Stories - 18 October 2022

Gereja Unifikasi Diselidiki Terkait Kematian Shinzo Abe

PM Jepang, Fumio Kishida meminta jajarannya untuk menyelidiki gereja unifikasi, yang berhubungan dengan penembakan eks PM Jepang, Shinzo Abe.


PM Jepang, Fumio Kishida meminta jajarannya untuk menyelidiki gereja unifikasi, yang berhubungan dengan penembakan Shinzo Abe. - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida meminta jajarannya untuk menyelidiki gereja unifikasi atas taktik penjualan spiritual, yang berhubungan dengan penembakan mantan perdana menteri Jepang, Shinzo Abe. 

Pasalnya, pelaku penembakan menyatakan bahwa ibunya “ditipu” oleh gereja dan menyalahkan Abe karena telah mempromosikan gereja unifikasi ini.

Selain itu, pemerintah juga telah menerima lebih dari 1700 konsultasi telepon mengenai Gereja Unifikasi ini. Menurut laporan, gereja ini telah membujuk orang untuk membeli toples dan barang-barang lain yang konon memiliki manfaat supernatural dengan harga selangit dan seringkali dengan paksaan. 

Oleh karena itu, akibat tindakan ini, banyak orang mengalami kesulitan keuangan dan jatuh miskin, termasuk sang pelaku penembakan Shinzo Abe. Menurut pengakuan pelaku, ibunya bahkan telah menyumbang hingga 100 juta ke gereja dan membuat keluarganya jatuh miskin.

Namun di sisi lain, gereja menyatakan bahwa hal tersebut merupakan fitnah belaka dan gereja juga tidak lagi menerima sumbangan yang dapat mengakibatkan kesulitan keuangan. 

Oleh karena itu, nantinya penyelidikan ini akan sesuai dengan UU Korporasi Agama. Diketahui, ini adalah kali pertama pemerintah Jepang menyelidiki organisasi keagamaan yang dicurigai melakukan kesalahan. “Kami akan menangani kelompok agama yang dianggap bermasalah secara tegas, termasuk di bawah Undang-undang Korporasi Agama,” ujar Kishida dalam sesi Komite Majelis Rendah. 

Adapun jika ternyata nanti ditemukan bukti yang membenarkan laporan dari warga, gereja unifikasi ini akan dibubarkan. “Kami akan segera mempertimbangkan untuk meminta pengadilan mengeluarkan perintah pembubaran, jika kami menemukan fakta yang membenarkan (kabar) itu,” ujar Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Jepang, Keiko Nagaoka. 


 

Apa Itu Gereja Unifikasi?

Gereja unifikasi didirikan di Korea Selatan pada 1954 oleh Sun Myung Moon, seorang yang mengaku sebagai mesias dan antikomunis. 

Sebenarnya, aliran ini sudah bertahun-tahun disebut oleh para kritikus sebagai aliran sesat dan berbahaya, karena pengaturan keuangan dan cara mereka mendoktrin yang cukup ganjil. Namun, aliran ini tetap menyebar ke Jepang, bahkan diikuti oleh sejumlah anggota parlemen dan partai di Jepang. 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Konflik Iran-Israel Bebani Pemerintahan Prabowo

Bagi presiden baru kondisi global yang penuh ketidakpastian bisa menghambat kebijakan ekonominya

Noviarizal Fernandez | 18-04-2024

Lawan Akun Bot, X Berlakukan Biaya Bagi Pengguna Baru

Seluruh akun baru di X diwajibkan untuk membayar ‘biaya kecil’ yang disebut oleh Elon sebagai bentuk verifikasi

Context.id | 18-04-2024

Tren Properti Indonesia, China dan Hongkong dari Selangit hingga Diobral

Harga properti Indonesia, China, dan Hongkong mengalami berbagai sentimen di tengah gejolak ekonomi global

Ririn oktaviani | 18-04-2024

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Memicu Depresi, Kenapa?

Data Kemenkes RI per Maret 2024 mencatat sebanyak 22,4 % atau sekitar 2.716 calon dokter spesialis mengalami gejala depresi akibat PPDS.

Context.id | 18-04-2024