Stories - 21 November 2022

Penyebab Kerusuhan saat Opening Piala Dunia 2022 Qatar

Meriahnya acara pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar pada hari Minggu (20/11/2022) sempat ternodai oleh kericuhan yang terjadi di fan zone.


Fan zone di Piala Dunia Qatar yang melebihi kapasitas. -news.yahoo.com-

Context, JAKARTA - Meriahnya acara pembukaan Piala Dunia 2022 di Qatar pada hari Minggu (20/11/2022) sempat ternodai oleh kericuhan yang terjadi di fan zone. Ribuan penggemar memaksa masuk hingga polisi terpaksa untuk mendorong mereka keluar.

Tepat saat pembukaan Piala Dunia dimulai, ribuan suporter dari berbagai belahan dunia yang telah hadir di Qatar berbondong-bondong untuk mendatangi fan zone yang terdapat di Taman Al Bidda, pusat Kota Doha.

Dilansir The Guardian, tempat tersebut memiliki kapasitas resmi sebesar 40.000 orang. Namun, pada hari pembukaan Piala Dunia, dikabarkan lebih dari 40.000 orang telah dibiarkan masuk oleh pihak penyelenggara. 

"Mereka membiarkan terlalu banyak orang masuk. Kami tidak berhasil masuk ke area utama dan saya bersyukur saya masih bisa keluar," ujar seorang suporter yang membawa anak berusia hampir empat tahun.

Hadirnya suporter dengan jumlah dua kali lipat lebih banyak dari batasan kapasitas sempat mengubah fan zone menjadi tumpukan massa. Akhirnya, kekacauan pun terjadi. Para suporter yang terlanjur hadir, memaksa masuk ke dalam fan zone, hingga terpaksa harus dihadang oleh pihak kepolisian.

“Ini sangat berisiko, orang bisa mati,” ujar Hatem El-Berarri, seorang warga Irak yang turut memeriahkan Piala Dunia di Qatar. “Keluargaku ada di dalam. Saya tidak bisa masuk untuk melihat mereka lagi. Saya tidak tahu harus berbuat apa,” lanjutnya, dikutip dari AP News.

Seorang suporter lainnya yang merupakan warga keturunan Meksiko-Amerika menganggap kejadian ini bisa saja berubah menjadi bencana seperti yang terjadi Korea Selatan beberapa saat lalu. "Kamu tidak bisa mundur dan kamu tidak bisa maju," ujarnya.


Kenapa Bisa Sampai Melebihi Kapasitas?

Selain karena ingin turut memeriahkan pembukaan Piala Dunia, para suporter dari berbagai penjuru dunia memilih datang ke fan zone tersebut untuk mendapatkan fasilitas yang lebih terjangkau.

Salah satunya seperti alkohol, yang mana sangat sulit untuk didapatkan di Qatar selama perhelatan Piala Dunia. Diketahui, sebagai negara muslim, Qatar sangat ketat dalam aturan-aturan yang bisa dibebaskan di negara barat, salah satunya mengenai alkohol. 

Sempat diizinkan, namun pihak kerajaan berubah dan melarang penjualan alkohol di stadion-stadion. Di fan zone inilah para suporter bisa mendapatkan bir, dan karena itu juga mereka rela mendatangi fan zone.

Selain alkohol, hal lainnya yang membuat para suporter berdatangan adalah adanya layar lebar untuk menonton jalannya pertandingan. Para suporter rela datang dan menonton di fan zone bukan hanya untuk mencari keseruan saja, namun karena mereka harus membayar ekstra jika ingin menonton siaran Piala Dunia di hotel-hotel yang mereka tinggali. 


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024