Stories - 16 May 2023

Peluncuran KCIC Kian Dekat, Siap Jadi Kado HUT RI?


Rangkaian gerbong kereta untuk proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) mulai dikirim dari China ke Indonesia, Jumat (5/8/2023). - Dok. KCIC-

Context.id, JAKARTA - Setelah adanya pembekakan dana atau cost overrun pada awal tahun lalu, Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) akhirnya melakukan tahapan uji coba atau commissioning test yang dimulai pada Senin (15/5/23). 

Di mana, KCBJ makin dekat dengan tanggal peluncurannya, yang disebut-sebut akan menjadi kado hari jadi NKRI.

Dikutip dari Bisnis, General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Rahadian Ratry mengatakan, proses test commissioning akan dilakukan bersama para kontraktor untuk melihat kesiapan seluruh sarana dan prasarana KCJB yang telah dibangun.

"Test commissioning merupakan milestone penting dalam proyek KCJB. Dari kegiatan inilah seluruh sarana dan prasarana yang dibangun akan dites kesiapannya hingga menjelang operasional KCJB nantinya," jelas Rahadian.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan telah menyepakati nilai cost overrun proyek sebesar US$1,2 miliar atau setara dengan Rp18,2 triliun. Lalu, pemerintah juga bernegosiasi agar suku bunga dapat diturunkan China menjadi 2 persen. 

Melansir Antara, pemerintah juga menyuntikkan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp3,2 triliun untuk memenuhi nominal pembayaran KCJB ini. Sedangkan sisanya akan ditambal dari utang, termasuk pinjaman China Development Bank (CBD).

 

Tentang KCJB

KCJB yang dibuat oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) merupakan proyek penting bagi dua negara yaitu Indonesia dan China. Tentu saja karena berkaitan dengan hubungan diplomatik yang kian hari semakin terjalin erat.

Era pemerintahan presiden Soekarno menjadi awal terjalinnya persahabatan antara Indonesia dan China melewati China and Shaping of Indonesia. Sejak itu, China menjadi penunjuk arah bagi Indonesia.

Kedekatan tersebut dipatenkan dengan penandatanganan perjanjian persahabatan dan persetujuan kerja sama kebudayaan bilateral pada 1 April 1961. Meskipun sempat mengalami pembekuan, kemesraan ini tidak serta merta kaku begitu saja. 

Bahkan keduanya terus berkoordinasi untuk bekerja sama dalam beberapa aspek seperti, pembangunan infrastruktur dan perdagangan. Perbaikan demi perbaikan dilakukan agar hubungan keduanya tetap tumbuh subur sampai sekarang.

Proyek KCIC yang sedang berlangsung pun dikerahkan semaksimal mungkin agar dapat berjalan sesuai harapan dan dapat rilis pada 17 Agustus 2023.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Infrastruktur Pendukung F1 Powerboat Siap Digunakan

Wisatawan yang kebetulan berkunjung dipastikan turut menikmati ajang balap itu

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Melalui 4 Pilar ini Kanker Serviks Dapat Dicegah

Indonesia menduduki peringkat keempat pada angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks

Context.id | 27-02-2024

Ini 10 Bahan Alami Untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin dalam sel darah merah sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Mobil Listrik Terus Diguyur Insentif

Pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024