Stories - 31 October 2022

Jembatan Gantung India Runtuh, Tewaskan Ratusan Orang

Lebih dari 130 orang tewas akibat sebuah jembatan gantung tua yang terletak di Gujarat, India runtuh pada Minggu (30/10/2022) waktu setempat.


Jembatan Morbi setelah runtuh. -@IndianExpress-

Context, JAKARTA - Lebih dari 130 orang dikabarkan tewas setelah sebuah jembatan gantung tua yang terletak di Gujarat, India, runtuh pada Minggu (30/10/2022) waktu setempat. Hal ini diduga akibat pengerjaan renovasi jembatan yang tidak memiliki sertifikat layak.

Dilansir The Guardian, sebuah rekaman video memperlihatkan puluhan orang bergantungan pada kabel dan sisa-sisa jembatan yang runtuh. Ada yang mencoba memanjat struktur bangunan, ada juga yang nekat berenang untuk mencapai tempat yang aman.

Salah satu saksi mata yang berhasil berenang ke tepi sungai, Prateek Vasava menyebutkan bahwa dia menyaksikan beberapa anak yang tenggelam dan hanyut di sungai.

“Saya ingin menarik beberapa dari mereka bersama saya, tetapi mereka telah tenggelam atau hanyut,” ujar Prateek.

Jembatan Morbi atau yang disebut penduduk lokal sebagai Julto Pul (jembatan ayun) ini merupakan jembatan tua yang baru saja dibuka kembali minggu lalu setelah direnovasi selama enam bulan. Sebelum direnovasi, jembatan ini sepanjang 230 meter ini dibangun pada masa pemerintahan Inggris, yaitu sekitar abad ke-19. 

Dilansir Times of India, runtuhnya jembatan tersebut diakibatkan tidak mampu untuk menahan beban dari ratusan orang yang sedang menyebrang di atasnya. Saat runtuh, seorang saksi mata mengatakan bahwa ada sekitar 500 yang berada di jembatan tersebut.

Selain itu, Menteri Dalam Negeri Gujarat, Harsh Sanghavi juga mengatakan bahwa banyaknya orang di lokasi disebabkan jembatan kabel tersebut telah menjadi sebuah objek wisata. Ditambah, ramainya orang-orang yang ingin merayakan Diwali dan Chhath Puja di tempat tersebut.

Tak berapa lama setelah jembatan tersebut runtuh, Kepala Menteri Gujarat Bhupender Patel menginstruksikan pihak terkait untuk menyelamatkan bara korban. Ia juga telah membentuk tim investigasi khusus beranggotakan lima orang untuk menyelidiki bencana tersebut.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024