Stories - 07 November 2022

Deretan Tur Konser Musik Paling Cuan di Dunia

Puluhan ribu penonton yang hadir di konser musik, hingga kerja sama dengan para sponsor membuat para musisi di seluruh dunia meraup jutaan dollar.


Ed Sheeran melakukan aksi panggung pada acara BRIT Awards 2022 di The O2 Arena (8/2/2022). -Billboard-

Context, JAKARTA - Saat ini, industri musik adalah salah satu sektor yang paling menguntungkan. Puluhan ribu penonton yang hadir, hingga kerja sama dengan para sponsor membuat para musisi di seluruh dunia meraup jutaan dollar.

Di era digital ini, musisi semakin mudah untuk mengenalkan musik mereka kepada orang banyak. Contohnya, bisa melalui berbagai macam aplikasi streaming musik, media sosial, dan promo digital lainnya. Hal ini membuat konser semakin diminati banyak orang. Namun di lain sisi, mengutip dari Go Banking Rates, era digital juga telah membuat tiket semakin mahal, yang mana juga menguntungkan para musisi. 

Berikut sejumlah tur konser yang memiliki pendapatan terbesar di dunia:


1. Ed Sheeran: Divide Tour: US$775,6 juta (Rp12 triliun)

Tur konser musik yang dilakukan oleh salah satu musisi terbesar Inggris, Ed Sheeran memegang rekor sebagai tur konser dengan pendapatan terbesar di dunia. Tur yang diberi nama Divide ini adalah tur yang dilakukan untuk mendukung album ketiganya.

Tur Divide ini dimulai dari Kota Turin, Italia pada Maret 2017 dan berakhir di Chantry Park Ipswich pada 26 Agustus 2019. Tur tersebut dilakukan dengan 246 pertunjukan yang diadakan di Eropa, Asia, Australia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Pada tur tersebut, lebih dari 8,5 juta tiket telah terjual.


2. U2: 360 Degrees Tour: US$736,4 juta (Rp11 triliun)

Setelah Ed Sheeran, ada band legendaris asal Inggris, U2 yang menempati peringkat kedua. Turnya yang dinamakan 360 Degrees Tour tersebut dilakukan sejak Juni 2009 hingga Juli 2011. Bahkan dalam Tournya, U2 juga mengundang beberapa penyanyi dan grup musik ternama lainnya seperti Muse, Lenny Kravitz, dan Arcade Fire.

Dilansir Radio X, tur tersebut dilakukan untuk mendukung album mereka yang berjudul “No Line on the Horizon”. Selain pendapatannya yang besar, set panggung yang dibuat pada tur tersebut juga merupakan salah satu yang terbesar di seluruh dunia. Diperkirakan, ada 7,2 juta penonton yang menghadiri tur tersebut selama dua tahun.


3. Gun N’ Roses’: Not In This Lifetime Tour: US$584,2 juta (Rp9 triliun)

Tur konser musik yang dilakukan oleh Gun N’ Roses’ ini berlangsung selama tiga tahun di enam benua. Tur yang dinamakan Not In This This Lifetime juga sekaligus menjadi ajang reuni dari band rock legendaris yang beranggotakan Axl Rose, Slash, dan Duff McKagan.

Bermula dari konser di The Troubadour, Hollywood pada 1 April 2016, Gun N’ Roses’ mengakhiri tur konsernya di Caesars Palace, Las Vegas pada 2 November 2019. Diperkirakan, selama perjalanan konser tersebut, hampir 5,4 juta tiket telah terjual.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024