijagokan oleh PDI Perjuangan.
 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024