Stories - 07 November 2022

Deretan Tur Konser Musik Paling Cuan di Dunia

Puluhan ribu penonton yang hadir di konser musik, hingga kerja sama dengan para sponsor membuat para musisi di seluruh dunia meraup jutaan dollar.


Ed Sheeran melakukan aksi panggung pada acara BRIT Awards 2022 di The O2 Arena (8/2/2022). -Billboard-

Context, JAKARTA - Saat ini, industri musik adalah salah satu sektor yang paling menguntungkan. Puluhan ribu penonton yang hadir, hingga kerja sama dengan para sponsor membuat para musisi di seluruh dunia meraup jutaan dollar.

Di era digital ini, musisi semakin mudah untuk mengenalkan musik mereka kepada orang banyak. Contohnya, bisa melalui berbagai macam aplikasi streaming musik, media sosial, dan promo digital lainnya. Hal ini membuat konser semakin diminati banyak orang. Namun di lain sisi, mengutip dari Go Banking Rates, era digital juga telah membuat tiket semakin mahal, yang mana juga menguntungkan para musisi. 

Berikut sejumlah tur konser yang memiliki pendapatan terbesar di dunia:


1. Ed Sheeran: Divide Tour: US$775,6 juta (Rp12 triliun)

Tur konser musik yang dilakukan oleh salah satu musisi terbesar Inggris, Ed Sheeran memegang rekor sebagai tur konser dengan pendapatan terbesar di dunia. Tur yang diberi nama Divide ini adalah tur yang dilakukan untuk mendukung album ketiganya.

Tur Divide ini dimulai dari Kota Turin, Italia pada Maret 2017 dan berakhir di Chantry Park Ipswich pada 26 Agustus 2019. Tur tersebut dilakukan dengan 246 pertunjukan yang diadakan di Eropa, Asia, Australia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Pada tur tersebut, lebih dari 8,5 juta tiket telah terjual.


2. U2: 360 Degrees Tour: US$736,4 juta (Rp11 triliun)

Setelah Ed Sheeran, ada band legendaris asal Inggris, U2 yang menempati peringkat kedua. Turnya yang dinamakan 360 Degrees Tour tersebut dilakukan sejak Juni 2009 hingga Juli 2011. Bahkan dalam Tournya, U2 juga mengundang beberapa penyanyi dan grup musik ternama lainnya seperti Muse, Lenny Kravitz, dan Arcade Fire.

Dilansir Radio X, tur tersebut dilakukan untuk mendukung album mereka yang berjudul “No Line on the Horizon”. Selain pendapatannya yang besar, set panggung yang dibuat pada tur tersebut juga merupakan salah satu yang terbesar di seluruh dunia. Diperkirakan, ada 7,2 juta penonton yang menghadiri tur tersebut selama dua tahun.


3. Gun N’ Roses’: Not In This Lifetime Tour: US$584,2 juta (Rp9 triliun)

Tur konser musik yang dilakukan oleh Gun N’ Roses’ ini berlangsung selama tiga tahun di enam benua. Tur yang dinamakan Not In This This Lifetime juga sekaligus menjadi ajang reuni dari band rock legendaris yang beranggotakan Axl Rose, Slash, dan Duff McKagan.

Bermula dari konser di The Troubadour, Hollywood pada 1 April 2016, Gun N’ Roses’ mengakhiri tur konsernya di Caesars Palace, Las Vegas pada 2 November 2019. Diperkirakan, selama perjalanan konser tersebut, hampir 5,4 juta tiket telah terjual.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024

Makna Simbolis dari Penetapan Hari Buku Sedunia

Raja Alfonso XIII dari Spanyol punya peran besar dalam menetapkan tanggal peringatan hari buku sedunia

Context.id | 23-04-2024

Pertama dalam Sejarah, Dissenting Opinion dalam Sidang Sengketa Pilpres

Tiga orang hakim MK menyampaikan dissenting opinion dari mayoritas hakim lainnya terkait putusan MK soal sengketa pilpres.

Context.id | 23-04-2024

Anak Muda Jepang Ogah Beli Mobil, Kenapa?

Tren penurunan pembelian mobil oleh anak muda disebut Wakamono no Kuruma Banare atau pemisahan generasi muda dari mobil.

Context.id | 23-04-2024