Stories - 25 January 2023

Mengapa Kuda Perlu Pakai Sepatu?

Dari sekian banyak hewan ada di sekitar manusia, hanya kuda yang diperlakukan spesial, yakni diberikan sepatu. Kenapa ya?


Ilustrasi kuda yang menggunakan tapal kuda sedang berlari. - Unsplash -

Context.id, JAKARTA - Dari sekian banyak hewan ada di sekitar manusia, hanya kuda yang diperlakukan spesial, yakni diberikan sepatu. Tidak hanya itu, kuda juga diberikan perawatan kuku setiap empat hingga enam minggu sekali. Mengapa ya?

Hewan yang menjadi simbol kecepatan ini diperkirakan sudah memakai sepatu atau tapal kuda sejak mereka dijinakan pada 6.000 tahun yang lalu. Semula, sepatu yang dipaku ke kuku kuda ini terbuat dari kulit atau tumbuhan. Namun, sekitar 4.500 tahun kemudian dan seiring dengan perkembangan zaman, tapal kaki ini akhirnya dibuat dengan menggunakan logam, layaknya yang kita lihat saat ini.

Sebenarnya, penggunaan sepatu pada kuda bukan tanpa alasan. Dikutip dari Live Science, pemakaian sepatu pada kuda dilakukan karena kuku kaki binatang ini yang halus dan membutuhkan perlindungan. “Sepatu memberikan perlindungan pada beberapa area kaki kuda,” ujar seorang hewan dan penyuluh kuda di Universitas Kentucky, Dr. Fernanda Camargo.

Pasalnya, medan yang kasar seperti pasir dan bebatuan dapat membuat kuku kuda menjadi terkikis dan mengenai kuku bagian dalam yang sensitif. Alhasil, kuda akan mengalami rasa sakit dan tidak dapat berjalan.

Mungkin bagi beberapa pihak, hal ini tidak masalah dan menjadi sesuatu yang wajar. Namun, perlu diingat bahwa pada zaman dulu, kuda banyak digunakan sebagai moda transportasi, baik untuk hasil panen, mobilisasi antarkota, hingga kendaraan saat perang. Oleh karena itu, jika kuda tiba-tiba tidak dapat berjalan, hal ini akan menjadi suatu hal yang sangat fatal. 


 

Apakah Semua Kuda Memakai Sepatu?

Tidak semua kuda membutuhkan sepatu. Hal ini tergantung pada jenis tunggangan, medan, dan seberapa sering kuda itu ditunggangi. Bagi kuda-kuda yang sering berkendara di medan bebatuan dan beton tentunya membutuhkan sepatu. Bahkan tidak sedikit kuda yang mendapatkan sepatu tambahan agar proteksi pada kaki bisa lebih maksimal. 

Namun, bagi kuda-kuda yang hanya berjalan di rumput ataupun medan yang tidak keras, mereka akan baik-baik saja jika berkendara tanpa sepatu. 

Selain itu, kuda-kuda liar yang ada di alam bebas juga tidak menggunakan sepatu karena mereka memiliki kuku yang kuat. Namun, perlu diketahui bahwa bukan berarti kuku mereka bisa bertahan dengan baik. Diketahui, kuku mereka masih bisa terkikis, membuat mereka juga tidak bisa jalan, dan kasus paling parahnya, mereka bisa menyebabkan mereka kehilangan nyawanya. 


 

Apakah Sepatu Kuda Menyakitkan?

Dikutip dari Live Science, bagian yang dipaku untuk dipakaikan sepatu kuda merupakan bagian kuku kuda, dimana tidak ada pembuluh darah atau saraf di sana. Oleh karena itu, jika tapal kuda dipasang dengan teknik yang benar, tidak akan menyakitkan. 

Hal ini dapat terlihat saat kuda dipasangkan tapal kuda, dimana mereka tidak memberontak ataupun menunjukan tanda-tanda bahwa mereka kesakitan. 

Kendati demikian, jika tapal kuda dipasang dengan teknik yang salah dan dipasang dengan bentuk atau ukuran yang salah, tentu akan menyakitkan. Selain itu, jika pemotongan kuku kuda tidak dilakukan dengan benar, bisa membuat kuda tersebut menjadi pincang. 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024