Stories - 30 September 2022

Fosil Ikan Berusia 419 Tahun Ditemukan, Sejarah Baru!

Ilmuwan China menemukan sejumlah fosil ikan serta gigi tertua yang pernah ditemukan.


Ilustrasi ikan purba. - University of Portsmouth -

Context.id, JAKARTA - Ilmuwan China menemukan sejumlah fosil ikan serta gigi tertua yang pernah ditemukan. 

Dikutip dari jurnal Nature, fosil ikan-ikan ini berasal dari periode Silurian, yang berlangsung sekitar 419-443 tahun yang lalu. Dengan demikian, penemuan ini bisa menjadi petunjuk kunci evolusi makhluk hidup yang sulit diketahui. Pasalnya, selama ini masih belum banyaknya fosil dari era tersebut.

Diketahui, bentuk tubuh ikan prasejarah ini sangat berbeda dengan ikan-ikan pada umumnya. Spesies yang paling banyak dijumpai dari fosil-fosil ikan yang ditemukan adalah ikan kecil berbentuk bumerang yang kemungkinan menggunakan rahangnya untuk mengambil cacing. 

Sementara fosil yang lain ada yang berbentuk seperti hiu dengan baju besi bertulang di bagian depannya. Lalu, ada pula fosil ikan tanpa rahang yang ditemukan, yang memberikan petunjuk bahwa di masa lampau sirip ikan dapat berevolusi menjadi tangan dan kaki. 

Lebih lanjut, ditemukan pula sejumlah gigi yang disebut whorl gigi dengan beberapa gigi lain yang tumbuh di atasnya. Terkhusus whorl gigi, fosil ini berusia 14 juta tahun lebih tua dari gigi lain yang ditemukan pada spesies apapun. Dengan demikian, gigi yang ditemukan ini merupakan gigi tertua yang pernah ditemukan. 
 

Penemuan yang Tidak Disengaja

Sebenarnya harta karun ini sudah ditemukan sejak 2019, saat sebuah tim lapangan sedang frustasi karena tidak menemukan fosil. Tiba-tiba tim pun terbesit pikiran untuk menjelajahi tumpukan batu di dekat tebing di pinggir jalan.

Namun, ketika mereka membelah batu-batu tersebut, mereka menemukan fosil kepala ikan. 

Tim peneliti itupun mengangkut lebih banyak batu ke laboratorium mereka untuk diperiksa dan akhirnya mereka menemukan sejumlah fosil dengan kondisi yang masih cukup bagus untuk usia ratusan juta tahun. 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024