Stories - 29 December 2022

Bosen ke Mall, Libur Tahun Baru Mau Kemana ya?

Context akan memberikan inspirasi tentang hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi tahun baru.


Ilustrasi tahun baru . - Freepik -

Context.id, JAKARTA - Penghujung tahun sudah bisa dihitung hari. Beberapa orang sudah siap berkemas untuk liburan. Ada yang sudah mudik ke kampung halaman, jalan-jalan ke luar kota bersama keluarga, ataupun keluar negeri untuk merasakan suasana tahun baru yang lain.

Namun, bagi kalian yang masih belum tahu ingin kemana ataupun tidak bisa liburan, Context akan memberikan inspirasi tentang hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi tahun baru.

 

1. Kota Tua

Lokasi ikonik ini mungkin sudah tidak asing lagi terdengar. Mungkin sebagian orang juga sudah pernah mengunjungi daerah yang berada di utara kota Jakarta ini.

Namun, pada pergantian tahun 2022-2023 ini, Kawasan Kota Tua yang baru saja direvitalisasi ini akan tetap terjaga hingga pukul 01.00 dini hari, dengan ditemani oleh penampilan dari komunitas-komunitas Kota Tua. Adapun komunitas itu terdiri atas seniman, pedagang, serta UMKM.

Diketahui, untuk masuk ke lokasi ini tidak dipungut biaya apapun. Namun, di dalam kawasan ini terdapat sejumlah museum yang tiketnya dapat dibanderol dengan harga mulai dari Rp2.000-Rp5.000. Lalu, untuk sampai ke Kota Tua, kamu dapat menggunakan bus Transjakarta ataupun kereta rel listrik (KRL).


 

2. Taman Wisata Alam Mangrove

Kalau sudah bosan dengan bangunan dan keramaian, kini saatnya untuk beralih ke wisata alam. Menariknya, lokasi alam yang satu ini tidak harus jauh-jauh ke luar kota lho, karena ternyata masih berlokasi di Jakarta Utara, atau tepatnya di daerah Kamal Muara. 

Di lokasi wisata yang satu ini, pengunjung akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan alam dan rindangnya tanaman bakau. Selain itu, pengunjung juga dapat menyusuri sungai dengan menyewa perahu, menyewa sepeda, serta belajar menanam pohon bakau dengan mengikuti short course di sana. 

Menariknya lagi, akses ke hutan bakau masih cukup terjangkau. Pengunjung dapat pergi ke sana dengan menggunakan bus Transjakarta dengan rute 1A (Monas-PIK) dan berhenti di halte Yayasan Buddha Tzu Chi. Selain itu, ternyata kocek yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu mahal, yakni Rp30.000/orang pada hari biasa dan Rp35.000/orang pada akhir pekan. 


 

3. Pulau di Kepulauan Seribu

Ingin pergi ke pulau lain untuk rehat dari hiruk pikuk ibukota tapi tidak bisa terlalu lama? Jangan khawatir, hanya sekitar 45 menit dari Jakarta, ada sejumlah pulau yang tidak kalah indah dengan pulau-pulau di timur Indonesia. Mulai dari Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Macan, Pulau Tidung, dan Pulau Melinjo.

Memang setiap pulau memiliki atraksinya masing-masing. Namun, yang pasti setiap pulau menyajikan hamparan panorama alam yang sangat indah serta kegiatan yang takan terlupakan.

Adapun harga dari setiap pulaunya pun bervariasi. Wisata di sejumlah pulau dapat dibanderol dengan harga Rp250.000 hingga jutaan (jika menginap di pulau). 


 

4. Ancol Taman Impian

Setiap tahunnya, Ancol pasti menyajikan sejumlah atraksi untuk menemani saat detik-detik pergantian tahun. Pada tahun ini, Ancol akan menyediakan sejumlah acara menarik di setiap wahananya.

Mulai dari Dunia Fantasi yang akan menampilkan pertunjukan internasional pada periode 17 Desember hingga 8 Januari 2022, yakni Dino Power di area Indoor Dufan pada pukul 15.00 serta Parade Akbar Fantasy Wonderland pada pukul 16.30-17.30.

Selain itu, adapula Mermaids yang akan berenang di Atlantis Water Adventures pada 24 Desember hingga 1 Januari 2023. Lalu adapula ART Fordable di Pasar Seni Ancol yang memamerkan sekitar 100 lebih karya seni dari 42 seniman, yang terdiri atas kain tenun, batik, seni kriya, serta lukisan.

Tak heran jika Kepala Komunikasi Perusahaan PT Pembangunan Jaya Ancol optimis bahwa Ancol dapat dikunjungi hingga 40 ribu orang selama masa Natal dan tahun baru (Nataru). 

 

 

5. Di Rumah Saja

Kalau dari tadi sudah atraksi yang ada di luar rumah, kali ini, kamu juga bisa lho untuk merayakan tahun baru hanya dari rumah. Mulai dengan pesta kecil-kecilan dengan teman ataupun keluarga inti, bermain game, bertukar kado, deep talk, konser musik mini, atau hanya sekadar menonton film.

Adapun jika masih bingung untuk memilih film yang bisa kamu tonton di penghujung tahun, bisa lihat di sini ya.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Tingkatkan Layanan Kesehatan Tak Cukup Dengan Penambahan SDM

Sub sistem tersebut berupa upaya, fasilitas, logistik dan obat-obatan, pembiayaan, serta SDM

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024