Stories - 28 April 2022

Jokowi Undang Ukraina ke G20, Momentum Perdamaian Dunia

Indonesia mengundang Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky untuk hadir dalam G20 yang berlangsung di Bali, November 2022 mendatang.


Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy saat menghadiri Eastern Partnership Summit di Belgia, Rabu (25/12/2021). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA – Indonesia diketahui telah mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk turut hadir dalam pertemuan internasional G20 yang akan berlangsung di Bali, November mendatang. 

“Saya telah berbicara dengan Presiden @Jokowi, terima kasih telah mengundang saya ke @g20org,” ujar Zelensky melalui akun Twitternya @ZelenskyyUa.

Dalam cuitan tersebut, Zelensky tidak mengatakan lebih lanjut tentang konfirmasi kehadirannya dalam perhelatan G20. Akan tetapi, jika Ukraina datang, pertemuan G20 berkemungkinan besar menjadi momentum perdamaian dunia.

Zelensky dan Jokowi juga membahas mengenai isu ketahanan pangan. Pasalnya, masalah pangan ini merupakan salah satu dampak utama yang ditimbulkan dari perang Rusia-Ukraina, mengingat kedua negara tersebut merupakan pemasok gandum terbesar di dunia. 

“Berterima kasih atas dukungan kedaulatan dan integritas teritorial (Ukraina), dan khususnya untuk posisi yang jelas di PBB. Isu ketahanan pangan telah didiskusikan,” ujar Zelensky.

Sebelumnya,ada permintaan dari Amerika Serikat dan anggota G7 (Prancis, Inggris, Jerman, Kanada, Italia, dan Jepang) untuk mengundang Ukraina dalam pertemuan G20. Negara-negara tersebut menuntut keterlibatan Zelensky paling tidak pada beberapa pertemuan. 

Apalagi setelah Indonesia menolak pencabutan undangan kepada Presiden Rusia Vladimir Putin. Lalu, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Ludmila Vorobyova juga menyatakan bahwa Putin berencana hadir  di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 atau acara puncak G20.

“Merujuk persiapan awal, Presiden Putin memastikan niatnya untuk datang ke Bali. Ia menanggapi dengan positif undangan Presiden Joko Widodo,” ujar Vorobyova melansir dari Tempo.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024