Stories - 25 November 2022

Tiga Pahlawan Nasional Ini Ternyata Seorang Guru

Ternyata, ada beberapa guru yang juga ikut andil dalam pergerakan dan perjuangan Bangsa Indonesia di masa penjajahan.


Jenderal Soedirman. -Tempo-

Context, JAKARTA - Setiap tanggal 25 November, masyarakat Indonesia merayakan Hari Guru Nasional sebagai tanda penghormatan atas jasa-jasa yang telah diberikan oleh guru. Penetapan ini bertepatan dengan hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)

Guru dikenal sebagai sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Namun tahu kah kamu, bahwa ada beberapa guru yang juga ikut andil dalam pergerakan dan perjuangan Bangsa Indonesia di masa penjajahan. Akhirnya, mereka pun dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Berikut tiga di antaranya.


Jenderal Soedirman

Melansir Bisnis, sebelum berjuang melawan penjajahan, Jenderal Soedirman dikenal sebagai seorang guru di sekolah yang dikelola oleh Muhammadiyah. Perjuangannya di bidang pendidikan dilanjutkannya dengan masuk ke dunia militer.

Tercatat dalam sejarah, ia merupakan seorang Panglima dan Jenderal Republik Indonesia yang pertama, sekaligus yang termuda. Dilansir Tempo, jabatan tertinggi dalam Tentara Nasional Indonesia itu diembannya tak lama setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945.


KH Ahmad Dahlan

KH Ahmad Dahlan adalah salah satu sosok yang paling berjasa pada perkembangan pendidikan di Indonesia, bahkan sebelum negara ini meraih kemerdekaan. Selain menjadi pendiri organisasi Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan juga merupakan seorang guru.

Dilansir unimus.ac.id, selain memberikan pelajaran mengenai agama Islam di langgar dan kelompok pengajian, KH Ahmad Dahlan juga aktif mengajar di organisasi Sarekat Islam (SI) dan Budi Utomo. Selain itu, ia juga sempat mengajar sebagai guru agama Islam di Kweekschool (sekolah guru) di Jetis dan OSVIA (sekolah pamong praja) di Magelang. 

Selain itu, Ahmad Dahlan juga telah mendirikan sekolah klasikal di rumahnya. Mata pelajaran yang diajarkan bukan hanya agama, namun juga mata pelajaran umum. Bahkan, berdirinya Muhammadiyah juga ditandai dengan didirikannya sekolah madrasah.


HOS Tjokroaminoto

Sosok yang satu ini tercatat dalam sejara Indonesia sebagai bapak bangsa. Pasalnya, ia adalah seorang guru yang telah melahirkan tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia, seperti Soekarno, Semaoen, Musso, hingga Kartosoewirjo. 

Selain itu, dilansir Tempo ia juga merupakan pemimpin dari organisasi SI sejak 1914 hingga akhir khayatnya. Di bawah pimpinannya, SI menjelma menjadi organisasi pribumi terbesar dalam sejarah pergerakan nasional.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024