Stories - 12 October 2022

Raja Charles akan Pakai Mahkota Senilai Miliaran Rupiah

Pada hari penobatan, Raja Charles akan menggunakan mahkota St. Edward, mahkota yang sama yang digunakan ibunya, Ratu Elizabeth.


Mahkota St. Edward. -The Court Jeweller-

Context, JAKARTA - Raja Charles III akan dinobatkan pada hari Sabtu, 6 Mei 2022 di Westminster Abbey. Pada penobatan tersebut, Raja Charles menggunakan mahkota St Edward, mahkota yang sama yang digunakan ibunya, Ratu Elizabeth. 

Pada masa kerajaan berabad-abad lalu, mahkota adalah barang yang selalu digunakan oleh raja atau pun ratu di sebagian wilayah dunia, terutama eropa. Namun kini, sudah jarang terlihat seorang raja atau ratu menggunakan mahkota sehari-hari. Sekarang, mahkota hanyalah sebuah simbol yang digunakan pada upacara-upacara yang penting saja.

Seperti salah satunya, mahkota St Edward. Mahkota Kerajaan Inggris ini digunakan pada saat penobatan. Dilansir express.co.uk, Mahkota ini awalnya dibuat untuk Raja Charles II pada 1661. Mahkota tersebut dibuat sebagai pengganti mahkota abad pertengahan yang telah dilebur pada 1649 oleh anggota parlemen.

Dilansir britishheritage.com, mahkota St Edward memiliki berat 5 pon atau sekitar 2,3 kilogram. Saking beratnya, ratu Elizabeth pernah mengatakan bahwa seseorang yang memakainya tidak akan bisa menunduk. Sehingga jika ingin membaca sebuah kertas pidato, maka kertasnya lah yang harus diangkat.

Ratu Elizabeth pada 2018 pernah mengungkapkan bahwa ukuran mahkota tersebut sempat dibuat lebih kecil untuk menyesuaikan kepalanya. "Anda lihat, itu jauh lebih kecil bukan?” ujar Ratu Elizabeth. Kemungkinan, pada penobatan Raja Charles III nantinya, Mahkota St Edward akan diubah lagi ukurannya, dan dibuat sesuai dengan kepala Raja Charles. 

Kini Mahkota St Edward sudah menjadi bagian dari koleksi The Crown Jewels yang berada di Menara London selama lebih dari 600 tahun. Tiap tahun, koleksi-koleksi The Crown Jewels tersebut telah menarik lebih dari 30 juta pengunjung tiap tahunnya. 


Harga Mahkota St. Edward

Mahkota tersebut dihiasi oleh berbagai macam batu semi mulia, seperti 2.868 berlian, 17 safir 4 rubi, dan 269 mutiara. Kemudian, mahkota tersebut juga memiliki bingkai yang terbuat dari emas.

Dari perhiasan-perhiasan tersebut, para ahli telah berspekulasi bahwa kemungkinan nilai dari Mahkota St. Edward ada di kisaran 3 juta poundsterling hingga 5 juta poundsterling, atau sekitar Rp50 miliar hingga Rp84 miliar.

Memang belum ada angka pasti yang menyatakan berapa harga mahkota St. Edward. Beberapa penelitian, memakai metode yang berbeda-beda. Namun, kisarannya tetap di angka 3 – 5 juta poundsterling. Seperti yang dilakukan Saving Spot yang menghitung harga mahkota dari mengukur jumlah karat permata dan berat kasarnya.

Dilansir hellomagazine.com, dari penelitian tersebut, Saving Spot memberikan rincian harga seperti berikut:

- Ermine: 28 poundsterling
- Emas 22 karat: 71.783 poundsterling
- Beludru: 2,47 poundsterling
- Aquamarine (potong mawar 345 buah): 139,618 poundsterling
- Carbuncle (satu potong): 2.030 poundsterling
- Turmalin, 26 buah: 280.265 poundsterling
- Zirkon: 2,534 poundsterling
- Safir: 1.740.085 poundsterling
- Garnet, satu potong: 2.030 poundsterling
- Topaz, 37 buah: 30.057 poundsterling
- Batu kecubung: 4,061 poundsterling
- Peridot (satu potong): 455 poundsterling
- Citrine, empat potong: 3,639 poundsterling
- Almandine (15 buah): 2.924 poundsterling
- Spinel (satu potong): 36.556 poundsterling
- Bahan lainnya: 71,814 poundsterling

Secara total, Saving Spot menilai mahkota St Edward adalah sebesar 3.658.373 poundsterling atau sekitar Rp61 miliar.

Sebelum tahun 1911, batu-batu yang terdapat pada mahkota St. Edward adalah sewaan, dan akan dikembalikan setelah acara penobatan. Namun akhirnya, pihak keluarga kerajaan pun membeli batu-batu permata untuk mahkota tersebut.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Infrastruktur Pendukung F1 Powerboat Siap Digunakan

Wisatawan yang kebetulan berkunjung dipastikan turut menikmati ajang balap itu

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Melalui 4 Pilar ini Kanker Serviks Dapat Dicegah

Indonesia menduduki peringkat keempat pada angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks

Context.id | 27-02-2024

Ini 10 Bahan Alami Untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin dalam sel darah merah sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Mobil Listrik Terus Diguyur Insentif

Pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024