Originals - 22 February 2023

Kapan Sepakbola Indonesia Kembali Berjaya?

85 tahun yang lalu, Indonesia yang saat itu masih Dutch East Indies (Hindia Belanda) menjadi negara Asia pertama yang masuk ke Piala Dunia.

Context.id, JAKARTA - 85 tahun yang lalu, Indonesia yang saat itu masih Dutch East Indies (Hindia Belanda) pernah punya sejarah membanggakan, yakni sebagai negara Asia pertama yang masuk ke Piala Dunia.

Sayangnya, itu pencapaian pertama sekaligus yang terakhir, setidaknya sampai saat ini. Karena sejak Indonesia merdeka, Indonesia belum pernah sekalipun kembali duduk di klasemen Piala Dunia. 

Jangankan perlombaan berskala dunia, di kategori Asia saja, Indonesia tidak pernah melampaui babak penyisihan. “Indonesia tidak pernah maju melampaui babak penyisihan grup di Piala Asia,” ujar Pelatih Timnas, Shin Tae-yong. 

Sebenarnya, ada banyak teori mengapa Indonesia kerap menjadi “juara tanpa mahkota”. Namun, salah satu yang paling sering dibicarakan adalah tata kelola dan road maps dari sepakbola. 

Misalnya, dalam skala tim. Sudah menjadi rahasia umum bahwa dalam sebuah pertandingan sepakbola sering terjadi kecurangan, mulai dari penggunaan obat-obatan terlarang, pemalsuan umur di suatu kompetisi, dan kasus pengaturan skor.

Selain itu, bisnis kotor sepakbola juga sempat menyebabkan adanya dua liga besar di Indonesia, dan berdampak didiskualifikasinya Indonesia di Piala Dunia Rusia 2018. Hal ini pun menjadikan Indonesia sempat disebut sebagai “Brazil Asia”.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023

Sampah Plastik Dari Solusi Jadi Masalah

Awalnya, kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan dunia, tapi kemudian menjadi masalah.

Noviarizal Fernandez | 19-12-2023