Stories - 08 December 2022

Mau Wisata ke Mars? Ini 5 Tempat yang Wajib Dikunjungi

Jika suatu saat nanti kita benar-benar bisa pergi ke Planet Mars, tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi?


Olympus Mons, Gunung Terbesar di tata surya yang berlokasi di Planet Mars. -NASA-

Context, JAKARTA - Planet Mars adalah salah satu planet yang memiliki jarak terdekat dengan Bumi. Menurut NASA, manusia akan dapat pergi ke Mars pada sekitar 2030-an atau 2040-an mendatang, baik itu untuk melakukan penelitian, atau mungkin untuk berwisata.

Memindahkan umat manusia untuk tinggal di Planet Mars sepertinya akan sulit untuk dilakukan. Namun, dilansir Space, NASA telah berencana untuk mengirim astronotnya ke Mars pada masa mendatang. Berarti, bukan tidak mungkin jika manusia lainnya bisa pergi ke Mars, bukan untuk menetap, namun melakukan wisata.

Namun, butuh biaya yang sangat mahal jika ingin pergi ke Mars. Melansir laman Weforum, diperkirakan NASA telah mengeluarkan biaya lebih dari US$2,7 miliar atau sekitar Rp41,5 triliun untuk melakukan penelitiannya di Mars. 

Baru-baru ini, miliarder asal Amerika Serikat (AS) Elon Musk juga telah mengungkapkan bahwa ia dan perusahaan roketnya, Space X berencana akan membangun kota mandiri di Planet Merah tersebut. Jika ingin pergi ke sana, Musk mengatakan bahwa satu tiket pesawat ulang-aliknya akan dibandrol dengan harga US$100 ribu atau Rp1,5 miliar.

Lantas, jika suatu saat nanti kita benar-benar bisa pergi ke Planet Mars, tempat apa saja yang menarik untuk dikunjungi?


1. Olympus Mons

Olympus Mons adalah gunung berapi yang paling ekstrim di seantero tata surya. Gunung ini memiliki tinggi sekitar 25 km, hampir tiga kali lebih tinggi dari gunung tertinggi di Bumi, Everest. Selain itu, NASA juga mengungkapkan bahwa Olympus Mons sangat lah besar, luasnya menyamai Arizona yang terletak di AS.

Gunung yang terletak di wilayah vulkanik Tharsis ini bisa menjadi objek wisata yang menarik. Pasalnya, rata-rata kemiringan dari gunung ini hanya 5 persen. Di puncaknya ada depresi spektakuler (semacam kawah) selebar 85 km yang terbentuk oleh ruang magma yang kehilangan lava.


2. Valles Marineris

Selain gunung terbesar di tata surya, Mars juga memiliki ngarai terbesar di tata surya, yaitu Valles Marineris. Panjang dari ngarai tersebut diperkirakan mencapai 3.000 km, sekitar empat kali lebih panjang dari Grand Canyon (800 km).

Melansir Orbit Inside, Valles Marineris terbentuk dari lava yang mengalir melalui zona vulkanik dan mendorong kerak lebih tinggi. Hal ini menghasilkan retakan di bagian lain kerak Mars dan meluas ke Valles Marineris. 


3. Hellas Planitia

Tempat yang satu ini mungkin akan menjadi objek wisata favorit bagi penggemar film Star Trek. Pasalnya, struktur geologis di Hellas Planitia secara kebetulan mencerminkan desain dari lambang Starfleet, sebuah organisasi luar angkasa dalam film Star Trek.

Hellas Planitia sendiri ditemukan pada 2019 oleh Mars Reconnaissance Orbiter. Objek ini adalah warisan dari letusan gunung berapi di dasar cekungan tumbukan, tempat Hellas Planitia berada. 


4. Kawah Gale

Pada 2012 lalu, Mars Curiosity Rover milik NASA telah mendarat di Kawah Gale untuk mencari tahu bukti-bukti adanya unsur kehidupan di Planet Mars. Di sana lah ditemukan bukti-bukti keberadaan air, salah satu unsur penting penunjang kehidupan.

Setelah melakukan penelitian bertahun-tahun, pada 2018 Curiosity menemukan molekul organik kompleks dalam batuan berusia 3,5 miliar tahun. Selain itu, ditemukan juga konsentrasi metana di atmosfer. Metana sendiri merupakan unsur yang dapat diproduksi oleh mikroba, yang juga merupakan salah satu jenis makhluk hidup berukuran mikro.


5. Medusae Fossae

Jika di Bumi manusia bisa mengunjungi rumah hantu atau wisata mistis lainnya, di Mars manusia bisa mengunjungi objek wisata bertemakan konspirasi, yaitu Medusae Fossae. Pasalnya, lokasi ini adalah salah satu lokasi yang paling aneh. Bahkan beberapa orang berspekulasi bahwa itu adalah bukti kecelakaan dari unidentified flying object UFO.

Hingga sekarang, masih dilakukan penelitian mengenai penyebab terbentuknya tempat tersebut. Namun, sebuah penelitian pada 2018 pernah mengungkapkan bahwa Medusae Fossae terbentuk  akibat letusan gunung berapi yang sangat besar yang terjadi ratusan kali selama 500 juta tahun. 


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Context.id

MORE  STORIES

Infrastruktur Pendukung F1 Powerboat Siap Digunakan

Wisatawan yang kebetulan berkunjung dipastikan turut menikmati ajang balap itu

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Melalui 4 Pilar ini Kanker Serviks Dapat Dicegah

Indonesia menduduki peringkat keempat pada angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks

Context.id | 27-02-2024

Ini 10 Bahan Alami Untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin dalam sel darah merah sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Mobil Listrik Terus Diguyur Insentif

Pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024