Share

Home Stories

Stories 09 Juni 2023

Ci Mehong Viral Jualan Makam, Potensi Bisnis Bercuan?

Ci Mehong menjadi sorotan publik tatkala menjual lahan kuburan di pemakaman.

Ilustrasi Lahan Pemakaman -Freepik-

Context.id, JAKARTA - Jagat TikTok dihebohkan dengan kehadiran pengusaha yang akrab disapa Ci Mehong. Wanita keturunan Tionghoa asal Aceh bernama asli Tjioe Nofia ini menjadi sorotan publik tatkala menjual lahan kuburan di pemakaman elit San Diego Hills. 

Awalnya, ia menjual kebutuhan konsumen berupa bahan mentah ataupun makanan siap saji di akun media sosialnya. Namun, banyak yang tak menyangka bahwa sosoknya yang terlihat apa adanya dan jenaka ikut terjun di dunia bisnis tanah makam. 

Sebenarnya, kegiatan tersebut telah digelutinya sejak 2014. Namun semenjak berita ini viral, Ci Mehong melebarkan sayap dengan menawarkan diri sebagai calo bagi pemilik tanah kuburan yang belum laku.

BACA JUGA    Kisah Tak Terduga Fryda Lucyana Balik ke Dunia Musik

Melihat jumlah masyarakat Indonesia yang memang cukup berlimpah dengan kondisi perkotaan yang padat membuat bisnis lahan pemakaman terlihat menarik bagi beberapa kalangan. Keterbatasan lahan merupakan alasan autentik bertumbuhnya peluang usaha ini.

Terdapat pembangunan khusus ‘perumahan orang mati’ yang sengaja disediakan oleh perusahaan, di antaranya Artha Graha yang menyiapkan tempat pemakaman megah bernama Graha Sentosa Memorial Park di Karawang Barat.

Lalu, Yayasan Al-Azhar yang membangun sebuah tempat pemakaman khusus muslim bernama Al-Azhar Memorial Garden yang berada pada tanah seluas 25 hektare di Jalan Raya Peruri, Desa Pinayungan, Telukjambe Timur, Karawang.

Kedua lokasi usaha pemakaman itu tidak hanya menawarkan lahan kosong untuk makam, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas mewah yang bisa dipergunakan oleh pengunjung ataupun pelayat.

BACA JUGA   Domain .id Kian Populer, Pengguna Terus Bertumbuh

Faktanya, banyak pembeli tanah kuburan justru memanfaatkannya sebagai ladang ‘cuan’ jangka panjang atau investasi. Pasalnya, harga tanah kuburan setiap tahunnya mengalami kenaikan.

Potensi bisnis ini juga sudah dilirik oleh investor asing pada 2015. Mengutip Bisnis.com, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerima minat penanaman modal dari investor asing untuk usaha penyediaan kuburan atau pemakaman senilai US$20 juta (setara Rp270 miliar saat itu dengan kurs Rp13.500 per dolar AS). 

Dalam keterangan tertulis, Jumat (27/11/2015), BKPM melaporkan investor tersebut telah menyiapkan lahan seluas 75 hektare untuk merealisasikan investasi tersebut.

Sektor pemakaman secara substansi menawarkan dua kegiatan utama, yaitu terkait jasa pemakaman dan ketersediaan lahan pemakaman yang masuk dalam sektor properti. 

Mengetahui prospek cerah bisnis lahan makam, apakah Anda berminat?



Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Oktaviano Donald

Stories 09 Juni 2023

Ci Mehong Viral Jualan Makam, Potensi Bisnis Bercuan?

Ci Mehong menjadi sorotan publik tatkala menjual lahan kuburan di pemakaman.

Ilustrasi Lahan Pemakaman -Freepik-

Context.id, JAKARTA - Jagat TikTok dihebohkan dengan kehadiran pengusaha yang akrab disapa Ci Mehong. Wanita keturunan Tionghoa asal Aceh bernama asli Tjioe Nofia ini menjadi sorotan publik tatkala menjual lahan kuburan di pemakaman elit San Diego Hills. 

