Stories - 10 November 2022

Gelombang Panas Tewaskan 15.000 Orang di Eropa

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan bahwa sedikitnya 15.000 orang tewas akibat gelombang panas di Eropa selama 2022


Seorang pejalan kaki sedang melindungi dirinya dari sinar matahari saat sedang berjalan di London, Inggris. -Bloomberg-

Context, JAKARTA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut sedikitnya 15.000 orang tewas akibat gelombang panas di Eropa selama 2022. WHO juga menyatakan bahwa kemungkinan besar angka kematian ini masih terus meningkat.

Di antara negara-negara eropa, Direktur Regional WHO untuk Eropa, Hans Henri Kluge mengatakan bahwa Spanyol, Inggris, Jerman dan Portugal menjadi negara-negara yang mencatatkan kematian terbanyak akibat gelombang panas ini.

“Berdasarkan data negara yang disampaikan sejauh ini, diperkirakan setidaknya 15.000 orang meninggal secara khusus karena panas pada tahun 2022. Di antara itu, hampir 4.000 kematian di Spanyol, lebih dari 1.000 di Portugal, lebih dari 3.200 di Inggris, dan sekitar 4.500 kematian di Jerman dilaporkan oleh otoritas kesehatan selama 3 bulan musim panas," kata Kluge dikutip dari Helsinki Times

Dilansir Daily Mail, Sejak Juli hingga Agustus 2022 tercatat sebagai bulan-bulan terpanas di Eropa. Bahkan, suhu yang panas ini telah mengakibatkan Eropa merasakan kekeringan terburuknya sejak Abad Pertengahan. 

Panasnya suhu di Benua Biru tersebut diperkirakan masih akan terus berlangsung. Sehingga, jumlah kematian di berbagai negara juga diperkirakan masih akan meningkat. “Perkiraan ini diperkirakan akan meningkat karena lebih banyak negara melaporkan kematian berlebih karena panas.” ujar Kluge.

Kemudian, Kluge juga mengambil contoh dari jumlah kematian yang meningkat di Prancis. Berdasarkan Institut Statistik dan Studi Ekonomi Nasional Prancis (INSEE), lebih dari 11.000 orang meninggal dalam periode 1 Juni hingga 22 Agustus 2022, lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun 2019. 

Menurut Kluge dan INSEE, kemungkinan besar bertambahnya jumlah kematian di Prancis tersebut disebabkan oleh cuaca di eropa yang memanas. Diketahui, suhu cuaca di Eropa memang telah menghangat secara signifikan selama periode 1961–2021, dengan rata-rata kenaikan suhu sekitar 0,5 derajat celcius per dekade.


Disebabkan Perubahan Iklim

Kluge menjelaskan bahwa memanasnya suhu di Eropa yang telah menyebabkan kematian dari kurang lebih 15.000 orang tersebut adalah dampak yang disebabkan oleh perubahan iklim. Matinya ribuan orang ini dapat dijadikan alarm bagi negara-negara di seluruh dunia agar mau melakukan tindakan untuk menyelamatkan bumi dari perubahan iklim. 

Pada tahun ini, rata-rata suhu global mengalami kenaikan hingga 1,1 derajat celcius. Dari kenaikan sebesar itu saja, dampaknya telah mengakibatkan belasan ribu orang meninggal di Eropa. Maka, jika rata-rata kenaikan suhu global nantinya semakin besar, dampaknya juga bisa dipastikan akan semakin parah.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Google Kembali PHK Karyawan, CEO Memprediksi Tahun Depan Juga

Sebelumnya, Google telah memecat ratusan karyawan pada Januari lalu demi efisiensi keuangan untuk pengembangan teknologi AI

Context.id | 19-04-2024

OJ Simpson, Dari Superstar Jadi Narapidana

Dia kemudian mencapai rekor dan menjadi salah satu pemain terhebat dalam sejarah American football.

Noviarizal Fernandez | 19-04-2024

Post Holiday Blues, Depresi Setelah Liburan

Tak jarang ditemui setelah liburan ada yang belum siap untuk kembali melakukan rutinitas sehingga mengalami kecemasan

Context.id | 19-04-2024

Konflik Iran-Israel Bebani Pemerintahan Prabowo

Bagi presiden baru kondisi global yang penuh ketidakpastian bisa menghambat kebijakan ekonominya

Noviarizal Fernandez | 18-04-2024