Stories - 05 April 2023

Israel Tidak Akan di Banned dari Piala Dunia U-20?

Pengamat sepakbola Indonesia, Tio Nugroho menyatakan bahwa Israel tidak mungkin di banned dari Piala Dunia U-20.


Kekecewaan atlet Tanah Air mendengar Indonesia gagal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. - Twitter @pssi -

Context.id, JAKARTA - Pengamat sepakbola Indonesia, Tio Nugroho menyatakan bahwa Israel tidak mungkin di banned dari Piala Dunia U-20. Pasalnya, hanya Indonesia yang menolak kehadiran negara dengan bendera putih biru tersebut.

“Kalau semua negara peserta FIFA, kan kita kan anggota FIFA, tidak mau ada Israel, baru Israel di banned,” ujar Tio pada Selasa (4/4/2023).

Menurutnya, jangan samakan kasus Israel ini dengan kasus Rusia gagal main di Piala Dunia. Pasalnya, pada saat itu Rusia memang ditentang oleh seluruh anggota asosiasi sepakbola Eropa (UEFA) karena dianggap sebagai penjajah Ukraina.  

Selain itu, Tio juga merasa heran karena dari sekian banyak cabang olahraga, hanya sepakbola yang seakan dapat perhatian khusus dari pemerintah. Diketahui, sebelumnya juga pernah ada acara yang juga mendatangkan atlet ataupun delegasi dari Israel ke Indonesia, seperti perlombaan panjat tebing, badminton, serta acara G-20.

Oleh karena itu, menurutnya Volley Beach Internasional yang akan sebentar lagi terjadi di Bali akan sangat menarik. Ia pun mempertanyakan apakah Gubernur Bali, I Wayan Koster serta Presiden Joko Widodo akan kembali mempermasalahkan hal ini. 

“Kalau itu terjadi, akan kembali heboh nih, setelah lebaran akan kembali heboh, masyarakat sepakbola akan protes, kok bola enggak boleh, sedangkan volley beach boleh,” ujar Tio.

Dengan demikian, Tio menyarankan bahwa kehadiran Israel lebih baik diperbolehkan saja, tetapi tetap melakukan protes. Berkaca dari pertandingan sepakbola antara Swiss dengan Israel di Euro 2024, masyarakat Swiss pada kala itu beramai-ramai mengangkat bendera Palestina sebagai wujud protes terhadap hal yang dilakukan negara tersebut. 

“Satu tribun isinya bendera Palestina bernyanyi, Hai Palestina! Tetapi tidak membuat sebuah kerusakan, itu protes yang bagus. Mereka negara atheis lho, tapi mereka lebih beragama dari Indonesia yang punya agama,” ujar Tio.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Tuai Pro-Kontra, Parlemen Swedia Sahkan Revisi UU Pergantian Kelamin

Parlemen Swedia telah mengesahkan revisi undang-undang baru yang memudahkan seseorang untuk mengubah jenis kelamin mereka

Context.id | 19-04-2024

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024