Originals - 22 February 2023

Kenapa Presiden Indonesia Banyak dari Jawa?

Hingga saat ini, Presiden Indonesia selalu dari Jawa. Mulai dari Sukarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY, hingga Jokowi.

Context.id, JAKARTA - Sebenarnya sih, nggak ada satupun peraturan di Indonesia yang mengatur bahwa hanya orang keturunan Jawa yang boleh jadi presiden. Namun hingga saat ini, Presiden Indonesia selalu dari Jawa. Mulai dari Sukarno, Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati, SBY, hingga Jokowi.

Sebenarnya hal ini tidak terlepas dari superioritas yang dimiliki Suku Jawa. Mulai dari, pulau yang memiliki penduduk paling banyak, suku paling banyak, pusat pemerintahan, hingga sejarah Indonesia yang berpusat di Jawa. 

Tak heran, bahkan ramalan Jayabaya juga menyebutkan bahwa penguasa Indonesia merupakan keturunan Majapahit yang lagi-lagi berasal dari Jawa. 

Lalu, Menteri Korrdinator Investasi dan Kemaritiman, Luhut B. Pandjaitan juga menyatakan, “Kalau Anda bukan orang Jawa, pemilihan langsung hari ini, saya enggak tahu 25 tahun lagi, sudah lupain deh. Nggak usah kita memaksakan diri kita. Sakit hati, yang bikin sakit hati ya kita sendiri.”


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023

Sampah Plastik Dari Solusi Jadi Masalah

Awalnya, kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan dunia, tapi kemudian menjadi masalah.

Noviarizal Fernandez | 19-12-2023