Stories - 12 May 2023

Tiket Coldplay Kena Pajak 15%? Ternyata Aturan Lama

Pemda DKI Jakarta menyatakan bahwa tiket Coldplay akan dikenakan pajak 15 persen.


Kemeriahan konser Coldplay di Vienna, Austria. -Unsplash-

Context.id, JAKARTA - Konser Coldplay resmi akan digelar di Jakarta pada 15 November 2023. Namun, belum sempat memikirkan mendapatkan tiket, Pemda DKI Jakarta sudah menyatakan bahwa tiket akan dikenakan pajak 15 persen.

Sebelumnya, promotor mencantumkan tiket akan dijual mulai dari Rp800.000 hingga Rp11 juta per tiket. Harga tersebut bakal mengalami kenaikan setelah ditambah dengan pajak, layanan, dan biaya lainnya. 

Hal ini pun mendapat reaksi negatif dari netizen. Pasalnya, mereka kaget karena ternyata biaya yang sebelumnya telah tersebar masih harus mengalami lonjakan.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan Dwi Astuti menyatakan aturan tersebut sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah, Kamis (11/5/2023).

Dwi menyampaikan bahwa pajak hiburan di Jakarta sendiri diatur melalui Perda No. 3 Tahun 2015 tentang Pajak Hiburan. Pengesahan dan pemberlakuan aturan ini sebetulnya terealisasikan sejak 8 tahun lalu. 

Sebagai informasi, isi pasal 7  terkait tarif pajak, pagelaran kesenian, musik, tari dan/atau busana yang berkelas internasional dikenakan tarif sebesar 15 persen.


 

Berapa Harga Tiket Coldplay dan Dimana Belinya?

 

Biaya yang perlu dipersiapkan untuk membeli tiket konser Coldplay Jakarta setelah terkena pajak dari termurah Rp960.000 - Rp13.200.000.  Tertarik ‘berperang’ pada presale 17 Mei?

Pembelian tiket dapat diakses pada coldplayinjakarta.com. Promotor melarang pemesanan di luar laman resmi sebab bakal dikenakan sanksi tidak diizinkan masuk ke dalam venue, sesuai dengan syarat dan ketentuan umum yang berlaku.


Penulis : Nisrina Khairunnisa

Editor   : Crysania Suhartanto

MORE  STORIES

Konflik Iran-Israel Bebani Pemerintahan Prabowo

Bagi presiden baru kondisi global yang penuh ketidakpastian bisa menghambat kebijakan ekonominya

Noviarizal Fernandez | 18-04-2024

Lawan Akun Bot, X Berlakukan Biaya Bagi Pengguna Baru

Seluruh akun baru di X diwajibkan untuk membayar ‘biaya kecil’ yang disebut oleh Elon sebagai bentuk verifikasi

Context.id | 18-04-2024

Tren Properti Indonesia, China dan Hongkong dari Selangit hingga Diobral

Harga properti Indonesia, China, dan Hongkong mengalami berbagai sentimen di tengah gejolak ekonomi global

Ririn oktaviani | 18-04-2024

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Memicu Depresi, Kenapa?

Data Kemenkes RI per Maret 2024 mencatat sebanyak 22,4 % atau sekitar 2.716 calon dokter spesialis mengalami gejala depresi akibat PPDS.

Context.id | 18-04-2024