Stories - 31 January 2023

AI Tambah Gila! Setelah Seni, Kini Masuk ke Dunia Musik

Teknologi telah menggoyahkan kepercayaan diri para musisi dengan kehadiran Music LM, sebuah kecerdasan buatan yang membuat musik hanya dengan tulisan.


Music LM, sebuah kecerdasan buatan besutan Google yang bisa membuat musik hanya dengan deskripsi dalam bentuk tulisan. - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Setelah membuat para seniman panik dengan adanya AI art atau kecerdasan buatan yang bisa membuat gambar hanya dengan perintah berupa tulisan. Kali ini teknologi menggoyahkan kepercayaan diri para musisi, dengan kehadiran Music LM, sebuah kecerdasan buatan besutan Google yang bisa membuat musik hanya dengan deskripsi dalam bentuk tulisan.

“Kami menunjukan bahwa MusicLM dapat dikondisikan pada teks dan melodi yang dapat mengubah melodi siulan dan senandung sesuai dengan gaya yang dijelaskan dalam keterangan teks,” ujar Google dikutip dari India Today. 

Oleh para peneliti, kecerdasan buatan dalam MusicLM ini dilatih dengan musik yang berdurasi lebih dari 280.000 jam, sehingga memungkinannya untuk menghasilkan musik dengan beragam genre, konsep, dan instrumen. Tak heran, jika teknologi ini bisa membuat musik hingga frekuensi 24 kHz dan ritme yang cenderung konstan selama beberapa menit. 

Selain itu, walaupun MusicLM masih merupakan sesuatu yang baru, teknologi ini dapat memproduksi audio yang berkualitas tinggi dan dapat membuat ketukan yang tepat sesuai dengan pesanan.

Dikutip dari Forbes, peneliti Google masih terus berinovasi. Kini mereka sedang menerbitkan kumpulan data pelatihan AI yang dibuat dari 5.500 karya musik untuk meningkatkan kinerja pembuatan musik dari MusicLM. 


 

Industri Musik Harus Bersiap

Sejak Youtube dan Taryn Southern dari American Idol mulai membuat musik dengan AI, musisi global sudah mulai mewaspadai dampak kecerdasan buatan pada musisi.

Selain itu, pemerintah dengan undang-undangnya juga harus sudah mulai memikirkan hal ini, terutama mengenai kepemilikan musik dan hak cipta. Lalu, pemerintah juga harus memahami bagaimana algoritma AI harus diperlakukan dan dikelola dalam industri musik. 


 

Perusahaan Teknologi Bersaing Monopoli AI

Pembuatan MusicLM ini merupakan salah satu langkah Google untuk bersaing dengan robot AI fenomenal, ChatGPT. Diketahui selain MusicLM, Google juga akan meluncurkan sekitar 21 produk bertenaga AI pada Mei 2023. 

Adapun salah satu dari teknologi AI yang akan diluncurkan adalah mesin pencari bertenaga AI, agar dapat mempertahankan pangsa pasar Google yang memang terkenal akan mesin pencariannya. 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Penting! Ini Alasan Mengapa Ponsel Harus Dimatikan Seminggu Sekali

Ponsel akan menghentikan sementara semua proses yang berjalan di latar belakang, termasuk malware yang mungkin tidak kita sadari sedang aktif.

Context.id | 23-10-2024

Mati dalam Kesendirian, Fenomena di Negara Asia

Kematian kesepian di Asia menunjukkan perlunya membangun koneksi sosial yang nyata dan mengatasi stigma kesehatan mental untuk mendukung generasi muda

Context.id | 23-10-2024

Apa Alasan Kuat yang Membuat Prabowo Disukai Generasi Muda?

Prabowo Subianto mendapat dukungan kuat dari generasi muda, terutama Gen Z, berkat gabungan pendekatan yang lebih manusiawi sekaligus tegas.

Context.id | 23-10-2024

Revolusi Bahasa di Tangan Gen Z

Di tangan Gen Z, media sosial membuat perkembangan bahasa menjadi lebih cepat bahkan melahirkan kosakata baru

Context.id | 22-10-2024