Awalnya, ia menjual kebutuhan konsumen berupa bahan mentah ataupun makanan siap saji di akun media sosialnya. Namun, banyak yang tak menyangka bahwa sosoknya yang terlihat apa adanya dan jenaka ikut terjun di dunia bisnis tanah makam. 

Sebenarnya, kegiatan tersebut telah digelutinya sejak 2014. Namun semenjak berita ini viral, Ci Mehong melebarkan sayap dengan menawarkan diri sebagai calo bagi pemilik tanah kuburan yang belum laku.

BACA JUGA    Kisah Tak Terduga Fryda Lucyana Balik ke Dunia Musik

Melihat jumlah masyarakat Indonesia yang memang cukup berlimpah dengan kondisi perkotaan yang padat membuat bisnis lahan pemakaman terlihat menarik bagi beberapa kalangan. Keterbatasan lahan merupakan alasan autentik bertumbuhnya peluang usaha ini.

Terdapat pembangunan khusus ‘perumahan orang mati’ yang sengaja disediakan oleh perusahaan, di antaranya Artha Graha yang menyiapkan tempat pemakaman megah bernama Graha Sentosa Memorial Park di Karawang Barat.

Lalu, Yayasan Al-Azhar yang membangun sebuah tempat pemakaman khusus muslim bernama Al-Azhar Memorial Garden yang berada pada tanah seluas 25 hektare di Jalan Raya Peruri, Desa Pinayungan, Telukjambe Timur, Karawang.

Kedua lokasi usaha pemakaman itu tidak hanya menawarkan lahan kosong untuk makam, tetapi juga menyediakan berbagai fasilitas mewah yang bisa dipergunakan oleh pengunjung ataupun pelayat.

BACA JUGA   Domain .id Kian Populer, Pengguna Terus Bertumbuh

Faktanya, banyak pembeli tanah kuburan justru memanfaatkannya sebagai ladang ‘cuan’ jangka panjang atau investasi. Pasalnya, harga tanah kuburan setiap tahunnya mengalami kenaikan.

Potensi bisnis ini juga sudah dilirik oleh investor asing pada 2015. Mengutip Bisnis.com, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menerima minat penanaman modal dari investor asing untuk usaha penyediaan kuburan atau pemakaman senilai US$20 juta (setara Rp270 miliar saat itu dengan kurs Rp13.500 per dolar AS). 

Dalam keterangan tertulis, Jumat (27/11/2015), BKPM melaporkan investor tersebut telah menyiapkan lahan seluas 75 hektare untuk merealisasikan investasi tersebut.

Sektor pemakaman secara substansi menawarkan dua kegiatan utama, yaitu terkait jasa pemakaman dan ketersediaan lahan pemakaman yang masuk dalam sektor properti. 

Mengetahui prospek cerah bisnis lahan makam, apakah Anda berminat?



Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Oktaviano Donald


RELATED ARTICLES

Pengibaran Bendera Inggris di Sepanjang Jalan dan Sentimen Anti Imigran

Berkibarnya bendera bendera St. George s Cross dan bendera Union Jack bertebaran di seluruh wilayah Inggris menimbulkan kekhawatiran atas meluasny ...

Renita Sukma . 27 August 2025

Bukan Cuma Kafe, di Blok M Juga Ada Koperasi Kelurahan Merah Putih

Koperasi Kelurahan Merah Putih (KKMP) Melawai di Blok M Hub, Jakarta Selatan merupakan Koperasi Merah Putih tingkat kelurahan pertama di Indonesia

Renita Sukma . 26 August 2025

TikTok Rilis Fitur Kampus, Mirip Facebook Versi Awal

Survei Pew Research Center pada 2024 menemukan enam dari sepuluh remaja di AS mengaku rutin menggunakan TikTok dan fitur ini bisa menggaet lebih ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 26 August 2025

Bubur Ayam Indonesia Dinobatkan sebagai Bubur Terenak di Dunia!

TasteAtlas menempatkan bubur ayam Indonesia sebagai bubur terenak dunia mengungguli Arroz Caldo dari Filipina serta Chè ba màu, bubur khas Vietn ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 26 August 2025